logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Upacara Sawer Panganten Sunda

 Sampurasun .... Rampes ...

MANGYONO.com - Upacara Sawer Panganten Sunda

Acara perkawinan yang memakai adat sunda. Dari mulai acara penyambutan tamu sampai dengan acara seserahan dalam acara adat sunda pasti masih dilaksanakan.. Selain dari itu yang pasti yaitu acara nginjek telur ( telur mentah ) sampai acara rebutan Bakakak ( Ayam panggang ) yang dilakukan oleh pengantin Laki - laki dan pengantin perempuan, yang dibarengi humor yang pasti malah tambah meriah acaranya.

Menurut saya, diadakan acara yang begitu itu, pasti pernah di alami sesepuh / orang tua kita jaman dulu pas nikahan. Untuk mencairkan suasana, supaya pengantin tidak terlalu tegang dan gemeteran. 

NYALAKAN SOUND KOMPUTER ANDA DAN JALANKAN LAGUNYA

Upacara Sawer Panganten Sunda
 Poto mamang pas pengantinan.

Dari sederetan acara itu ada salah satu acara kadang - kadang risi mendengarnya, yaitu  Upacara Sawer panganten Sunda.

Nyukcruk galur ti karuhun
Nutur lacak para wali
Nyambung ka bala rea
Titinggal ti nini aki
Ngawaris kabudayaan

Seni sunda sawer asli
Neda agung cukup lumur
Neda jembar pangaksami

Bilih aya kalepatan
Wireh ayeuna sim kuring
Nyawer anu pangantenan
Nyanggakeun mugi ditampi

==================== 



Sawer penganten yaitu, acara nasihat dari orang tua untuk kita, terutama untuk pengantin, yang disampaikan atau dinyanyikan oleh Sinden, isinya mulai dari kewajiban suami istri sampai mengrungi bahtera rumah tangga. Tapi dari bab itu yang paling di sambut oleh hadirinkalau sudah membahas masalah “kewajiban” suami istri, suasana jadi tambah meriah, salah satu syair yang masih diingat saya yaitu…


Omat Nyai ulah reuwas
Mun mendak nu heuras heuras..
Gedena sagede Buras
Mun kaluar  jiga cibeas….
 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

nyimak wae mang yono .. gak mudeng .. iseh dibawah umur :D

Balas

silahkan sob... terimakasih kunjungannya

Balas

saya dong udah di atas umur

Balas

itu di atas foto penganten Mang Yono bukan?

Balas

beliau berdua di atas sudah sepuh...pantes disebut sesepuh...

Balas

tuh kan Pak Zach juga nggak baca, malah lihat fotonya, udah gitu nggak nyawer pula...

Balas

heheheh umurnya lewat atas....

bisa aja mbak yang satu ini heheheeh udah ndak Abegeh lagi yah

Balas

aduh Mang, asli saya nggak paham betul...
tapi kalau yang namanya sawer-menyawer yang kayak gini, saya pernah lihat di tivi...

Balas

iya mas.. tiga belas waktu kebelakang heheheh

nyawernya mau via SMS katanya mbak.... ndak baca juga ndak apa - apa, mamang lagi latihan nulis di majalah mangle.. heheheh

Balas

lho, mana komen saya tadi mang...

rada roaming mang, harap maklum...
kalau yang adat kaya gini, pernah lihat di tivi.
untuk sawer menyawer, di komplek tempat tinggal kami juga ada mang, terutama di acara-acara tetangga batak, waktu hajatan kan ada yang nyani...nah...para tamu biasanya ngasih saweran ke penyayinya...terus uangnya dikipas-kipaskan...

Balas

ndak tau mbak mungkin masuk kotak ya , nanti mamang lihat dulu....

oooh , berarti sama ya mbak cuma bahasanya saja yang berbeda ... siip deh

Balas

ini kan mbak ? tadi ngumpet dulu hehehehe... siip deh

Balas

saya malah dibawah umur, ndelik aja lah

Balas

sawerrr itu konotasi negatif atau positif ?

Balas

kalau disini konotasi positif...

Balas

sam denga mbak khusna... termasuk konotasi positip mas yang berisi tembang petuah untuk penganten dalam membina rumah tangga

Balas

terimakasih mang email translatenya sudah diterima

Balas

sami - sami ... eh sama - sama heheheeh

Balas

yang jadi manten siap itu mang>

Balas

mamang waktu 13 tahun yang lalu hehe

Balas

Duh meni halimpu kieu suantena nu nyawer emut ka kampung

Nuhun ah salam pangabaktos

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger