logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jeruk Bali bagi ibu hamil

Sampurasun.... Rampes... 

Yuk menanam jeruk bali, kalau mamang sih sudah punya 2 pohon yang terletak di belakang rumah dan tingginya sudah 4 meteran karena sudah di tanan sejak 5 tahun yang lalu.


Selain buahnya banyakmanfaatnya pohonnya juga cocok tuh buat berteduk di saat siang hari, tapi hati – hati ada buah jeruk bali yang jatuh, kan lumayan kalau pas kena hidung hehehehe. 





Buah Jeruk bali rasanya yang segar dan nikmat, terutama saat disantap bersama bumbu rujak, pastinya menjadi pengalaman tersendiri bagi sobat - sobat. Perpaduan rasa asam, manis, dan sedikit pahit pada kulit heheheh .. kulitnya juga dapat dibuat manisan loooh, nanti lain waktu mamang tulis tentang membuat manisan kulit jeruk, keberadaan jeruk bali juga menjadi salah satu  ritual penting menyambut tujuh bulanan kehamilan ( ini mungkin didaerah mamang saja ). 
Jeruk Bali bagi ibu hamil
 Kulitnya jangan dibuang bisa dibuat untuk manisan

Jeruk Bali  memiliki rasa yang manis. Selain itu, kulitnya mudah dikelupas. Hal ini diumpamakan, agar bayi yang akan dilahirkan kelak mudah dan lancar, serta tidak mengalami kesulitan, semudah mengupas kulit jeruk tersebut  ( katanya sesepuh begitu ).


Dan jeruk bali bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Mengapa mang?  Karena selain merupakan penghasil vitamin C yang baik, seperti zat aktif pembersih darah, Vitamin A, B, B1, dan juga B2. Menariknya lagi, kandungan asam folat, kalium, dan juga kalsiumnya terbilang tinggi. Dan yang utama terletak pada kandungan asam folatnya. Seperti diketahui bahwa asam folat merupakan senyawa yang sangat mudah diserap oleh bayi melalui rahim. Asam folat merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk menciptakan sel-sel baru dalam tubuh yang sangat penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang bayi saat masih di dalam kandungan. 


Tahukah Anda, tubuh tidak otomatis menyimpan asam folat yang cukup untuk kebutuhan bayi dalam rahim? Oleh sebab itu, sang ibulah yang sangat disarankan mengonsumsi makanan penghasil asam folat. Selain asam folat, Senyawa ini diketahui mampu memperkuat jaringan ikat, dan ampuh menjaga dinding pembuluh darah agar tetap kuat. Ditambah lagi, bioflavanoid juga bisa membantu mengurangi pembengkakan selama masa kehamilan.( ini kata bu dokter waktu konsultasi pas istri mamang hamil)
                                   Rujak jeruk bali ala mang yono

Dan ini buat kecantikan kulit wajah bagi AbeGeh atau siapa saja juga boleh Caranya, Campur daging buah jeruk Bali yang dihancurkan dengan putih telur dan sedikit air perasan lemon, lalu gunakan pada wajah sebagai masker. Biarkan selama 15 menit dan bilas. Gunakan masker ini seminggu sekali dan pori-pori kulit sobat akan bersih dari komedo dan clink seprti putri keraton.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

baru tahu kalau jeruk bali bermanfaat untuk ibu hamil. Tapi saya tertarik manisan jeruk bali belum pernah makan soalnya, ditunggu postingannya mang ...

Balas

saya kok punya ide cemerlang ya mang , kalau panen lagi di kebun belakang rumah , bisa kan di kirim ke mojokerto..hehe

Balas

iya betul mas.... tapi jeruk bali bukan hanya di bali saja mas di mana mana juga ada ..... terimakasih kunjungannya

Balas

wah ide cemerlang mas... oke, wani piro ehheeheh

Balas

wani piro ya Mang, ongkos kirim dan upah petik he...he..., biaya kurir untuk ke ekspedisi. ambil kalkulator Mang.
Betul Mang, jeruk bali ada dimana-mana.

Balas

mau tuch kalau dikasih jeruk balinya, kselain isinya kulitnya pun bisa dibikin mainan buat anak.

Balas

jeruk bali

dengar namanya aja dah kerasa di gigi
segera pengen menikmati
segar dan wangi jeruk bali

hehe

kalau suatu saat nanti
aku hamil akan ingat jeruk bali
bagus untuk dikonsumsi

trimakasih

Balas

jadi pengen rujakan mang

Balas

matab mangg... saya minum teh botol aja wes.

Balas

hahahah tekor ya ....bukan hanya di Bali saja ya

Balas

nanti mamang kirim dah heheheh... iya betul mbak kulitnya bisa di pakai obat untuk kata orang sunda " kokoloteun"

Balas

berarti bagus ya mbak, jeruk bali dengan sebutan nama saja langsung kebayang...

iya betul banyak manfaatnya...

Balas

mas agus suruh nyari di pasar, mbak hehehe

Balas

apapun makanannya yang penting kunjungannya hahahah

Balas

baru lihat gambarnya, lidah sudah kemecer netesin liur Mang...

oh, dibikin rujak ya? saya beberapa kali beli jeruk bali kok rasanya pait ya Mang, apa belum masak ya?

Balas

sungguh, cemerlang banget idenya Pak Agus, lebih cemerlang lagi kalau jeruknya sampai Riau sini

Balas

heheheh berarti daya tariknya mantap ya mbak...

Jeruk bali kalau pengen manis caranya, kupas bagian luar kulit jeruk Bali, biarkan dia masih terbungkus kulit yang berwarna putih tipis. Lalu jemur buah jeruk Bali di bawah sinar matahari kurang lebih 2-3 jam. Dengan begitu, maka daging buah jeruk Bali akan terasa manis dan tidak terasa pahit lagi... semoga bermanfaat

Balas

hahaha nanti deh kalau pas ke Riau eheheh

Balas

ternyata banyak manfaat buat ibu hamil ya mang

Balas

Makasih mang untuk info jeruk bali nya, kebetulan lagi hamil muda jadi dapat tambahan ilmu lg. Itungiitung juga ngurangin rasa mual. Heheheh

Balas

alhamdulilah saya memang suka banget jeruk bali, dan lagi hamil juga jadi makin pengen 😀

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger