Perbedaan Ayam Kampung Dengan Ayam Negeri

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

 Di Indonesia para ibu – ibu atau pun bapak – bapak  sering membuat lauk dari ayam. Ada 2 jenis ayam yang menjadi olahan. Dimana keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat berbeda. 

Kedua jenis ayam tersebut antara lain adalah Ayamnegeri atau Ayam Broiler atau bisa juga disebut dengan ayam pedaging dan jugaayam kampung. Perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah harga yang mencolok berbeda Cuma ndak mencolok mata hehehe. Dimana ayam negeri biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan ayam kampung tapi lebih mahal ayam Kampus mungkin heheheh... Ngawur ah si mamang hehehe.


Ayam Kampung - Perbedaan Ayam Kampung Dengan Ayam Negeri
Ayam kampung yang masih kecil umur 1 bulan, bisa di konsumsi ndak ya hehehe
Kalau ayam kampung di poto yang pas dikonsumsi atau di bakakak itu umur 6 bulan besarnya sama dengan ayam negeri umur 1 bulan hehehe


Ada 2 jenis ayam yang menjadi olahan. Dimana keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat berbeda. Kedua jenis ayam tersebut antara lain adalah Ayamnegeri atau Ayam Broiler atau bisa juga disebut dengan ayam pedaging dan jugaayam kampung. Perbedaan yang mencolok antara keduanya adalah harga yang mencolok berbeda Cuma ndak mencolok mata hehehe. Dimana ayam negeri biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan ayam kampung tapi lebih mahal ayam Kampus mungkin heheheh... Ngawur ah si mamang hehehe.

Namun, keduanya akan susah dibedakan apabila sudah dipotong dan sudah bugil atau tanpa sehelai bulu hehehehe.... Ini bisa menjadi celah para pedagang nakal untuk menipu atau mengelabui pembeli dengan menyebutkan Ayam Negeri sebagai Ayam Kampung. 

Untuk mencegah hal tersebut, mamang mau kasih sedikit cara atau tips bagaimana cara membedakan antara ayam negeri atau ayam broiler dengan ayam kampung. Berikut caranya :

Ayam Kampung :

  • Ayam ini cenderung memiliki daging yang tidak tebal, kurus serta terkadang akan terlihat tulangnya.
  • Memiliki tulang yang panjang.
  • Warna dagingnya tidak secerah warna daging ayam negeri.
  • Dagingnya akan terasa alot saat dipegang keras dan terasa tipis, dan tulangnya pun keras, jangan dimakan tulangnya ya hehehe.
  • Kalau dimasak, biasanya membutuhkan waktu lama. Dua kali lebih lama dibanding ayam negri. Namun rasanya lebih gurih dan nikmat untuk jenis masakan nusantara.
Ayam Negeri :

Ayam Negeri - Perbedaan Ayam Kampung Dengan Ayam Negeri
 Ini Ayam Negeri umur 1 Bulan besarnya sama dengan ayam kampung umur 6 bulan, sudah bisa di konsumsi 
Sungguh berbeda dengan ayam kampung yang lambat pertumbuhannya  hehehe
  • Jenis ayam Negeri atau Broiler cenderung memiliki tubuh yang gemuk dan lebih tebal dagingnya. Mungkin bila dbandingkan dengan ayam kampung, faktor gaya hidup berbedalah yang membuat perbedaan bobot antara keduanya. Karena memang ayam negeri tinggalnya di peternakan yang membuat aktivitas dari ayam ini hanyalah makan dan tidur, dan juga kurang bergerak.
  • Ayam Negeri cenderung mempunyai kulit yang mengkilap dengan lebih rapuh. Sementara itu di bagian ekor dan leher akan terlihat banyaknya lemak. Warna dagingnya cerah, terang dan cenderung berwarna putih. Keempukan dagingnya pun akan terasa bila ditekan serta akan cepat matang bila dimasak.
Semoga bermanfaat
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar