logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Masak dengan kayu bakar

Sampurasun.... Rampess... 

Sebagai orang desa mamang masih menggunakan kayu bakar untuk memasak  disamping memakai kompor gas juga untuk cadangan bila kayu bakar habus atau sebaliknya bila gas susah dipasaran, tetapi memasak menggunakan bahan bakar non bbm ini selalu kotor karena terdapat abu hasil pembakaran kayu atau arang.


Abu sisa pembakaran ini umumnya berterbangan dan susah dikendalikan apalagi seringkali juga dilakukan pengipasan untuk meniup udara pada tungku yang digunakan. Kalau menggunakan




Masak dengan kayu bakar

 sambil masak bisa menghangatkan badan


Minyak tanah, permasalahan lain yang muncul adalah bau minyak yang seringkali timbul dan dapat mempengaruhi perasaan orang yang makan dan harga minyak tanahnya melambung naik – naik ke puncak gunung hehehe.


 cantik cantik ya
 Dari sisi rasa, bagi kebanyakan orang maka rasa masakan lebih banyak ditentukan karena pemilihan komposisi bumbu dan bahan yang digunakan, teknik memasak, dan keterampilah orang yang memasaknya. Tetapi bagi sebagian orang di kampung, rasa masakan ternyata juga dapat diakibatkan karena pemilihan jenis bahan bakar yang digunakan untuk memasak. Hal ini bagi kebanyakan orang mungkin akan jadi mengherankan, karena penggunaan kayu akan sedikit merepotkan. Untuk memulai pembakaran diperlukan pemanasan dengan bahan yang mudah terbakar seperti kertas atau mungkin disiram sedikit minyak tanah. 


Untuk memelihara agar nyala api konstan, juga harus selalu diatur secara manual karena belum ada alat remot untuk pengaturan kayu bakar pada tungku. Selain itu tentu saja diperlukan jumlah kayu dalam volume cukup besar mengingat kalor panas yang dihasilkan untuk berat tertentu dari kayu relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak atau gas.


Namun ternyata tetap banyak warung warga kampung yang selalu mempertahankan untuk menggunakan kayu bakar atau arang untuk memasak. 


Untuk masakan dengan arang kayu, memang hampir selalu dijumpai untuk masakan sate, karena memang mereka perlu untuk membakar dalam panas arang tersebut. 


Kayu bakar ini dapat diperoleh dari jenis kayu limbah atau sisa kayu bangunan, atau kayu jenis pohon tertentu yang tidak memenuhi kriteria kayu bangunan , ranting-ranting pohon atau pun pagar tetangga hahahah. Memang sampai sekarang kebutuhan kayu bakar ini masih dapat dipenuhi oleh para pemasok, tetapi lama kelamaan akan menjadi kendala. 


Terutama mengenai harganya yang mungkin akan semakin meningkat, dan di sisi lain pasokannya akan semakin sulit.


Memasak dengan kayu bakar dapat terjadi karena ada mitos soal rasa. untuk memasak di dapur. Sesekali tidak masalah, asal jangan menjadi fanatik harus pergi ke warung makan yang hanya menggunakan kayu bakar.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

sekarang kayu juga mahal mang, tapi bener kok masak dengan kayu dibanding gas rasanya beda, apa karena kayu itu takaran apinya pas ya mang,

Balas

iya mas katanya tuh kalo masaknya pake kayu bakar rasanya lebih enak .
mknya tempat makan yang masih pake itu biasanya suka rame pembelinya :D

Balas

sudah jarang ya mang masak pake kayu bakar, disamping malas nyarinya, sekarang pada pake yang praktis, tinggal cetrek nyala, tapi ada beberapa masakan yang kalo pake kayu bakar jadi khas rasanya

Balas

masak pakai tungku trus kayunya dari mana mang......udah susah cari kayu bakar jaman sekarang. :)

Balas

iya, nyari kayu sekarang susah mang ...

Balas

zaman sekarang memang udah jarang ditemui yang memasak pake kayu bakar, tapi jujur saya suka kalau makanan dimasak dengan kayu bakar,, rasa'nya kayak'nya lebih gurih.. :)

Balas

di kampung saya masih banyak yang masak pakai kayu Mang, lha wong kayu melimpah dimana-mana, sayang nggak dimanfaatkan.
tapi kata ibu saya, masak pakai kayu repot banget, kaya mandi sauna...walau ibu kalau ngrebus dagangan (telur asin) pakai tungku juga, tapi kalau masak yang lain tetep praktis pakai kompor

Balas

yang jelas kalau di kampung saya, memasak dengan kayu, RASANYA MURAH...hahaha

Balas

terutama SATE ya Pak El...hahaha

Balas

di kampung mamang juga banyak mas, mbak... kalau lagi susah tinggal pakai aja pagar bambu tetangga hehe

Balas

betul sekali mbak iin....

Balas

sate dan bacakan ikan hehe

Balas

kesini aja ketempat mamang, banyak disini

Balas

nanam pohon dulu mas hahaha

Balas

seperti asli banget ya

Balas

kalau dirumah saya mang masak air panas banyak misal untuk mandi masaknya makek kayu mang, masalah kayu dirumah banyak masih desa sih...

Balas

tempat saya juga banyak mbak indah

Balas

kirain cuma d kampung sayang aja yg masih banyak bambu dan kayu bakar, tapi makin ke sini makin langka dan berubah menjadi LPG tuh

Balas

iya mbak lebih praktis pakai kompor, cuma untuk memasak pada makanan atau waktu tertentu saja ya yang pakai kayu bakar... seperti pas acara hajatan, atau acara sejenisnya karena memasak dalam jumblah banyak dan memerlukan orang banyak juga.

Balas

masak air dan bakar ikan ya pas waktu bacakan

Balas

iya mas ndank cuma untuk masakan yang memerlukan waktu lama saja atau dalam jumlah banyak seperti merebus jagung dll

Balas

disini juga masih pakai kayu, tapi kebanyakan pakai kompor minyak tanah

Balas

kalau masak dengan kayu bakar harus ada ventilasi yang besar agar asapnya bisa keluar mang, soalnya mungkin akan meningkatkan risiko penyakit pernapasan. Soal beda rasanya masak kayu bakar, saya tidak bisa membedakan, mungkin lidah saya kurang peka seperti pak Bondan ... he he he

Balas

wah diajarin gak bener nih...kayu di tempat saya sudah habis di babat buat rumah, huuu

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger