logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Berbuka Puasa Dengan Kolak Biji Salak

Sampurasun… Rampess… 

Sebentar lagi kita memasuku bulan Ramadhan, nah untuk berbuka puasa disarankan dengan hidangan yang manis agar energi kembali pulih. Salah satunya Kolak biji salak , pasti dah tau kan apa itu Biji Salak? 

 

Salah, yang dibuat kolak biji salak bukan biji buah salak, tapi sejenis olahan dari tepung kanji dan ubi, lebih siip pakai ubi Cilembu, kalau mau pesan tinggal kontak  kang Cilembu di DESA CILEMBU


Berbuka Puasa Dengan Kolak Biji Salak

 Ini biji salak asli, tapi bukan ini yang dibuat kolak biji salak eheheh



Biji Salak ini di bentuk bulat bulat kecil seperti kelereng atau bakso, ransanya kenyal kenyal seperti cenil, Kolak biji salak merupakan makanan khas nusantara yang memiliki rasa manis dan enak, nikmat, lezat dan bergizi… pokonya mantabb dah…. Kolak biji salak salah satu hidangan yang sangat populer pada bulan Ramadhan sebagai menu favorit saat berbuka puasa.



Cara Membuat Biji Salak:
§  600 g ubi jalar ( Ubi Cilembu ), kupas, kukus, haluskan
§  100 g tepung kanji
§  1 sdt garam halus
§  ½ sdt bubuk vanili
§  2 tetes pewarna makanan warna kuning

Kuah:
§  100 g gula merah, iris halus - halus
§  100 g gula pasir
§  1500 ml air
§  1 lembar daun pandan di potong - potong
§  ½ sdt garam halus
§  2 sdm tepung kanji
§  3 cm kayu manis
Pelengkap:
§  200 ml santan kental, kalau mau biasa pakai 150 g potongan agar-agar tawar atau  bisa ditambahkan potongan kolang-kaling, nangka atau durian * tergantung selera*

Cara Membuat Kolak Biji Salak:
1.    Biji Salak: Campur ubi jalar yang telah dihaluskan dengan tepung kanji, vanili, pewarna makanan dan garam, aduk rata. Ambil satu sendok teh adonan, bentul menjadi bulatan-bulatan. Panaskan air, rebus biji salak hingga matang dan terapung. Angkat. Masukkan dalam air dingin matang, tiriskan.



2.    Kuah: Didihkan air, masukkan gula pasir, gula merah, kayu manis, potonga daun pandan, larutan tepung kanji dan garam, aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan matang. Sesaat sebelum diangkat, masukkan biji salak, aduk rata. Angkat.



3.    Penyajian: Tuang kuah biji salak beserta isinya ke dalam mangkuk saji. Tambahkan potongan agar-agar dan santan kental. Sajikan hangat.



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

111 komentar

dicicipi dulu ah ..

Balas

belum pernah nyoba mang, yang ada disini kolak pisang, hihi.. gimana ya rasanya biji salak

Balas

mang aku minta tak cicipi dulu, entar kalau enak boleh dech dicoba resepnya....hehheee

Balas

wah kirain mang yono mau kasih resep yang rada beda yaitu kolak biji salak asli hehehe...tapi klo yg asli paling bisanya diocek2 terus dimulut hehehe

Balas

wah ini nih mah, buka puasa yang nikmat pake kolak hehe..
linknya saya pasang juga mang, tapi kok ngumpet yah link-nya hehe....

Balas

rasanya manis, nikmat dan segar mas.. heheh

Balas

boleh, tapi cicipinnya satu mangkuk ya Mbak, setelah itu bayar 5 ribu hehehe

Balas

heheh kalau yang asli, ndak nahan di gigi kang heheeh

Balas

iya betul mas, manis dan nikmat...

nanti mau dipindah ke beranda Rumah mas, khusus yang terheboh ehheeh

Balas

lha, saya kira kenthos beneran yang dibikin kolak Mang...

o...gampang ya bikinnya, bisa juga dari ubi ungu ya, warnanya pasti cantik, nggak perlu bahan pewarna tambahan....di sini banyak ubi ungu...

makasih resepnya Mang...besok puasa insha ALLOH saya praktekkan.

Balas

halahhh... yg punya blog udah pertamax duluan. bikin kaget aja si akang ini. kirain biji salak beneran. sy mesti ngasi tau istri dulu biar entar sore dibuatin. sy mau ikut icip2nya setelah ada entar

Balas

nah kalo biji salak bisa dibikin kolak, kenapa biji rambutan sama biji duren nggak bisa? enak lagi pake biji kedondong!

Balas

parah nih sang admins.

Balas

pake wadah dong Mas

Balas

hehe, kenthos apa kenthus?

Balas

tapi masih ada yg nanya gimana rasanya biji salak loh :-)

Balas

saya nggak nanya ahh

Balas

kalo kolak biji salak, yang bikin isteri saya, wahh, nyamleng pisan euy!

Balas

kenthos itu makyos, kalo kenthus itu makyus...

Balas

inih mangkok bekas kolaknya pake tempung...

Balas

emang y, ramadhan udah pasti kolak di mana2. padahal kata ahli gizi, gak baek santen2 buat buka, cukup dg korma. tapi kalo udah namanya laper, mau dia profesor apalagi cuman ahli gizi, kolak disantap aja, halal kan

Balas

mirip kolak candil ya....jadi laper plus haus nich setelah baca postingan ini...mang yono harus bertanggungjawab atas kelaparan dan kehausan yang menyerangku :-)

Balas

yaaaah batal puasanay wong ini masih bedug, mang yono puasa bedug doooooooooong..
ancooor

Balas

kalau biji nangka bisa lhoo

Balas

pasti utuh gak kemakan

Balas

kalau beton isi nangka sih ada, lha kalau kenthos isi salak ,apa gak sekalian isinya mangga sama isinya klengkeng mang, hayooo

Balas

pertamax diamankan biar ndak ada spam seperti kemarin mas hehehe...

kan belum Puasa mas agus s ... heehee

Balas

padahal sudah tak siapin jawabannya ha

Balas

begitu ya, baru tau

Balas

campur kolak aja mas

Balas

biji nangka dan biji duren bisa mas, kalau biji kedondong buat gurah biar bagus suaranya heeheh

Balas

yang lain ndak kebagian

Balas

hehehe.. yang penting halal, mas

Balas

waduh salah posting nih... jadi kena getahnya hahaah padahal ndak pegang getah

Balas

hahah jadi salah posting nih ... ckckck ... besok ndak dari biji - bijian, mas eheheh

Balas

wah nanti kena pasal penimbunan lho mang ..

Balas

Apalagi kalau biji salak beneran

Balas

Besok buka bersama di rumah mamang aja ya .. menunya kolak biji salak

Balas

5 ribu uang mainan ya mang

Balas

wah jadi ngomongin biji-bijian nih...

Balas

kirain mau mang yono lap-in ilernya :D

Balas

hahaha langsung sedot aja kang hahaah

Balas

siip dah... biji salak beneran kan mas...

Balas

serupa dan sama walau beda nama...ditempat asal sy tu makanan dinamai taecicak/gaecicak ...antara dua itu namanya..walah ^__^...doyan senang makannya manis gurih dan legit....mmmhhh

Balas

enak nih ... biji salaknya pesan 2 deh mang hehee.. :) jadi pengen cepet2 puasa nih :)

Balas

jangan lupa dikasih daun pandan biar aromanya dan rasa lebih sedap dan nikmat

Balas

wihh kayaknya enak tu mang, seumur hidup belum pernah mang saya mencicipi kolak biji salak !! Kaya apa yaa?? Hmmmm

Balas

rasanya tentu seperti rasa biji biji yang lainnya....;o)

Balas

nyamleng pengen digampleng

Balas

ijin kopas resepnya kang...parantieun puasa ng'ke' kang

Balas

disimpan saja jawabannya untuk ujian besok

Balas

sudah ada sertifikatnya dari MUI ya mang

Balas

Mesti mamang pernah nyoba ya ..

Balas

jangan ah, nanti kalau biji salak beneran, malah tuan rumahnya yang habisin ... he he

Balas

untuk pertama kali gratis aja...hehee

Balas

mang ijin nyicipin dulu :D

belum pernah sih makan kolak biji salak :D paling menthok kolak pisang :D

Balas

beleh deh.. pertama gratis kedua bayarnya dobel hehe

Balas

haha buat koleksi mas

Balas

wah malah lebih menantang tuh namanya kolak taecicak hehe... asal jangan yang asli aja hehe

Balas

pasal berlapis ya

Balas

kalau mamang pengen cepet - cepet lebaran ha

Balas

iya mbak, pandannya harus nanam dulu he

Balas

rasanya enak mas kerenyel - kerenyel gituh hehe

Balas

silahkan kang, kebetulan ubinya geratis, selain di oven dibuat kolak juga hehe

Balas

silahkan dicoba sob...

Balas

gmn ni rasanya gan, saya belum pernah mencoba :)

Balas

kalo pake nangka itu lebih mantap mang :)

Balas

Wah asli saya belum pernah makan kolak ini Mang, dan baru tau sekarang ini Mang, suerrr. Deh...!!

Balas

Nangka itu basa ngapak ya.., kalau basa jawanya nongko..:)

Balas

Sama dong, saya saja taunya dari sini..

Balas

Horeeeee...dapat ubi....

Balas

hehehehe, kirain dari biji ssalak asli. Misal kalau asli bisa gk ya?heuheuheu

Balas

ggimana nyicipmya mang?
msak suruh jilat hape? hohoho

Balas

pertama geratis kedua bayar dobel mas hehe

Balas

rasanya manis, lezat, nikmat dan bergizi hehe

Balas

kalau bahasa jakartenye nengke hehe

Balas

boleh dicicipi dulu mas.. terus bikin deh

Balas

mas yanuar, bisa nyoba pakai yang asli, siapa tau berhasil bikin kenyal hehe

Balas

Wah resepnya mamang luar biasa nih, ternyata mamang pinter bikin kolak biji salak juga yah...

Balas

ya, sama aja dong...peliit..hehhee

Balas

hmmm seger
ger ser ..

Balas

hadeh ..

langsung pengen kolak
yang pasti seger dan enak

oh biji salak
ntar aku masak

hmmmm

kenyil-kenyil enak

Balas

wong sudah punya biji sendiri kok masih ngomong biji to yooo

Balas

masih apa tidak mang biji salaknya ? saya mau dong di lempar biji salak, hehehe

Balas

mang yono sudah makan biji salak apa belum mang ? kalau di bikin lalapan enak apa tidak mang

Balas

Kalo biji salak beneran yang dikolak, rasanya gimana ya mang.?.....?...?...

Balas

.. lebih suka ma kolak pisang. he..86x ..

Balas

biji kedondong buat ngilangi dahak Pak...tinggal telen dahak luntur....hayo wani piro...

Balas

masak sih?? gak percaya aq,,
coba kirim ke mari,,hehehe

Balas

kolak bluluk juga enak

Balas

enak, giginya mancal semuah

Balas

top dan siip... kenyil - kenyil nikmat

Balas

masih mas, nanti tak lempar paki ketepel ya

Balas

dokter gigi jadi senang hihi

Balas

dan tahan lama

Balas

kolak geratis lebih bergizi hehe

Balas

kalo sampe kelampung kolek nya basi gak y>hhiihii

Balas

hahaaa.... mending langsung lebaran aja yah mang gak pake puasa.. :D

Balas

lebih enak lagi kalo udah ada kolaknya.. :)
daripada mending mendingan .. :P

Balas

kalau biji salaknya nda mas, koleknya mungkin habis sama pak pos heheeh

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger