logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Nasi Liwet Dan Ayam Bakar Bumbu Cobek

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 


Suasana malam di kampung yang dingin serta di temani hujan rintik – rintik ..tik... tik.. bunyi hujan diatas genting haha.. 

 

Sambil ngobrol dengan tetangga selepas shalat tarawih, tadinya sih cuma bikin api unggun untuk menghangatkan badan sambil seruput kopi panas, eh ada tetangga yang nyeletuk..


                               yang di poto ayam belum dibakar hehe

“ Hujan – hujan gini enaknya bakar apa ya?”
“ Bakar jagung lebih pas, tapi jagungnya kagak ada, ya sudah kagak jadi dah”
“ Lebih pas bakar ayam dan bikin nasi liwet, bagai mana setuju?” Kata abah tetangga sambil melirik ke kandang ayam milik saya.

Hahaha  dari pada semua yang ngobrol pada cemberut kayak marmut, ya sudah akhirnya, saya merelakan satu ekor ayam kampung untuk di potong dan dibakar dengan bumbu yang seketemunya eheheh... dari pada bangunin istri dan nanya bumbu, nanti malah bumbu yang dikasih bumbu mimpinya hehe... kalau nasi liwet sih gampang, kata yang sudah bisa heheh...

Nasi liwet dan ayam bakar bumbu cobek

Cara membuat nasi liwet ala mang yono  yaitu  beras dicuci bersih tiriskan tambahkan santan dari ½ butir kelapa pandan kira kira 2 lembar, daun salam 2 lembar juga, 1 batang sereh (serai) dimemarkan, garam secukupnya

Cara memasaknya  yaitu Masak beras bersama bahan lainnya dengan api sedang sampai mendidih sambil sesekali diaduk.Setelah santan agak mengental (cairan tinggal sedikit), kecilkan apinya, masak dengan cara diliwet selama kurang lebih 1 jam.


Nah kalau untuk ayam bakarnya dengan bumbu sekenanya hehehe
1. Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar. Cuci
bersih kembali,  lumuri dengan kunyit yang sudah dihaluskan.
2. Siapkan bara api, panggang ayam. Selama memanggang olesi dengan
 Panggang ayam hingga berwarna agak gelap,
angkat dan potong - potong. 



Ini untuk membuat bumbu cobeknya atau bumbu kuah ayam bakar
Iris 4 cabai merah besar, 10 cabai rawit merah, 10 butir bawang merah, campurkan kecap kira – kira 200cc atau 1 gelas, tambahkan   1/2 sdt garam, memarkan 1 rimpang  jahe.





Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

85 komentar

mang kog yg diuplod ayamnya masih mentah, jd gak bisa membayangkan ayam bakarnya mang...

Balas

bumbu cobek
kirain makannya sekalian cobeknya diemut...

Balas

Waduh mang, padahal saya sudah makan, tapi jadi lapar lagi nih hehe..

Balas

Nungguin bumbunya belum ada mba

Balas

dan top markotop hahaha

Balas

kalau yang diuplod ayam bakar udah mateng, nanti ada yang komplin lagi seperti postingan rujak asem katanya pada ngilu di gigi hehehe

Balas

Aseeem hahaha... lebih ganas dari kuda lumping heheh

Balas

ya buat nanti makan sahur aja mas hehehe

Balas

ulekannya...kale,
tumben ngga pulgar kang?

Balas

wah ayamnya numpang narsis ya mang :D

Balas

wong cuman gambar ayam belom mateng ko'jadi laper lagih sih kang...;o)

Balas

alesan...padahal ngga sempet dipoto matengnya...keburu tinggal tulang...hayo ngaku mang!!

Balas

padahal pengin lihat yg sdah matang, pasti menggugah selera..resepnya coba dipraktekin, trims

Balas

Selain model, mang yono rupanya juga ahli memasak nih.. Kayak chep Juna dah.hehehehe

Balas

berarti mikirin yang bukan - bukan heheh

Balas

bugil lagi ya mas hehehehe

Balas

hehehe yang udah mateng di uplod nanti pada komplin mas... heheheh

Balas

masih ada lagi mas, tukang patroli pas malam minggu hehehehe

Balas

hahaha tau aja nih akang Cilembu... boro boro inget poto ayam bakar hehe

Balas

Sepertinya enak pak masakan ini yakni nasi liwet lauk nya ayam bakar hmmmm :)

Makasih buat resep nya pak :)

Balas

Kasihan ayamnya .....seperti abis kecelakaan mang.

tapi sayah penasaran dengan rasanya tuh

Balas

Mamang pandai masak ya...

bumbu ayam bakarnya simple banget. tapi sesimple apapun, kalau dibakar, tetep...rasanya pasti mak nyoooossss, apalagi ada sambel cobeknya---xixixixi, cobeknya jangan ikut dimakan ya Mang...

Balas

enak th sob
visit back

Balas

wah ayamnya kasihan, udah dibacok dibakar juga. ^_^

Balas

wah berarti cuma suruh baca tulisannya aja ya..

Balas

wah pada suka makan cobek to

Balas

lebih enak lagi kalo ngebakar rumah mangyono, hehe ^_^

Balas

mang, sekali-kali ngapa kalo kita makan bareng di deket jembatan penyeberangan petamburan? yuk!

Balas

justru itu dessertnya, Mbak

Balas

pada suka vulgar tepatnya

Balas

udah pada bisa baca kan kita-kita?

Balas

telat komen,, hoiho,, mang jadi laper liat masakan itu,,

Balas

puasa malah ngurusin makanan

Balas

mana masakannya Mas Rizal...gambarnya ayam mentah...woi ayam mentah....

Balas

ayam mentah memang enak kok

Balas

saya masih kecil tutup hidung ajalah

Balas

kelihatannya memang mantap

Balas

bukan bukan kok di pikir ?

Balas

saya jadi gak tega lihatnya

Balas

komplen minta di kirim tepatnya

Balas

selain itu ahli berkebun

Balas

apalagi ceboknya yang tebel, alot

Balas

biasa kalau efek puasa mata jadi mbilyer

Balas

saya suka makan sambel sambil cebok mang,

Balas

waduh siang-siang baca postingan ayam bakar bumbu cobek, mana magrib masih lama...hihihi... tapi hatur nuhun resepna mang, sapertosna mah gampil yeuh kangge dipraktekkeun.. :D

Balas

mang lembu tuh yang sok vulgar...

Balas

wah udah enak nih buat komen nyampah
ga pake scrol lagi. riweh scrol di letop ga pake mouse hehe

Balas

Enak kayaknya nih...

Balas

padahal masih mentah hehehe

Balas

hehehe kan belajar menulis dan membaca ...

mau saya poto eh tinggal tulangnya doang... malah parah kan eheheh

Balas

setipis silet ... nanti disambit panci hehehe

Balas

hahaha tapi lodingnya agak berat, mau dihilangin komen fb-nya nanti banyak yang komplin lagi ehehehe

Balas

sepertinya begitu hehehe...

resep seketemunya tapi lumayan mantabb

Balas

bilangnya pada ngilu digigi ...

Balas

yang tebel berat mas..

Balas

apalagi kalau udah mateng...

oke langsung meluncur... cuuurrr

Balas

memang begitu biasanya... daripada di telantarkan hehehe

Balas

waduhhh biuuuung...

Balas

di taman anggrek ya? nanti ya mas kalau ndak sibuk hehehe...

Balas

ayam mentah keliatan ayam bakar... air comberan keliatan bajigur heheh

Balas

lebih greng ya mas heheeh

Balas

hapunten atuh teh.. sekarang dah lewat magrib ehhehe

muhun gampil, mangga di cobi..

Balas

kalau udah mateng... mantab dan seuhah

Balas

ditutup aja mukanya mas

Balas

Berkunjung lagi menunggu menu baru dari mang yono :D

Balas

wah saya malah ketinggalan, apakah masih sisa mang?

Balas

pedes pasti nih yah mang?

Balas

wah hebat yah mas Agus cebok sambil makan hehe...

Balas

udah karakter kali ya kalo yang suka dipanggil pake label mang...
kaya si amang tuh hahah

Balas

emang ga bisa dibalik, komen pesbuknya yang di belakang..? toh lebih banyak yang pake blogger ketimbang pesbuk. kecuali banyakan yg pesbuk

maap mang ngerepotin

Balas

ya mentah ini yang bikin manrap, saya kan serigala mang

Balas

prokem dong, gimana kalau di panggil kimcil aja

Balas

iya saya suka komen sembarangan nih

Balas

tadi sudah tutup hidung mang

Balas

nikmat banget lho mas

Balas

masih sekarang malah dapat discount 80% hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger