logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Antara Mandor dan Pengawas atau Pelaksana Proyek

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..  

Siang Kemarin mamang ada rapat di Perusahaan tempat mamang bekerja, yang di bahas ya tidak ada lain soal pekerjaan, Antara Mandor dan Pengawas atau Pelaksana Proyek jangan sampai kejadian seperti Proyek Belitung terulang lagi. 

Proyek baru yang akan dikerjakan dalam waktu dekat – dekat ini, yang berlokasi di daerah Selatpanjang, daerah Riau kepulauan, katanya sih di pulau kecil, saya ngantuk banget tadi, maklum malamnya habis lembur dan blogwalking hehehe. 

Antara Mandor dan Pengawas atau Pelaksana Proyek


Dalam hasil rapat tersebut mamang ditugaskan untuk ngawasin pekerjaan tersebut atau istilah kerennya Pelaksana atau Pengawas... *Gaya, maklum kalau kerjaan ribet – ribet yang hadir dalam rapat suka pada mengkerut, seperti ... zzzzzz.. * sensor... hehehe.

Ngomong – ngomong soal pekerjaan yang ribet, saya suka keingetan waktu ditugaskan ngawasin sebuah proyek kecil di daerah Sungai padang, Tanjung pandan, pulau Belitung, waktu itu tanpa ada rapat dan tanpa ada pemberitahuan jauh – jauh hari, saya ditelpon sama bos, besoknya harus berangkat ke daerah Belitung, dan ngawasin pekerjaan, waduh gimana nih, padahal waktu itu istri saya lagi hamil dan dua bulan lagi mau ada acara Upacara empat bulanan kehamilan istri saya.



Pantai Tanjung Tinggi ( Laskar pelangi ) 
Tanjung Pandan, Kepulauan Belitung, Prop. Bangka Belitung


Ternyata sesuai penjelasan via telepon, proyek tersebut berenti selama 2 hari, gara – gara terjadi perselisihan antara sang Mandor dengan sang Pengawas yang di tugaskan untuk mengawasi proyek tersebut, sampai – sampai sang Pengawas kabur ketakutan, padahal Pengawasnya orang Belitung juga.

Akhirnya keesokan harinya saya berangkat ke Belitung, karena yang lainnya pada angkat tangan, berarti kalau sudah angkat tangan jangan ditembak, itu artinya orang tersebut sudah menyerah.... hehehe, seperti dalam peperangan saja ,,, hohoho.

Waduh bagaimana nih, apalagi saya bukan asli orang Belitung, tapi saya belum angkat tangan loh... heheh. Niat saya kan bekerja, kenapa harus takut, dan saya tidak punya masalah dengan mandor tersebut, apalagi saya tidak kenal sebelumnya dengan mandornya.

Setelah ngobrol – ngobrol dengan mandor tersebut dan lihat - lihat proyek yang dua hari berenti, sungguh memprihatinkan semua peralatan berantakan, bahkan boplank bangunan di lempar kesungai... hehehe, Berarti dalam dua hari kebelakang ditempat kerja ini ada kejadian yang seru ... hehehe.  

Keesokan harinya mulai berjalan proyek tersebut, bahkan saya tinggal di rumah mandor itu. Maklum rumah mandor dengan proyek itu jaraknya kira – kira 100 meter.... deket khan?.

Memang betul sih mandor tersebut mukanya serem, muka sangar, tapi hatinya pink... hahaha. Bahkan dalam ceritanya dia adalah pekerja keras, pemburu harta karun. Loh harta karun?, betul dia sering mencari harta karun di bawah laut, dengan peralatan seadanya, bahkan dia buka usaha penebangan kayu di hutan.

Akhirnya dalam waktu satu bulan proyek itu selesai padahal dalam sekejul proyek tersebut harus selesai dua bulan lebih. Kok bisa, kok cepet mang? Ya bisa dong, kan kerjanya lembur... hehehe. 

Mungkin ini berkat do’a keluarga juga, proyek itu dengan lancar selesai satu bulan, padahal hampir tiap hari terjadi hujan dan tadinya proyek tersebut bermasalah sampai sampai sang Pengawasnya kabur ketakutan.

Alhamdulillah proyeknya selesai, dan saya bisa menghadiri upacara empat bulanan istri saya.

Bicara soal sang Mandor

Mandor biasanya yang punya buruh/pekerja, buruh mau bekerja pada suatu proyek tergantung bagaimana mandornya, kalau kata sang mandornya kerja yah kerja, kalau kata sang mandor tidak yah tidak, dalam proyek konstruksi si Pelaksana lapangan atau Pengawas kalau ingin merekrut tenaga buruh lapangan mesti berurusan dulu dengan si mandor, karena istilah kasarnya  yang punya link langsung dan link hidup keburuh yah sang  Mandor itu.

Hebat juga yah sang mandor….hahaha..

Nah. Begitupun kebalikannya bila sang buruh mencari pekerjaan, atau yang ingin bekerja pada salah satu  proyek yang mereka  cari - cari adalah sang Mandornya atau  istilah mandor bisa juga di sebut kepala tukang atau kepala rombongan istilah dalam sepak bola mungkin sang kapten kesebelasan .... heheheh.

Sang Mandor juga biasanya punya keahlian khusus, kalau jaman belanda alias koloni mandor itu biasanya pasti seorang jagoan, yang bekerja di sebuah perkebunan teh, kopi atau karet, yang jelas dia harus berasal dari seorang jawara atau pendekar, bukan pendek - pendek tapi kekar... hehehe, karena seorang jawara pastilah jago dalam hal ilmu beladiri atau ilmu kanuragan, hal ini penting kalau untuk jaman dahulu karena seorang mandor kadang-kadang diharuskan kejam dan sadis dalam hal memerintahkan buruhnya kerja, intinya mandor jaman dahulu itu ditakuti.

Lain dengan jaman modern seperti sekarang ini, mandor jaman kini, tidak perlu jago beladiri, yang penting dia jago dalam hal memegang atau mengatur pekerjaan orang lain, mandor jaman sekarang biasanya mereka adalah para mantan-mantan tukang yang senior yang mahir atau yang kahot, yang sudah banyak makan asam garam yang punya banyak pengalaman di bidang pekerjaan proyek.

Nah kesimpulannya bahwa jabatan mandor proyek sekarang pun, masih jabatan yang bergengsi dan berwibawa, yang suka di deketin bibi – bibi warung proyek, loh kenapa?. Karena anak buah mandor tersebut pada makan di warung tersebut, kalau bibi warung cemberut, ya pada pindah makan dong... hahaha.

 Tapi bagaimanapun juga hebatnya sang mandor jarang sekali kita melihat keberhasilan suatu proyek adalah, adanya andil dari seorang Mandor, tapi ironinya kalau suatu proyek gagal dan tidak behasil pasti yang disalahkan atau ditujukan kepada sang Mandor, kasihaaaan deh luh....dan bagaimanakah pendapat sobat sobat tentang Mandor dan Pengawas Proyek... ditunggu komentarnya yah.

"Mudah – mudahan ditempat kerja nanti ada sinyal dari BTS
 walau kerjannya di hutan... Biar bisa blog – blogan hehehe".


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

20 komentar

wah diam diam mamang juga jago nih menahlukan hati lelaki wkwkwkkwkwkw.. mandornya sampai hatinya berubah menjadi pink dan sedikit berbunga bunga.. hahahahaha

Balas

wah Mamang hebat euy, projek 2 bulan jadi 1 bulan doang...

mang, Selat Panjang jauh dari tempat kami, harus nyeberang lautan dulu. Tapi inshaa Alloh sudah tak ada kabut asap kok Mang...

semoga projek yang nanti berjalan lancar dan ada sinyal biar bisa terus blog-blogan...

Balas

Mamang muda wajahnya juga berbunga-bunga tuh...

Balas

Mas Nady... kita kan niatnya bai dan niat kerja, kata bapa tebe, kalau orang serem lawan dengan kelembutan, tapi kelembutan bukan dielus - elus ehhehe...

itu poto jadul mbak KK... poto 17 tahun yang lalu, pas ABeGeh... hehehe

Balas

kan kejar target mbak, mau ada acara empat bulanan di kampung, dan kesepakatan lembur itu disetujui sama mandor. tiap hari itu bikin skejul harus pas target per hari, dan kenyataannya di lapangan malah lebih dari skejul itu, jadi sisanya kerja santai dan jalan - jalan ke ke pantai...

iya, katanya harus pakai Kapal Boat,

tinggal nunggu minggu depan saja, belum ada rapat lagi, kalau saya sih gimana yang nunjuk saja, berangkat ya berangkat, jangan ya ndak apa, namanya juga kerja.. . betul tidak?

Balas

ternyata kapten itu bukan ada pada sepak bola saja ya mang, tukang juga punya, mandornya hehe..

bener mang liat orang jangan liat mukanya saja, buktinya ternyata mandornya baik kan

Balas

kalo saya gak pernah mau ditugaskan sebagai mandor, tanggung jawab nya besar. Kerjanya sih enak cuma ngawasin doang, tapi capek mental sama pikiran. hehe ^_^

Balas

bang mandor bukannya tokoh di sandiwara radio ya Mang?

Balas

kalau boleh tahu tepatnya safety/foreman/supervisor mang?

Balas

iya mas kalau di sekolahan mungkin KM ya mas hehehe

betul banget mas.. mungkin pengawas / pelaksana sebelumnya ngasih taunya dengan ndak sopan, atau petantang - petenteng eheheh

Balas

ya hitung hitung melatih spot jantung saja sob... kan biar bisa deket bibi warung di proyek hehehehe

Balas

nah itu mbak may, tadi juga mamang mau nulis itu... cuma lupa hahaha

Balas

emang beneran berasa di jaman kolonial, mang. istilahnya kuli - mandor - sinder - administratuur

kalo disini sudah rada gaul bahasanya. helper - staf - supervisor - superintendent - manager. padahal semuanya itu sama aja kuli...

Balas

jadi mandor memang kelihatannya enak ya mang, tapi dibalik itu semua ternyata cukup terktekan dengan adanya tanggung jawab yang besar. sukses buat mang yono :)

Balas

kira'in krja mandor cuma petentengan doang,,,
hehehehehehe.....

Balas

Kalau begitu mending di kalimantan mas, keren namanya. Hehehe

Balas

Iya mbak tapi mandor paling dikenal oleh orang - orang, mau ngutang kewarung saja pasti ditanya... mandornya siapa?...

Balas

hehehe... kalau jaman belanda begitu sob hehe... mandor kebun teh pasti jagoan...

Balas

mang yono saya ada yang nyuruh kerja jadi mandor,tapi saya gak punya pengalaman sama sekali,,,gimana caranya ya mang,,,?mohon solusi ny mang.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger