logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 


Sobat sudah pada tahu kan Asam Jawa? .... Betuuuul, asam jawa biasa dipakai untuk campuran sayur asem, tapi bukan sayur kemarin yang sudah basi hahaha.....  


Asam Jawa Juga bisa dibuat Rujak lhoo...


Manfaat Dan Khasiat Dari Asam Jawa
 Ini Rujak Asam buatan Istri saya... biar Rujaknya asem tapi terasa manis sambil pandangi wajahnya eheheh..


Istri saya sering membuatkan sayur asem (Sayur Haseum ; Bahasa Sunda), rasanya yang sedikit asem namun nikmat apalagi makannya di saung sawah atau pematang sawah ditemenin ikan asin dan sambal terasi .. wiiih mantap surantap dah. 

Nah berhubung mamang nulis ini pas bulan puasa Ramadhan, jadi mohon maaf saja yah, jangan terlalu dihayalkan karena bikin ngilu di gigi ( Bahasa Sundanya Muruy ).

Ternyata ... eh ternyata Asam jawa ini banyak khasiat dan manfaatnya lhoo, ini sesuai pengalaman mamang dan tetangga sebelah hehehehe

Asam Jawa bisa untuk obat Penurun Panas atau sakit tenggorokan dan suara serak akibat karokean, baca Al-Quran, penyanyi, sinden dan sejenisnya yang berkaitan dengan suara, bisa juga yang habis ikutan Demo hehehehe. 


Caranya ; ambil 2 polong buah asam jawa yang telah masak dikupas kulitnya , garam secukupnya, bisa ditambahkan juga potongan cabe rawit, tapi ndak pakai cabe rawit juga ndak apa - apa. Kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Hasil saringan diminum biasa. Ibu hamil tidak diperkanankan minum minuman ini karena bisa berkaibat fatal bagi kandungan. Ini mamang dapatkan dari sinden dan dalang wayang golek, bukan dalang kerusuhan lhoo hehehe.. kalau saya biasanya takaran asam jawanya lebih banyak dan kental namanya juga rujak Asam jawa hehehe.

Untuk luka baru juga bisa
Caranya; ambil daun asam jawa secukupnya dikunyah atau dilumat, lalu tempelkan pada luka.

Nah ini untuk yang senang bermain main dengan lebah terus kena sengatan lebah heheheh... Caranya ; ambil  5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Biji asam jawa ditumbuk halus. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut. Ini mamang dapatkan dari tukang mancing yang suka ngambil sarang lebah hehehe

 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

87 komentar

Saya amankan dulu yah mang pertamaxnya..hehe

Balas

Wah banyak juga yah mang manfaat asam jawa tersebut,,,

tapi katanya asam jawa juga bisa buat nangkap maung/harimau yah??hehehe..

Balas

gak dapat pertamax ? yanti dapat bensin nya .... huuhu :)

Balas

di depan rumah ada pohon asam jawa gede bgt...
gak tau loh ternyata ada manfaat lain juga selain buat bikin wedang asem yg seger, sayur asem...

Balas

Saya bermalam dideket pohon asem mbak jadi dapet pertamax..xixixi

Balas

bikin ngiler mang,,,,,
baru tahu kalau bsa ngobatin sengatan lebah

Balas

nah, ini saya suka banget Mang. Di desa saya banyak pohon asem. Bahkan ada yang unik, ada beberapa pohon asem yang buahnya terasa manis...aneh to? tapi di riau adanya asem kandis dan asam kincung...nggak bisa dibikin rujak.

Balas

hati-hati, kalau pas musim ulat bulu...hiii ngeri..

Balas

Asyiiik banget resep kuliner minumannya...kebetulan itu favorit saya dirumah. Sering bikin juga lho, waah ternyata banyak manfaatnya yaa ;) saya follow blognya ya :)

Balas

bagi ya pertamaxnya..

Balas

buat bikin bumbu rujak juga enak mang..

Balas

Tepat Mang, kalo lagi radang di tenggorokan, saya selalu memakai ini buat penawarnya. beneran sejauh ini saya rasakan ada perubahannya kalo habis minum asem.

Balas

konon, wonder woman juga penyuka asam jawa loh Mang...

Balas

kalo asam sunda gimana, mang..?

Balas

di sini kalo bilang minta buah asam
bakal dikasih buah mangga... :D

Balas

sayur haseum mah montong dilebok, mang..
haha...

Balas

iya kang buat nangkap harimau biar ndak bisa gigit, caranya deketin harimau/ maung terus gosok huntuna ku asem, pasti linueun xixixix

Asam sunda ndak ada mas Raw... ada juga asam urat eheheh

Balas

ulat bulunya gatel banget, bisa terbang ya

Balas

hehehe jangan terlalu di pikirin eheheh...

iya tuh bisa, daripada pakai tanah lumpur.

Balas

mbak, mungkin nanem pohonnya pakai gula hehehe... kok ndak bisa dibikin rujak, lain ya asamnya

hahaha akur, kalau minta buah jeruk dikasih mangga sama jeruk, hehehe

Balas

iya katanya bagus kalau sering minum air asam ini, apalagi untuk penyanyi eheheh... terimakasih udah follow blog ini, saya juga udah follow blognya, mbak.

Balas

iya bisa juga, bumbu rujak pakai asam bikin mata jadi melek.. eheheh

Balas

hahaha, unik ya, kalau di sini buah asam ya jeruk nipis...memang, betul-betul indonesia raya...

Balas

berarti sama ya mas, dan cocok bagi yang selesai begadang biar ndak ngantuk hehe...

Balas

waduhh malahan saya baru tau eheheh

Balas

hahah bikeun wae ka tatangga hehehe

Balas

kalau asem londo gimana mang

Balas

kalau sayur asem pake asem ini saya suka, kalau pake blimbing saya tidak suka,
lha ngapain mainan lebah mang mau atraksi ya

Balas

Asem jepang ada ga mang hehe..

Balas

Saya baru tahu kalo ternyata asem jawa itu banyak manfaatnya, saya dulu paling buat obat sakit panas dicampur sama gula jawa juga, makasih inponya mang

Balas

srupuutt bikin ngeces aja nig gan .. haa

Balas

kalo istri ane mesti pake belimbing kalo bikin sayur asem... tapi manteebbb

Balas

asem ini kalo pas lebaran di daerah rumah ane banyak yang nyajiin.. dikasi gula biar muaniiss

Balas

wahh,,ane baru tahu ni kalau asam jawa bisa diramu jadi minuman sehat makasih mang udah share

Balas

cocok untuk saya yang biasanya konser di kamar mandi mang..

Balas

keduax dan ketigaxnya sudah diborong pulak

Balas

kalo kurang asem gimana?

Balas

lumpurnya ambil di lapindo dulu lagi, ribet kan? makanya pake asem jawa aja

Balas

bisa bikin langsing juga mang :D

Balas

wah jadi pengen lagi.. inget saat2 ngidam dulu hehehh

Balas

ngopi dong biar ga ngantuk

Balas

wonder women dari mana itu bang?

Balas

blimbing wuluh gitu?

Balas

keren mas, buah asem bnyak manfaatnya

Balas

kalo ibu saya biasanya bikin sinom ditambah asem, bisa ngangetin perut dan memperlancar siklus bulanan wanita mang.. dan konon katanya bikin badan singset :p

Balas

kalo bibi saya dulu malah aneh, ngidam asem jawa.. di emut kayak permen gitu ga pake gula ga pake apa2, ya cuma digituin, di emut..

Balas

manfaatnya banyak

Balas

tapi jangan kebanyakan ya.. malah gak sehat

Balas

iyyaa.. namanya manisan asem

Balas

Asem Jawa enak loh di emut-emut bikin seger :))

Balas

buka pake wedang asem jawa enakkk (y)

Balas

wah makasih infonya mang, ternyata asem jawa bagus juga yah buat nyembuhin luka, makasih mang udah share...

Balas

makasih mas infonya ,
Ternyata banyak juga khasiat lainnya dari asam jawa :)

Balas

yang penting hadir lah nggak dapat petromax juga nggak apa-apa hehe...

Balas

kurang asem yah kasih cuka aja mbak hehe...

Balas

tinggal kelimax yang tersisa hehehe

Balas

kurang asem ya tampar saja orangnya heheeh

Balas

hahaha kok bisa ya, kirain asam beneran.. garam dilaut asam digunung dalam kuali ketemu juga heheh

Balas

caranya bagai mana mbak?

Balas

mulut ndak enak nih mas... gara gara posting yang asem aseng jadi ngilu di gigi dan gusi hadoooh... heheh

kalau tukang mancing ikan biasanya ngambil sarang lebah dan anakannya mas,

Balas

iya mas, berkat ngumpulin dari beberapa sumber tetangga hehehe.. sama - sama mas

Balas

iyah nih jadi ngilu di gigi... maaf ya sob heheeh

Balas

kalau belimbing wuluh malah ndak punya pohonnya, kalau ini punya sob malahan bonsai nya juga ada

Balas

iya kalau kebanyakan minuman atau makanan apa juga ndak sehat

Balas

hahah mungkin setiap perempuan suka konser dikamar mandi ya? hehehe...kok sama ama yang dirumah ya eheheh

Balas

kalau untuk memperlancar bulanan saya belum pernah coba tuh, nah kalau untuk bikin badan singset jadi penasaran nih.. sama gituh dibikin rujak juga?

Balas

hiiiiy jadi ngilu digigi... haduuuh salah posting nih... harusnya jangan bulan puasa ya... hehehe

Balas

hahah bikin ngilu digigi sob hehehe

Balas

heheh langsung ngilu digigi ya eheh

Balas

iya sama - sama mas.. semoga berguna dan bermanfaat

Balas

semoga berguna dan bermanfaat... iya sama - sama

Balas

Wonder women dari bojong mbak.. ^_^

Balas

Nah sekarang boleh lah mang minta kolak asam jawa nya dua pincuk..hehe

selamat berbuka puasa *_*

Balas

heheh tadi muruy nya kang?.. punten ah... siip diantos..

selamat berbuka puasa juga buat akang

Balas

Waduuh, untung aku bacanya saat malam.. Andai masih siang, waduh bisa ngiler.. Hehehe

Balas

hehehe iya Kaka, ndak bermaksud untuk bikin ngiler, iya juga sih siang siang nulis tentang ini, jadi ngilu digigi heheeh

Balas

Waduh, kalau suaranya serak-serak basah tiap hari kudu ngunyah asem nih.heheheh

Balas

ada gula ada asam jawa
diramu jadi obat
baca tentang asam yang kecut gigi saya
sampai keurat-urat

hehe

Balas

ah si amang lama lama haseum juga
haha

Balas

ya iyalah...
kalo ketemu di kawali kejauhan kudu lewat ciamis segala

Balas

Iya mas ngunyah terus hehe

Balas

Asam digunung garam dilaut akhirnya digigi ngilu juga hehe

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger