SDN Gardu Mukti dan dusun Gardu

Sampurasun... Rampes.... 

Ketemu lagi dengan mamang, kali ini mamang mau bernostalgia hehehe, nulis atau belajar menulis tentang SDN Gardu Mukti dimana doeloe mamang pernah merasakan pendidikan di sekolah ini sekitar tahun 1984, dimana sekolah ini baru dibangun.


SDN Gardu Mukti yang terletak di sebelah Barat dusun Gardu Besar (  disini mamang tinggal), Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat di Kabupaten Subang, Jawa Barat, kalau jaman mamang siswanya masih banyak sekitar 40 – 45 per kelas tapi sekarang jumlah siswa yang sangat sedikit kurang lebih hanya 10-15 siswa perkelas.



 Salah satu guru disini bahkan mulai putus asa dengan kondisi yang ada, 

“Sebesar apapun dorongan dan motivasi yang diberikan guru-guru di sekolah, bila tidak dimulai dan diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya pendidikan oleh pihak keluarga, hal itu akan menjadi sia-sia”.

     

Mungkin  minat belajar siswa-siswa yang kurang bisa jadi disebabkan oleh struktur tim pengajar yang kurang baik karena jika ada guru yang berhalangan mengajar, tidak ada guru pengganti sehingga menghambat proses belajar mengajar. Bahkan guru  bahasa Inggris jarang hadir dan penggantinya pun tidak ada. Sungguh memprihatinkan keterangan ini mamang dapatkan dari anak mamang yang sekolah di SDN ini.



Jika kita menengok latarbelakang yang ada di dusun Gardu ini, ternyata dulu daerah ini sempat terkenal sebagai daerah ‘merah’. Bahkan SDN Gardu Mukti seringkali mendapat keluhan dari guru-guru SMP yang ada di daerah ini perihal kenakalan anak-anak lulusan SDN Gardu Mukti, sebab anak-anak nakal yang jadi sumber masalah di SMP itu kebanyakan adalah lulusan SD ini atau kerusuhan di daerah lain pasti dari dusun Gardu Besar atau Gardu Kecil dengan sebutan GARDU MACAN TUTUL ( GMT) atau REMAJA GARDU ASLI ( REGAS ). sungguh memprihatinkan. Tetapi disisi lain siswa-siswa SDN Gardu Mukti memiliki prestasi di bidang olahraga, khususnya tim voli yang sering menjuarai kejuaraan voli tingkat kecamatan mulai jamannya mamang sekolah disini sudah sering jadi juara hehehe.

sumber: berbagai sumber mulai dari tanya tetangga tanya anak mamang, atau mamang lihat langsung sendiri.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar