Skip to main content

Cara dan Perlengkapan Sand Blasting

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes.. 

Gambar dibawah ini bukan Astronot yang mau berangkat ke bulan atau ke pelanet lain, tetapi ini pekerjaan pembersihan besi dengan cara disemprot memakai pasir silica atau istilah kerennya Sandblasting. 


Saya mau mencoba menulis tentang Cara dan Perlengkapan Sand Blasting sesuai yang saya ketahui. 

Cara dan Perlengkapan Sand Blasting



Untuk operatornya diwajibkan memakai perlengkapan ini untuk keselamatan dan kesehatan operator itu sendiri, dan untuk bernapas udara dialirkan melalu selang udara, meskipun perusahaan tempat mamang bekerja tidak punya alat ini, tetapi  ada kalanya dapat pekerjaan sandblasting, misalnya di Proyek Chevron, Pekerjaan servis Pompa PAM, proyek pembuatan Kapal Air, pembuatan tanki baik itu tangki minyak atau tangki air dan masih banyak lagi.
                
Sandblasting lebih dikenal dengan proses pembersihan permukaan dengan cara menembakan dengan bantuan tekanan angin dari kompresor bertekanan tinggi, supaya partikel Pasir silica yang disemburkan kesuatu permukaan material menjadi kuat tekannan semburnya sehingga menimbulkan gesekan / tumbukan atau benturan atau hantaman.

Permukaan material tersebut akan menjadi bersih dan kasar atau  kasar seperti kulit jeruk. Tingkat kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasirnya serta tekanannya. Tapi jangan coba coba di semprotkan ke arah manusia yang mempunyai sifat kasar hehehe.

Nah untuk melihat jauh semburan yang dilakukan sanblasting kira – kira jangkauannya sekitar 20 meter ke arah tempat kosong, coba saja bayangkan kalau disemburkan dengan jarak dekat, ya rontok deh itu karat. Tapi jangan coba - coba memakai alat ini di rumah untuk membersihkan panci, wajan atau kuali bisa gawat deh... hehehe

Cara pengoprasian sanblasting yaitu memakai pasir dan udara dengan tekanan tinggi dari kompresor. Pasir-pasir ini disemprotkan / ditembakkan dengan kecepatan tinggi melalui nozel.

Untuk peralatannya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.


Cara sanblasting ini dapat menghilangkan karat pelat yang berkarat. Dengan cara sand blast yang ditimbulkan dengan pekerjaan ini lingkungan disekitarnya akan penuh debu-debu halus berterbangan, oleh karena itu operator atau tukang blasting harus memakai , helm, filter/masker, pelindung muka, atu baju rompi ( Bukan rompi anti peluru) untuk melindungi dari debu, untuk daerah sekitarnya harus dibuatkan penutup tenda memakai terpal atau sejenisnya, supaya pasir tersebut gak sampai terbang atau menyembur ke tempat lain.

 Sandblasting dilakukan karena proses ini yang paling cepat dan efisien untuk membersihkan permukaan material yang terkontaminasi oleh berbagai kotoran terutama karat. 

Efek dari sandblasting ini membuat permukannya menjadi kasar dan permukaan yang kasar ini membuat cat dapat melekat dengan kuat atau nempel, lengket seperti yang baru pacaran ... hehehe.

Keuntungan yang didapat dari pekerjaan Sand blasting yaitu,  Membersihkan permukaan material (besi) dari kontaminasi seperti karat, tanah, minyak, cat, garam dan lainnya.  

Mengupas cat lama yang sudah rusak atau pudar. Membuat kekasaran pada permukaan metal sehingga cat lebih melekat, dan nempel kuat.
Tahapan untuk pekerjaan sandblasting dan painting sesuai yang mamang ketahui :



Ini komponen pompa hisap proy. PT. Candra Asih, Cilegon, Banten

- Bersihkan Minyak dan grease dengan thinner jika ada yang menempel pada benda ini biasanya pada pompa dan mesin.

- Bersihkan garam dengan water jet jika ada dan ini berlaku untuk pekerjaan Blasting di dok kapal... kalau digunung kan gak ada garam, garam itu dilaut..... Asam digunung garam dilaut dalam kuali ketemu jua... oyeah... oyeah... heheeh
Proses Sand Blasting dengan memakai perlengkapan Blasting

  - Siapkan dan atur posisi material yang akan diblasting, tergantung selera tukang blasting tersebut, mau nungging kek, mau jongkok kek, mau sambil tiduran kek, apa mau sambil berdiri.

- Melakukan Proses Blasting dengan baik dan benar serta sopan.

 Rekan kerja Mamang sedang merapihkan, setelah selesai painting

- Apabila Blasting sudah selesai maka bersihkan pasir dan debu dari permukaan besi, tapi ingat jangan pakai air yah membersihkannya. Cukup disemprot angin kompresor saja.

- Langsung dicat saja karena jika  dibiarkan lama-lama bisa karatan lg nantinya.
- Selesai deh.


 Mobilisasi Komponen pompa  dari Kaw. Industri Jatake, Tangerang 
ke 
Kaw. Industri Pulo Gadung
Proyek Candra Asih - Torishima Guna Engineering

Nah Cuma segitu Cara dan Perlengkapan Sand Blasting yang Mamang ketahui, untuk pembersihan material untuk selanjutnya di lakukan pengecatan, baik itu barang baru dibuat atau peremajaan dari barang tersebut atau bisa juga si pemilik barang sudah bosan dengan warna cat atau cat yang mulai mengelupas, ini biasanya dilakukan pada pompa PAM yang segede Gajah atau Pompa Torishima Guna Engineering, mesin dan pompa minyak di pertamina atau Chevron, pipa – pipa, Kapal Air di Proyek PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung dan Proyek PT. Pahala Harapan Lestari dua duanya di daerah Bangka, bangunan pabrik, tanki minyak atau tanki air dan lain sebagainya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar