Skip to main content

Jeruk Bali bagi ibu hamil

Sampurasun.... Rampes... 

Yuk menanam jeruk bali, kalau mamang sih sudah punya 2 pohon yang terletak di belakang rumah dan tingginya sudah 4 meteran karena sudah di tanan sejak 5 tahun yang lalu.


Selain buahnya banyakmanfaatnya pohonnya juga cocok tuh buat berteduk di saat siang hari, tapi hati – hati ada buah jeruk bali yang jatuh, kan lumayan kalau pas kena hidung hehehehe. 





Buah Jeruk bali rasanya yang segar dan nikmat, terutama saat disantap bersama bumbu rujak, pastinya menjadi pengalaman tersendiri bagi sobat - sobat. Perpaduan rasa asam, manis, dan sedikit pahit pada kulit heheheh .. kulitnya juga dapat dibuat manisan loooh, nanti lain waktu mamang tulis tentang membuat manisan kulit jeruk, keberadaan jeruk bali juga menjadi salah satu  ritual penting menyambut tujuh bulanan kehamilan ( ini mungkin didaerah mamang saja ). 
Jeruk Bali bagi ibu hamil
 Kulitnya jangan dibuang bisa dibuat untuk manisan

Jeruk Bali  memiliki rasa yang manis. Selain itu, kulitnya mudah dikelupas. Hal ini diumpamakan, agar bayi yang akan dilahirkan kelak mudah dan lancar, serta tidak mengalami kesulitan, semudah mengupas kulit jeruk tersebut  ( katanya sesepuh begitu ).


Dan jeruk bali bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Mengapa mang?  Karena selain merupakan penghasil vitamin C yang baik, seperti zat aktif pembersih darah, Vitamin A, B, B1, dan juga B2. Menariknya lagi, kandungan asam folat, kalium, dan juga kalsiumnya terbilang tinggi. Dan yang utama terletak pada kandungan asam folatnya. Seperti diketahui bahwa asam folat merupakan senyawa yang sangat mudah diserap oleh bayi melalui rahim. Asam folat merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk menciptakan sel-sel baru dalam tubuh yang sangat penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang bayi saat masih di dalam kandungan. 


Tahukah Anda, tubuh tidak otomatis menyimpan asam folat yang cukup untuk kebutuhan bayi dalam rahim? Oleh sebab itu, sang ibulah yang sangat disarankan mengonsumsi makanan penghasil asam folat. Selain asam folat, Senyawa ini diketahui mampu memperkuat jaringan ikat, dan ampuh menjaga dinding pembuluh darah agar tetap kuat. Ditambah lagi, bioflavanoid juga bisa membantu mengurangi pembengkakan selama masa kehamilan.( ini kata bu dokter waktu konsultasi pas istri mamang hamil)
                                   Rujak jeruk bali ala mang yono

Dan ini buat kecantikan kulit wajah bagi AbeGeh atau siapa saja juga boleh Caranya, Campur daging buah jeruk Bali yang dihancurkan dengan putih telur dan sedikit air perasan lemon, lalu gunakan pada wajah sebagai masker. Biarkan selama 15 menit dan bilas. Gunakan masker ini seminggu sekali dan pori-pori kulit sobat akan bersih dari komedo dan clink seprti putri keraton.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar