logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pencemaran Udara Dari Limbah Pertamina Di Cidahu Subang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

Akhir – akhir ini warga desa Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat menderita penyakit instalasi saluran pernafasan (ispa), akibat limbah udara  PT Pertamina (persero).


Warga langsung terkena sesak nafas, mual-mual hingga muntah. Harusnya pihak Pertamina melakukan pengobatan geratis minimal 6 bulan sekali. Desa Cidahu dengan kampung Mamang kira – kira 12 km dan harus melewati satu desa, Alhamdulillah pencemaran udara dari limbah Pertamina ndak sampai ke kampung mamang, tapi pipa saluran gasnya lewat kampung mamang. 



 
Pencemaran Udara Dari Limbah Pertamina Di Cidahu Subang
Lokasi Pertamina Cidahu Subang



Menurut warga limbah pabrik yang berasal dari PT. Pertamina itu tidak hanya mengakibatkan ISPA tapi  berdampak pada tanaman padi.Bau limbah yang berasal dari cerobong pengeboran gas pertamina itu setiap harinya sangat menyengat, apalagi kalau udara terik dan musim hujan, baunya semakin menyengat banget. Seharusnya perusahaan bisa lebih memperhatikan masyarakat sekitar, jika dibiarkan terus menurus masyarakat Cidahu akan mengalami trauma yang mendalam.


Mudah – mudahan tulisan mamang ini mendapat respon dari pihak Pertamina terutama Kepala Hubungan Masyarakat PT Pertamina, Cidahu, Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat, Indonesia ... wiiih Pede ah si mamang ... ( kalau pulang kerja mamang suka lewat daerah ini )


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

60 komentar

disamping bermanfaat, ternyata ada kerugiannya juga ya mang, dengan tercemarnya lingkungan tentunya ini menjadi tanggung jawab perusahaan ...

Balas

Wahhh seharusnya diberitahukan segera pada pihak terkait brow.. ini berbahaya sekali...

Balas

Wah...harus ada tindak lanjut dari pihak Perusahaan terhadap warga desa Cidahu, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat itu mang kalau memang dirasa merugikan...paling tidak ada kesepakatan antara kedua belah pihak guna menyelesaikan masalah ini...Amien mudah-mudahan bisa terlaksana...

Balas

kalo nggak direspon, digugat aja Mang. nggak hanya hukum nasional yang dilanggar, konvensi perubahan iklim juga bisa dlanggar.

Balas

tapi mang, tragedi lumpur lapindo saja begitu amannya bukan?

Balas

memangnya sudah pernah bertindak kok sudah dilanjuti.. amin juga deh.. amiin..

Balas

yup lbh bijaksana menggugat langsung drpd demo.. lagian juga puasa gitu..

Balas

biasssaaaaalaaaah... namanya juga tiiiiiiiit *sensor* ngeri lo bang liat lapindo.. sampe skrg tanah kering kerontang efek lumpur yg kering

Balas

ini kayak kejadian di tempat saya mang meskipun tingkat keparahan msh tinggi di tempat mamang, kalo rumah saya deket pabrik pokpan mang.. kalo pas produksi baunya sampe nusuk bgt..

Balas

tapi pemerintah rencananya mau pindahin ni pabrik.. smg aja cpet terealisasi

Balas

kebetulan HUMAS nya sepupu saya itu teh mang...gimana perlu di ketebelecein ngga kusayah, supaya diganti rugi dan segera direspon keluhan warga?

soalnya sepupu saya ini(HUMAS Pertamina)...nurut pisan kesayah teh mang.
#serius

Balas

kalau ketusuk...kenapa masih ng'blog sampe sekarang coba?

Balas

katanya sudah pernah bertindak, selama 15 tahun cuma memberikan pengobatan geratis satu kali itu dulu pada awal - awalnya di buka dan tidak berlanjut sampai sekarang.. malahan pihak karang taruna sudah mendatangi Perusahaan , tapi ndak ada respon...

Amiin

Balas

nah ada pencerahan nih dari mas zac, daripada demo bulan puasa terus panas panasan kan kasian ya...

Balas

iya kalau terbayang tragedi lapindo suka ngeriii..

Balas

kasihan juga mereka yang terkena dampak dari pencemaran ini yah mang, semoga dapat segera ditindak lanjuti.

Balas

mudah mudahan cepet dipindah pabriknya... Amiin..

kan sambil tutup hidung, padahal yang tertusuk hati hehehe

Balas

nah kebetulan atuh kang, ini yang ditunggu - tunggu sama warga sekitarnya

Balas

ya kasihan sama warga sekitarnya, bukannya dapat kesejahtraan malah dapat penyakit.... mudah - mudahan ... amiin

Balas

tuh mang Cilembu menawarkan jasa Mang,,,minta surat pengantarnya biar mulus heuheuheu

Balas

Semoga di dengar dan ditindaklanjuti Mang oleh Humas Terkait

Balas

sebenarnya pertamina bisa dituntut secara hukum, karena telah mengabaikan pembuangan limbah yang sangat berbahaya bagi manusia...apalagi bila ternyata cerobong asapnya itu tidak dilengkapi dengan filter atau saringan udara yang merupakan syarat utama bagi penggunaan cerobong asap untuk industri....salam :-)

Balas

Amiin... mudah - mudahan ya kang berjalan dengan damai, jangan ada demo - demoan apalagi pengrusakan

Balas

mudah - mudahan ada tindak lanjutannya dari pemerintah setempat ya Bang...

Balas

Begitulah ya mang sekarang, demi keuntungan (demi negara juga cenah mah) tapi ngorbanin kesehatan rakyatnya. Indonesia bener2 sudah jadi negara kapitalis abis sekarang mah. Wilujeng buka shaum mang...

Balas

Hemmm sangat disayangkan yah mang ...

Balas

wah bener2 parah tuh mang :/ semoga nggak kayak disini di sidoarjo :(

Balas

tutup muka biar gak ngeri

Balas

Mudah2an segera ada perhatian dari Pertamina ya mang, kalau mereka sudah baca postingan mamang ..
pokoke hidup mamang lah ..

Balas

sayangnya sepupu saya yang HUMAS itu, dipertamina miliknya pribadi yang berdiri dipinggir jalan(kaki lima) gituh kang....

#pletrak...bakiak mampir kejidat...bwahahaaa

Balas

kang zach azh yang jadi pengacaranya kalau gituh...gratis ko' untuk membela rakyat mah...iya kan kang?

Balas

wadaw.. berarti bahaya nih desa saya mang. soalnya ada pertamina juga heu ::(

Balas

Wah, tulisan ini sepertinya perlu dibaca pertamina tuh. Kalau bisa pak Dahlan Iskan juga tahu ini.

Balas

emang belum ada yang laporin masalah ini mang? biasa nya klo udh merugikan orng bnyk di demo

Balas

setengah2 gitu lah ya

Balas

Infeksi Saluran Pernapasan Atas kan Mang?

Balas

perusahaan oil and gas kan labanya gede ya...sayang kalau laba gede itu dimakan sendiri dengan karyawan saja. Masyarakat sekitar industri juga harus dipedulikan. Lihat iklannya saja di tv, katanya Pertamina melestarikan lingkungan hidup...percuma kalau cuma pohon dan recovery lahan aja yang dilestarikan, masyarakatnya juga perlu dijaga...

Balas

kok menurut saya kurang tepat kalau diadakan pengobatan gratis saja, mustinya lebih dari itu...karena mencakup kerugian atas rasa nyaman dan tenteram juga. Memang mau dikasih penyakit, trus dikasih pengobatan gratis? Ndak kan, pengennya ya nggak usah sakit...

Balas

saya juga tinggal dekat pabrik...tapi tetep harus menerima dengan senang hati kondisi bau atau polusi semacam apapun. kalau nggak mau bau, ya harus resign...tuh, gimana jal?

Balas

huh...Pak Ci banget model kayak gitu.

Balas

demo lawan perusahaan yang dinaungi pemerintah tu susah Mas...

Balas

itu sudah juga sudah Bang, tapi ndak ada respon

Balas

itulah endonesa raya kang... sekarang belum saatnya kang eheheh

Balas

iya mas .. sayang sekali ndak ada perhatian

Balas

mudah - mudahan jangan seperti itu sob...

Balas

itu yang dinantikan oleh warga sekitarnya mas...

hahah terlalu pede mas heheeh

Balas

kalau pertaminanya mensejahtrakan warga sekitarnya malah bagus sob..

Balas

hahah itu malahan Boss nya merangkap kepala bagian Humas dan merangkap lagi dengan pemasaran hahaah

Balas

kalau yang bawah memang ada gituh ..

Balas

harusnya begitu mas hehehe

Balas

demo juga ndak bakalan ditanggapin mas.. betul tuh kata mbak khusna, rakyat jelata lawan pemerintah heheh

Balas

nah betul sekali mbak, kalau pohon kan bianya ndak seberapa hehehe

Balas

wah padahal pertamina bumn kaya raya.. harus ada tanggung jawab dong!

Balas

harusnya begitu, biar penduduk sekitar ndak pada sakit

Balas

Benar mang, di daerah saya juga ada tempat penampungan minyak pertamina. tepat di belakang rumah. suara mesinnya sangat bising.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger