logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Kayu lame dan kerajinan Subang

Sampurasun.... Rampes.... 

Ketemu lagi dengan mamang kali ini mamang mau nulis tentang kayu atau pohon yang bisa di gunakan untuk kerajinan yaitu kayu Lame atau Pulai setelah sebelumnya mamang nulis tentang kerajinan dengan teknik solder yang merupakan ciri khas dari daerah Subang. pohon ini hidup di pulau Jawa dan Sumatra tapi ndak tahu ding.. mungkin didaerah lain juga ada hehehe. 

 

Dikenal juga dengan nama lokal pule, kayu lame, lamo dan jelutung, atau kayu gabus.

 
Di antara beragam jenis lamo, yang tergolong populer adalah pulai putih atau orang Sunda bilang lame bodas  dan pulai hitam atau lame hideung. Ada yang menamakan pulai hitam sebagai pulai darat. Yang jelas tidak ada hubungannya dengan buaya darat hohoho...


Perbedaan yang mencolok di antara keduanya ada pada warna batang pohonnya. Kulit batang Pulai putih, sesuai namanya cenderung putih, broken white kali ya…heheheh...  Sedangkan pulai hitam ya agak gosong. Bentuk daun dari pulai putih lebih bulat menyerupai kamboja dibandingkan pulai hitam yang lebih memanjang.
Dari keduanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, meski pulai putih lebih populer dalam hal ini.
kualitas kayunya tidak terlalu keras dan kurang disukai untuk bahan bangunan karena kayunya mudah melengkung jika lembab, tapi banyak digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga dari kayu dan ukiran serta patung. Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan karena daunnya hijau mengkilat, rimbun dan melebar ke samping sehingga memberikan kesejukan. Kulitnya digunakan untuk bahan baku obat. berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan lain-lain. 

Di tempat mamang Subang Jawa Barat kayu lame sering digunakan untuk pembuatan wayang golek dan kerajinan - kerajinan lainnya



Terimakasih sobat sudah membaca tentang kayu Lame dan Kerajinan Subang semoga bermanfaat


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

38 komentar

bagus banget mang kerajinannya

Balas

iya sob, dengan keterampilan dan kesabaran serta ketelatenan mungkin bisa juga karena sudah terbiasa

Balas

pohonnya memang tidak kelihatan, setelah di dekatkan bunga dan daunnya baru ngerti, tapi tetep juga gak tau namanya mang,

Balas

tapi kalau khas dari subang WS mah tetep lebih senang nanasnya mang hehehe...manceppp manis2 gimana gitu, sampe suka sengaja maen ke subang cuma buat beli nanas...yg deket jalan cagak

Balas

baru denger da pohon kayak gini...

Balas

Hmmm... diliat dr daun n bunganya kayaknya pernah liat, tp lupa di mana.. atau hanya mirip yo?

Balas

iya mas.. mungkin nanti juga ngerti setelah ada orang yang nebang hehehehe...

Balas

daerah jalancagak memang tempatnya kang... ada juga tuh nanas yang paling gede, silahkan diambil heheheh

Balas

ini buat kerajinan untuk wayang golek biasa pakai kayu ini, mudah dibentuk

Balas

iya memang bagus tuh untuk pohon peneduh, bunganya juga bagus kalau sudah mekar

Balas

oohh, dari kayu pule to mang.
di daerah wonosari, gunung kidul, yogyakarta, warganya banyak yang membuat kerajinan topeng ukir...udah pada tau tentunya topeng panji dan merak------------nah, bahan utamanya ada yang dari kayu pule ini, biasanya hasilnya lebih bagus dan halus. kalau yang terbuat dari kayu sengon (kebanyakan dari kayu ini) hasilnya mbradul dan kurang cantik.

Balas

tentu dong bagus---------mamang gitu...

Balas

Pak Agus, kan sudah mang yono kasih tau di atas...

Balas

Mang ,,,BTW lame itu apakah sejenis pohon yang cepat besar ( seperti sengon / albasia )atau sebaliknya ??? haturnuhun

Balas

Jadi kepengen nyoba Mang membuat kerajinan seperti itu,,,,

Balas

tuh kan mbak khusna tau kayu pule... ooooohhh berarti sama ya... ada juga yang memakai kayu "kenanga" sebagai bahannya kayu ini juga bagus dibandingkan dengan kayu sengon

Balas

siiip deh mbak khusna eheheheh....

kang dede, Pulai memiliki batang yang lurus memiliki pertumbuhan cepat, dengan pertumbuhan diameter bisa mencapai 5 cm/tahun dan pertumbuhan tinggi 2 m/tahun sehingga bisa dipanen dalam 10-12 tahun dengan diameter 30 atau 40 cm
dan Kegunaan kayu pulai dalam industri yaitu untuk pembuatan peti, korek api, hak sepatu/kelom, kerajinan atau istilahnya untuk topeng, patung, golek, cenderamata ,,, bagus tuh untuk dibudidayakan... maap kalau ada kesalahan dalam menerangkan kayu ini mamang bukan dari dinas perhutani heheheeh

Balas

mbak khusna tuh yang udah tau heheeh....

mas agus, kalau mau melihat kayunya lihat kayu korek api atau pensil, atau kelom/ hak sepatu istrinya eheheh... kalau pohonnya sepertinya banyak di daerah Jawa juga

Balas

silahkan kang kayunya ndak keras seperti jati, didaerah mamang juga sampai di exspor tuh kerajinannya

Balas

ternyata bisa digunakan utk kerajinan tangan, apa karena kayunya tidak terlalu keras yah?

Balas

betul mbak, kayunya boleh lihat pada kayu korek api, atau pensil atau juga hak sepatu/kelom mbak Indah ehheehehe

Balas

hasil ukirannya mantap ya mang,

Balas

ternyata subang banyak menghasilkan kerajinan tangan ya mang, selain ukiran pake solder, ada juga wayang goleknya

Balas

saya jadi pengin bikin patung dari kayu ini. patung akang cilembu. yang saya bikin, topinya dulu.

Balas

banyak nih Mang. di pot bonsai apalagi

Balas

Mang, ini getahnya bisa dibikin permen karet kan?

Balas

Yang buat permen karet itu hasil getah dari "alas kubangkangkung" Bang..

Balas

Gak Ubinya dulu Bang? kayaknya lebih mudah bikinnya kl ubi dari kayu "lame"

Balas

seperti aslinya ya.... mungkin sudah terbiasa mas...

Balas

iya kang bagus tuh buat buah tangan, untuk nambah koleksi hehe

Balas

iya betul mendingan ubinya dulu mas hehe

Balas

hehe pahit mas... kalau buat obat malaria bisa

Balas

bunganya bagus ya mas

Balas

Keren kang...kang bahan bakunya dari mana???saya ada kang sisa-sisa industri di perusahaan kami jika anda berminat atau mempunyai pemasarannya untuk kayu pulai ini...mungkin bisa membantu kang...nuhun kang...:)

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Mang Yono, punten tiasa nyuhunkeun nomor kontakna mang? Saya berminat untuk memasarkan produk Mang Yono untuk ekspor. Abdi pituin mah ti Subang. Insya Allah pami aya waktos mau sindang ke Saradan. Hatur nuhun.

No HP abdi: 081221856259

Balas

Assl.
Kampung sy berasal pohon Lame tsb, cuma dr sekian pulh tahun sy blm prnah ngeliat lgsg spt ap pohonnya, bgi yg punya kirim dong bibit pohonnya, sbgai histori kampung Tegal-lame. Alamat: A.n. UKUN jl.raya serang km.24, kp.tegallame rt 04/006, ds.tobat, balaraja 15610 Tangerang Banten.

Balas

Mang bisa buat patung burung buat pemikat burung tidak..??

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger