logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara dan Perlengkapan Sand Blasting

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes.. 

Gambar dibawah ini bukan Astronot yang mau berangkat ke bulan atau ke pelanet lain, tetapi ini pekerjaan pembersihan besi dengan cara disemprot memakai pasir silica atau istilah kerennya Sandblasting. 


Saya mau mencoba menulis tentang Cara dan Perlengkapan Sand Blasting sesuai yang saya ketahui. 

Cara dan Perlengkapan Sand Blasting



Untuk operatornya diwajibkan memakai perlengkapan ini untuk keselamatan dan kesehatan operator itu sendiri, dan untuk bernapas udara dialirkan melalu selang udara, meskipun perusahaan tempat mamang bekerja tidak punya alat ini, tetapi  ada kalanya dapat pekerjaan sandblasting, misalnya di Proyek Chevron, Pekerjaan servis Pompa PAM, proyek pembuatan Kapal Air, pembuatan tanki baik itu tangki minyak atau tangki air dan masih banyak lagi.
                
Sandblasting lebih dikenal dengan proses pembersihan permukaan dengan cara menembakan dengan bantuan tekanan angin dari kompresor bertekanan tinggi, supaya partikel Pasir silica yang disemburkan kesuatu permukaan material menjadi kuat tekannan semburnya sehingga menimbulkan gesekan / tumbukan atau benturan atau hantaman.

Permukaan material tersebut akan menjadi bersih dan kasar atau  kasar seperti kulit jeruk. Tingkat kekasarannya dapat disesuaikan dengan ukuran pasirnya serta tekanannya. Tapi jangan coba coba di semprotkan ke arah manusia yang mempunyai sifat kasar hehehe.

Nah untuk melihat jauh semburan yang dilakukan sanblasting kira – kira jangkauannya sekitar 20 meter ke arah tempat kosong, coba saja bayangkan kalau disemburkan dengan jarak dekat, ya rontok deh itu karat. Tapi jangan coba - coba memakai alat ini di rumah untuk membersihkan panci, wajan atau kuali bisa gawat deh... hehehe

Cara pengoprasian sanblasting yaitu memakai pasir dan udara dengan tekanan tinggi dari kompresor. Pasir-pasir ini disemprotkan / ditembakkan dengan kecepatan tinggi melalui nozel.

Untuk peralatannya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.


Cara sanblasting ini dapat menghilangkan karat pelat yang berkarat. Dengan cara sand blast yang ditimbulkan dengan pekerjaan ini lingkungan disekitarnya akan penuh debu-debu halus berterbangan, oleh karena itu operator atau tukang blasting harus memakai , helm, filter/masker, pelindung muka, atu baju rompi ( Bukan rompi anti peluru) untuk melindungi dari debu, untuk daerah sekitarnya harus dibuatkan penutup tenda memakai terpal atau sejenisnya, supaya pasir tersebut gak sampai terbang atau menyembur ke tempat lain.

 Sandblasting dilakukan karena proses ini yang paling cepat dan efisien untuk membersihkan permukaan material yang terkontaminasi oleh berbagai kotoran terutama karat. 

Efek dari sandblasting ini membuat permukannya menjadi kasar dan permukaan yang kasar ini membuat cat dapat melekat dengan kuat atau nempel, lengket seperti yang baru pacaran ... hehehe.

Keuntungan yang didapat dari pekerjaan Sand blasting yaitu,  Membersihkan permukaan material (besi) dari kontaminasi seperti karat, tanah, minyak, cat, garam dan lainnya.  

Mengupas cat lama yang sudah rusak atau pudar. Membuat kekasaran pada permukaan metal sehingga cat lebih melekat, dan nempel kuat.
Tahapan untuk pekerjaan sandblasting dan painting sesuai yang mamang ketahui :



Ini komponen pompa hisap proy. PT. Candra Asih, Cilegon, Banten

- Bersihkan Minyak dan grease dengan thinner jika ada yang menempel pada benda ini biasanya pada pompa dan mesin.

- Bersihkan garam dengan water jet jika ada dan ini berlaku untuk pekerjaan Blasting di dok kapal... kalau digunung kan gak ada garam, garam itu dilaut..... Asam digunung garam dilaut dalam kuali ketemu jua... oyeah... oyeah... heheeh
Proses Sand Blasting dengan memakai perlengkapan Blasting

  - Siapkan dan atur posisi material yang akan diblasting, tergantung selera tukang blasting tersebut, mau nungging kek, mau jongkok kek, mau sambil tiduran kek, apa mau sambil berdiri.

- Melakukan Proses Blasting dengan baik dan benar serta sopan.

 Rekan kerja Mamang sedang merapihkan, setelah selesai painting

- Apabila Blasting sudah selesai maka bersihkan pasir dan debu dari permukaan besi, tapi ingat jangan pakai air yah membersihkannya. Cukup disemprot angin kompresor saja.

- Langsung dicat saja karena jika  dibiarkan lama-lama bisa karatan lg nantinya.
- Selesai deh.


 Mobilisasi Komponen pompa  dari Kaw. Industri Jatake, Tangerang 
ke 
Kaw. Industri Pulo Gadung
Proyek Candra Asih - Torishima Guna Engineering

Nah Cuma segitu Cara dan Perlengkapan Sand Blasting yang Mamang ketahui, untuk pembersihan material untuk selanjutnya di lakukan pengecatan, baik itu barang baru dibuat atau peremajaan dari barang tersebut atau bisa juga si pemilik barang sudah bosan dengan warna cat atau cat yang mulai mengelupas, ini biasanya dilakukan pada pompa PAM yang segede Gajah atau Pompa Torishima Guna Engineering, mesin dan pompa minyak di pertamina atau Chevron, pipa – pipa, Kapal Air di Proyek PT.Dok dan Perkapalan Air Kantung dan Proyek PT. Pahala Harapan Lestari dua duanya di daerah Bangka, bangunan pabrik, tanki minyak atau tanki air dan lain sebagainya.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

keras juga pekerjaannya mang, moal mampu sigana simkuringmah hahaha :D

Balas

wah attribut laki semua tuh

Balas

mang Yono ternyata yang jadi lawannya Spidermaann..
hebaat

Balas

waw jangkauannya bisa sampai 20 meter, poto benda yang warna merah itu hasil dari sand blasting ya mang?
mancab daah, abis itu minum extra joss deh. ^_^

Balas

ikut komen aja mang.
follow blog saya donk mang ^_^

Balas

Heheh begitulah kang.. kerasnya pekerjaan di Jakarta dan kekejaman Ibu kota, tapi tak sekejam ibu tiri... heheeh

Balas

nanti saya tulis deh atribut buat perempuan hehe...

Balas

jadi penumpas kejahatan dan pembela kebenaran .... Berubah hehehe

Balas

iya mas, makanya jangan coba - coba buat nyembur yang lewat eheheh..

iya mas, sebelumnya komponenitu tertutup tempelan karang laut, setelah di blasting jadi kinclong lagi apalagi di cat,, seperti baru lagi deh ehehe

Balas

SIp mang Terima Kasih :D

Balas

benda apa tuh sob besar banget heheh

Balas

kalau jaman sebelum ada sand blasting gimana tu mang, apa diamplas pake tangan ???

Balas

Pompa air mas, untuk di pabrik heheh

Balas

pakai mesin gerinda mas, tapi kelamaan satu pompa bisa berbulan bulan menghilangkan karatnya, kalau pakai sanblas cepet tinggal semprot beres deh.

Balas

pasirnya itu apa itu yang dibilang pasir kaca ya mang?

Balas

Sehabis disemprot sandblast jadi kinclong lagi besinya,ini cocoknya untuk besi-besi ukuran besar kayaknya.

Balas

wah wah wah,,, sepertinya sulit hehehehe

Balas

sepertinya memang sulit, tetapi mungkin terasa mudah bagi yg sudah ahlinya... :D

Balas

kira-kira buat blasting CPU bisa ya Mang. pasti tuh CPU bersih banget...

Balas

yang jelas diperlukan orang gagah untuk pekerjaan ini iya kan PAk

Balas


mang, membawa pipa bertekanan tinggi berisi pasir, apa nggak berat banget ya...?

Balas

iya mas pasir putih itu, tapi yang kasar ukuran 2x3 ada husus jualan untuk bahan sand blas.

Balas

iya mas jadi kelihatan baru, dan ini untuk mencegah terjadinya karat lagi, ukuran kecil juga bisa mas, tergantung permintaan bahkan pompa rumahan juga bisa, hehe

Balas

iya ini pekerjaan laki - laki hehe

Balas

betul sob, mungkin ditambah lagi paktor kebutuhan, jadi pekerjaan ini terpaksa dikerjakan karena butuh pekerjaan hehehe... itu sesuai pengalaman saya

Balas

bisa banget Bli, pasti bersih dan kinclong sama komponen -komponennya.. hehe

Balas

ya, orang gagah dan perkasa seperti superman, batman hehe

Balas

berat mbak, saya sering nyoba juga mau nyemprot ke arah utara eh malah ke arah timur bisa berbelok sendiri, seperti kalau mau siram bunga saja air diselang kita jangan pegang, gerak gerak sendiri kan selangnya, apalagi itu dengan tekanan tinggi, pasir yang disemprotkan juga tadinya kasar jadi halus,... keren kan ... hehe

Balas

ah dodol
dari kemaren ngomongin sand blasting kirain mainan bom
disini istilah blasting dipake kalo mau ngeruntuhin gunung ake dinamit. dasar si mamang ah...

Balas

Mw sandblastig di daerah tangerang di mana ya? Sy mw sandblast velg mbl, biayanya brp ya?

Balas

saya ingin tau banyak tentang sand blasting, boleh tau dong.. alatnya apa saja, dengan kapasis berapa saja yang di pakai, nuselnya ukuran berapa saja,saya akan berterimakasih sekali bila om Yono berkenan memberikan penjelasannya dan di email ke saya : srikaswati@gmail.com ( salam kenal.. hehehhe..)

Balas

Kalo sandblast ke kaca pake kompresor yang tekanannya berapa pk kang ? Sklian minta prlengkpn ny kang buat sandblast kirim imel j kang ke dedie_rusmiadie@yahoo.co.id dtunggu kang infonya

Balas

Nuhun, info bermanafaat, tks

Balas

Klo untuk itungan pembayaran sandblast itu sendiri seperti apa yang mang ??
apakah dari jumlah pasir yang dikeluarkan, ato dari luar permukaan media itu sendiri yang akan di sandblast kah, atau ada perhitungan lain??

mohon pencerahanya mang ??

Balas

Kang yoyon,ajak2 donk klw ada pekerjaan blasting,kebetulan saya juga pernah melakukan pekerjaan itu slama -+4thn,dan klw memang ada tmpt buat saya,saya siap hijrah deh dr batam ke sana...ini pin bb saya 7f8dcd36..thanks

Balas

mass perhitungan kebutuhan pasir sand blast bagaimana yaa? per m2 habis berapa kg?

Balas

Mas Yono.
Bila ingin sandblasting utk di rmh, ada saran utk jenis kompresor yg dibutuhkan ?
Murah dan berguna.

Balas

Mas Yono,

Setahu saya kalau penggunaan pasir silica untuk sand blasting sudah dilarang karena bisa menyebabkan silicosis pada paru2. standart NIOSH dan OSHA.

Apakah penggunaan silica sand pada proyek yang Bapak kerjai masih di perbolehkan ?

Terima kasih

Jefri

Balas

Berapa minimal tekanan dari kompresor ya?

Balas

Kalo untuk bengkel motor..ada gak yang ukurannya kecilnya..? didaerah saya blum ada tuh.. kurang info nih mang
......

Balas

nomer nya berapa dan bisa beneran??

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger