logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Ukiran kayu khas subang menggunakan solder

Sampurasun.... Rampes. 


Ternyata Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang merupakan salah satu sentra ukiran kayu yang ada di Kabupaten Subang dimana usaha produksi 

 

Ukiran kayu khas subang menggunakan solder.


Ukiran kayu khas subang menggunakan solder

 Adapun jenis komoditi ukiran kayunya diantaranya seperti miniatur bebek, kura – kura, macan,
sisingaan, golek, dan masih banyak jenis miniatur binatang lainnya sesuai dengan jenis pesanan dari pelanggan.

Ukiran Kayu yang berada di Kampung Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden ini menggunakan kayu lame sebagai bahan bakunya, dimana keunggulan kayu lame ini mempunyai tekstur permukaan yang lembut, pori-pori relatif kecil, mudah dibentuk yang mempunyai ciri khasnya dimana pemberian motif pada produk kerajinan ukiran kayunya yaitu dengan menggunakan bantuan Solder atau biasa disebut dengan sistem krek. 

Adapun metode pemberian motif dengan system krek ini yaitu dengan cara memanaskan jarum solder kemudian digores-goreskan keatas permukaan ukiran kayu baik yang telah diberi motif, maupun yang langsung dibentuk motifnya dengan menggunakan solder tersebut. Pemberian motif ini dilakukan untuk memberi efek bulu yang alami pada produk – produk Ukiran Kayu dengan jenis miniatur binatang yang berbulu

Selain di Pagaden Salah satu sentra kerajinan kayu dengan seni tergolong unik terdapat di Kampung Bojong Lowa, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Disini para pengrajin pembentuk kayu menjadi berbagai miniatur binatang seperti jerapah, bebek serta badak bercula satu. 

Terimakasih sobat sudah membaca tentang Ukiran kayu khas subang menggunakan solder

 semoga bermanfaat

Sumber: www.indosiar.com
             news.liputan6.com



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

40 komentar

makasih mang artikelnya.. :)

Balas

Sae pisan mang yono memang nu kie mah kedah diangkat supados kacium kamana-mana komo tos tiasa ka mancanagara, pernah ningali di TV ayena ngaos artikel mang yono sip lah...

Balas

keren mang jadi nya , hasil krya yang kreatif mang :D

Balas

ok, terimakasih juga kunjungannya sob...

Balas

sumuhun pados mancanagara... pernah ditayang di tv ya sob

Balas

karya yang kreatip dan berseni tinggi ya sob

Balas

bisa ditranslet mang?

Balas

oo ternyata pake solder toh.. kok bs jd bagus gt ya mang? emg kreatip sih.. salah dikit bs berabe dah

Balas

ada kursusnya ya mang?

Balas

Begini mbak Uswah...
Bagus sangat mang yono memang yang begini harus di angkat supaya tercium kemana - mana apa lagi sudah ke manca negara, pernah lihat di TV sekarang baca artikel mang yono Top dah...

begitu kira - kira hehehe

Balas

iya pakai solder ada juga yang pakai bara dari batok kelapa tapi kasihan harus ditiupin terus, kalau ndak ditiup padam tuh baranya.. kalau salah ya ndak bisa di betulin paling dikasih ke tetangga heheeh

Balas

ndak ada mbak .. kalau pengen bisa ya harus ketempat pembuatannya nyobain bikin hehehe...

kalau waktu sekolah smp pernah ada pelajaran begini kayunya ya beli ke pengrajin ini maklun deket..

Balas

satuju pisan kang Ndank,,,leres mang Yono,angkat terus budaya sunda,biar dunia tahu kalau Sunda itu Hebat heuheuheu,,,

Balas

hebat SUMEDANG,bener tuh daripada listrikna dipake online,mendingan buat bikin kerajinan tangan berupa ukiran hahaha,Salam succes buat Sumedang,,,

Balas

oooh dari sumedang to mang...saya dulu pernah punya yang ginian, dapet dari suvenir manten, yang bentuknya kaya priwitan dari bambu, tapi ada lukisan dan motif yang kayak terbakar gitu...rupanya disorder to

Balas

kayu lame itu sama ndak dengan kayu randu penghasil kapuk, karena sama-sama enteng dan gembuk mang, sudah pinter budaya pinter kerajinan tangan mamang memang top,
ajari aku mang

Balas

kang dede iya kang heheeh..

nanti mbak uswah minta ditranslate lagi nih ehheeheh

Balas

siip kang dapi mending dua duanya buat online ok, buat bikin kerajinan ok heheeheh... ohh di Sumedang juga ada ya, mamang taunya yang di Subang maklum deket rumah heheheh

Balas

iya mbak, ada yang disolder ada yang digores pakai bara dari batok kelapa, kalau mamang malah ndak tau tuh Kerajinan dari Sumedang mungkin mirip ya apa karena berdekatan hehehehe

Balas

wahhh unik-unik ya mangg...bisa ngukir wajahku yang pakai kerudung nggak heheh

Balas

heheheh iya mbak, mungkin bisa mungkin juga tidak heheheh

Balas

wah ternyata solder juga bisa dimanfaatkan untuk seni ukir kayu ternyata...

Balas

keren2 semua.., mgkn lbh keren lg klo ada kaligrafinya.. *smile

Balas

Kreatif ya Mang, ini bisa dijadikan peluang wira usaha dan menciptakan lapangan kerja.

Balas

iya sob ... bukan haya menyolder komponen saja ehheheeh

Balas

iya sob.... sepertinya mamang pernah lihat juga tuh kaligrafinya... mungkin tergantung pesanannya

Balas

iya betul mas ini merupakan kerajinan turun temurun... waktu mamang masih sekolah SMP juga sudah ada tuh, malahan sempat beli kayu untuk kerajinan membuat ukiran tugas sekolah ehheeh

Balas

Bagus mang kerajinannya, yang unik itu kayu bisa disolder yah, kreatif mang...



Semoga tambah maju aja ya mang

Balas

perlu ketelitian tingkat tinggi mang

Balas

iya mas... bisa juga pakai batok kelapa yang dibikin bara, tapi lebih ribet hehehehe

Balas

dan melatih kesabaran mas... bisa - bisa pas melihat muka mbak Amri malah gemetaran heheheheh

Balas

keren banget Mang. nyeni ya.. saya jadi makin kebuka cakrawalanya, bahwa seni itu luas banget

Balas

saya dong nggak pernah ribet

Balas

iya mas , seluas samudra heheheh, dengan kreatip dan ketekunan, serta kesabaran dibantu dengan doa

Balas

Kayu lame berbeda dengan kayu randu mas...Pohon ini hidup di pulau Jawa dan Sumatra. Dikenal juga dengan nama lokal pule, lame, lamo dan jelutung.

Kualitas kayunya tidak terlalu keras dan kurang disukai untuk bahan bangunan karena kayunya mudah melengkung jika lembab, tapi banyak digunakan untuk membuat perkakas rumah tangga dari kayu dan ukiran serta patung. Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan karena daunnya hijau mengkilat, rimbun dan melebar ke samping sehingga memberikan kesejukan. Kulitnya digunakan untuk bahan baku obat. berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan lain-lain. Di Jawa Barat kayu lame sering digunakan untuk pembuatan wayang golek

Balas

betul mbak, kreatif benar tuh. Biasanya solder untuk reparasi perangkat elektronik. tapi ini justru pakai solder. selamat deh untuk kreatifitas pengrajin kayu dari subang.
yg nulis info ini juga kreatif.

Balas

terimakasih supportnya sob

Balas

kebetulan saya pernah beli satu, ternyata dari subang toh....tapi unik juga dan imut lagi. selain itu harganyapun tidak mahal. alias masih terjangkau sama kawan-kawan backpecker.

Balas

mang ... bisa minta no hp nya
saya mau ke subang jd biar bisa komunikasi untuk ancer ancer workshop/rumahnya.

nuhun

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger