Dongeng Si Rawing Dengan Wa Kepoh

Sampurasun.... Rampes..

MANGYONO.com - Dongeng Si Rawing Dengan Wa Kepoh

Kali ini mamang mau nulis tentang dongeng lagi, masih tetap dongeng si Rawing yang didongengkan oleh Wa Kepoh. Sebelumnya mamang juga sudah pernah menulis dengan Dongeng wa kepoh mengenai dongeng  dalam acara radio, lumayan banyak judul yang di ceritakan.

Yang masih ingat  pada tahun  90-an ada dongeng yang paling digemari sama pemirsa yaitu judulnya  Si Rawing.

Dongeng Si Rawing Dengan Wa Kepoh
 Wa Kepoh juru dongeng

Dongeng Si Rawing Menceritakan tentang Darma yang kupingnya rawing karena terkena sabetan golok Bah Bewok, pada waktu gerombolan Bah Bewok menyerang kampung, tapi Darma diselamatkan oleh seorang kake – kakek yang bernama ki Debleng, serta di angkat menjadi muridnya sampai tumbuh menjadi pendekar tangguh.

Tapi Dongeng Si Rawing merupakan dongeng panjang, lama untuk tamatnya. Lupa lagi sampai berapa tahun tamatnya. Malahan sampai ada Film-nya segala.

Film Si Rawing
 Film Si Rawing


Dongeng Si Rawing didongengkan oleh Wa Kepoh. Wa Kepoh merupakan salah seorang juru dongeng yang kahot, bisa menirukan rupa - rupa suara, dari mulai suara lelaki sampai dengan suara perempuan. Tapi radio yang menyiarkan ini dongeng saya lupa lagi, semua radio dengan saluran AM, kalau gak salah di daerah Subang yang menyiarkan dongeng ini Rado Benpas, Radio Pelangi Nusantara ( PENUS ) dan masih banyak lagi radio - radio di daerah lain yang menyiarkan dongeng ini.

Selain dari dongeng sirawing, masih ada lakon yang lainnya. Seperti lakon Kasan Dara Sandra, Si Buntung Jago Tutugan, Doni Ajo, Ajag Bodas, Nyi Ganting dan lakon - lakon lainnya (kebanyakan lupa lagi judulnya).

Juru dongeng selain dari Wa Kepoh, masih ada seperti Mang Bahar, Mang Jaya, Mang Engkos, Bah Selud, Mang Endut, Mang Utun, Ki Leuksa dan masih banyak lagi. Biasanya tidak ada juru dongeng yang membawakan  sebuah dongeng yang sama, jadi masing – masing mempunyai dongeng dengan ciri khas sendiri dan judul yang lain.


Lihat juga : 


Share:

1 komentar: