Membuat Manisan Kulit Jeruk Bali

Sampurasun.... Rampes... 

Setelah kemarin mamang nulis tentang buah jeruk Bali, sekarang mamang mau nulis tentang kulit jeruk Bali, jadi jangan dibuang ya kulit jeruknya, selain bisa di jadikan mainan roda – rodaan untuk anak – anak, kulit jeruk bali bisa juga di buat manisan loh, 

 

Yuk, kita simak dan siapkan bahan – bahan yang diperlukannya:



Membuat Manisan Kulit Jeruk Bali



BAHAN YANG DI BUTUHKAN :
  • 2 kulit buah jeruk bali,kalau tidak ada beli dulu ke pasar tapi sama jeruknya jangan kulitnya doang heheheeh
  • 1 kg gula pasir dengan 1 liter air
  • 2 sdm kapur sirih dengan 1 liter air
  • pewarna makanan secukupnya sesuai selera, tidak pakai juga tidak apa – apa, Cuma kurang menarik saja
CARA MEMBUAT :
  1. Kupas kulit luar jeruk hingga tinggal berwarna putih, potong dengan bentuk sesuai selera ( bentuk dadu, bulat, lonjong) lalu cuci hingga bersih. Rendam dengan 1 liter air larutan kapur sirih hingga semalaman. Setelah dicuci bersih, warnanya akan berubah agak kekuningan. Rebus hingga matang dan bertekstur empuk, angkat dan tiriskan.
  2. Rebus air dan gula hingga mendidih mau pakai tungku, kompor terserah selera masing - masing, masukkan sedikit pewarna makanan. Tunggu hingga agak mengental, masukkan potongan kulit jeruk yang sudah dipotong – potong tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Gunakan api kecil agar tidak gosong pada saat mengaduk.
  3. Letakkan manisan kulit jeruk di atas tampah atau loyang yang telah dialasi plastik, biarkan sampai dingin dan kering. Masukkan dalam wadah atau plastik kedap udara.
Nah cukup segitu saja dari mamang, selamat mencoba dan semoga bermanfaat



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar