Nasi Liwet Dan Ayam Bakar Bumbu Cobek

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 


Suasana malam di kampung yang dingin serta di temani hujan rintik – rintik ..tik... tik.. bunyi hujan diatas genting haha.. 

 

Sambil ngobrol dengan tetangga selepas shalat tarawih, tadinya sih cuma bikin api unggun untuk menghangatkan badan sambil seruput kopi panas, eh ada tetangga yang nyeletuk..


                               yang di poto ayam belum dibakar hehe

“ Hujan – hujan gini enaknya bakar apa ya?”
“ Bakar jagung lebih pas, tapi jagungnya kagak ada, ya sudah kagak jadi dah”
“ Lebih pas bakar ayam dan bikin nasi liwet, bagai mana setuju?” Kata abah tetangga sambil melirik ke kandang ayam milik saya.

Hahaha  dari pada semua yang ngobrol pada cemberut kayak marmut, ya sudah akhirnya, saya merelakan satu ekor ayam kampung untuk di potong dan dibakar dengan bumbu yang seketemunya eheheh... dari pada bangunin istri dan nanya bumbu, nanti malah bumbu yang dikasih bumbu mimpinya hehe... kalau nasi liwet sih gampang, kata yang sudah bisa heheh...

Nasi liwet dan ayam bakar bumbu cobek

Cara membuat nasi liwet ala mang yono  yaitu  beras dicuci bersih tiriskan tambahkan santan dari ½ butir kelapa pandan kira kira 2 lembar, daun salam 2 lembar juga, 1 batang sereh (serai) dimemarkan, garam secukupnya

Cara memasaknya  yaitu Masak beras bersama bahan lainnya dengan api sedang sampai mendidih sambil sesekali diaduk.Setelah santan agak mengental (cairan tinggal sedikit), kecilkan apinya, masak dengan cara diliwet selama kurang lebih 1 jam.


Nah kalau untuk ayam bakarnya dengan bumbu sekenanya hehehe
1. Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk nipis dan garam, diamkan sebentar. Cuci
bersih kembali,  lumuri dengan kunyit yang sudah dihaluskan.
2. Siapkan bara api, panggang ayam. Selama memanggang olesi dengan
 Panggang ayam hingga berwarna agak gelap,
angkat dan potong - potong. 



Ini untuk membuat bumbu cobeknya atau bumbu kuah ayam bakar
Iris 4 cabai merah besar, 10 cabai rawit merah, 10 butir bawang merah, campurkan kecap kira – kira 200cc atau 1 gelas, tambahkan   1/2 sdt garam, memarkan 1 rimpang  jahe.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar