logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Masuk Kerja Uji Nyali dengan Tower Crane

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..  


Tower Crane adalah alat untuk membangun gedung apartemen  atau perkantoran yang bertingkat, ini mengingatkan saya 17 tahun yang lalu dan ini adalah salah satu tes masuk kerja ke perusahaan yang sekarang saya jalani, kok tesnya serem ya, harus naik Tower Crane dan ikut Erection?. 


Ya waktu itu saya ngelamar kerja ke perusahaan tanpa ijasah, Masuk Kerja Uji Nyali dengan Tower Crane dengan tes itu Mamang muda diterima di proyekitu tepatnya di salah satu proyek di kawasan Thamrin  Jakarta, dengan tes harus uji nyali dengan ketinggian, dengan rasa percaya diri saya lakukan tes tersebut, padahal saya belum pernah naik setinggi itu, naik pohon kelapa saja yang tingginya  6 meter  pernah melorot dari atas sampai bawah, dari kejadian itu saya tidak pernah naik pohon kelapa dan setahun ndak berani buka baju didepan orang tua, takut ketauan luka – luka saya ... ckckck.


Masuk Kerja Uji Nyali dengan Tower Crane



Tower Crane yang buat ujinyali saya sekitar  60 meteran lebih, waktu itu bangunan nya aja baru 20 lantai , sesuai rencana bangunan tower  perkantoran tersebut sekitar 30 lantaian  termasuk landasan untuk pesawat hely di paling atas.


Dengan perlengkapan keselamatan yaitu  sabuk pengaman  saya naik tangga sambil gemetaran dan sampailah saya ke puncak di tempat kabin operator. Istirahat sebentar dan langsung ikut kerja erection ( pemasangan section sambungan untuk menambah tinggi tower crane)


Mungkin sobat – sobat heran kan, bagai mana nambahin tingginya, saya juga waktu itu heran dan bingung, bagai mana caranya kok bisa nambah sambungan  tanpa mencopot bum , ternyata begitu cara nambahinnya jadi ada hidroliknya yang buat ngejac. 

Setelah saya 1 hari ikut kerja penambahan section Tower crane, saya dinyatakan lulus tes, dan boleh kerja... Alhamdulillah.

Hari berikutnya sih saya tidak kerja di Tower Crane tersebut, tapi diterima di bagian Gudang proyek, terus apa hubungannya dengan tes tersebut?. Ya sudah lah itu adalah permainan sang mandor yang penting saya diterima kerja.... Betul Tidak?.

Sewaktu – waktu sih saya suka nyamperin ke operator di atas, mau apa coba hayoh?. Kalau jam istirahat setelah shalat duhur saya suka ke atas Tower Crane, enak loh diatas adem, banyak makanan dan minuman lagi eh diatas ada pemandangan yang setipis silet juga loh di gedung sebelah ada kolam renang dan banyak yang renang, maklum dulu kan masih ABGeh, jadi bisa liat pakai teropong ...hahah dan  perlu sobat ketahui ternyata setiap mandor yang mau angkat matrialnya ke atas, biasanya ngasih makanan dan roko, dan operator sudah tahu kalu pas jam istirahat saya suka naik ke atas makanya dia pesan ke mandor, nasi 2 bungkus ... jadi saya  ikut makan geratisan , kan lumayan eheheh.... ngirit coy hehehe.

Dua tahun saya jalani sebagai Orang gudang proyek, dan tahun ketiga saya diminta ke Kantor untuk Bawa ijasah. Setelah saya ketemu pimpinan perusahaan, saya di tarik kerja ke kantor, bukan di proyek lagi dan propesisaya berganti bukan mang Gudang lagi, tetapi bagian Gambar atau istilah kerennya Drafter yang merangkap dengan perhitungan. Tapi seskali saya diminta juga untuk mengawasi proyek dan sering ketemu mandor yang ngetes saya naik ketinggian, sambil senyum – senyum di suka bilang...

“Maaf pak waktu itu saya tidak bermaksud begitu”.
Terus saya jawab ” Ya sudahlah, itu malah berharga bagi saya pak”.

Dan saya sering bertemu dengan  sahabat saya operator Tower Crane, dan dia suka bilang
“ Hebat pak, sekarang jadi orang kantoran”

Terus saya jawa “ Hebat gimana, sekarang sayah ndak pernah nyobain makan geratisan lagi di ketinggian, padahal kan saya kangen lihat - lihat  yang berenang di kolam renag gedung sebelah... hahaha”

Tahun 2004 saya di kagetkan dengan kabar jatuhnya pekerja di atas Tower Crane  yang sedang erection atau penambahan section di kawasan niaga terpadu SCBD Suite, Sudirman  kalau tidak salah hari Senin Tanggal 3 April mengakibatkan tiga pekerja tewas.

  Yang tewas diketahui bernama Dani dan Huk keduanya adalah Operator tower Crane teman saya yang suka saya tebengin makan di ketinggian. Tapi dia sudah lain perusahaan dengan saya.

Dulu waktu muda mamang muda Masuk Kerja Uji Nyali dengan Tower Crane  tapi kalau sekarang saya suruh naik Tower Crane, kayak nya sudah ndak kuat dengkul ini, mungkin paktor umur ya.... hehehe



 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

wah serem banget pak kalau harus naik tower yang bisa bergerak getu. ini bener-bener uji nyali pak. tapi kalau pak mang yono saya optimis pasti lulus :)

Balas

mamang muda kerjanya ereksi ya? saya juga sering banget nih ber-ereksi. ^_^

Balas

kira@ kalau sekarang tes seperti itu masih diberlakukan tdk y...
siap2 mental aja deh...

Balas

Iya mbak waktu itu saya masih muda tahu 1996 masih ABeGeh. Kalau sekarang nyerah deh.

Balas

Saya cuma sekali itu saja mas, yang lainnya cuma ikut numpang makan dan rokoan di ketinggian

Balas

ternyata mang yono jago nggambar ya, patesan kemaren gambar pohon pisangnya keren banget :)

Balas

Dulu juga ndak ada tes begitu itu cuma mandornya saja yang nyeleneh

Balas

Biasa aja kang gambar saya jauh dari bagus di tempat saya kerja juga ada arsiteknya, saya cuma oret - oretan

Balas

serem juga ya mang,selalu utamakan keselamatan ya mang, keluarga menunggu dirumah

Balas

iya mas itu pengalaman dulu... sekarang dah gak berani naik setinggi itu hehe

Balas

sekarang yang tinggi jabatanya ya mang :)
sekarang masih kangen kolam renangnya nggak nih ..??? hihihi...

Balas

seram bener testnya,tp ternyata bermanfaat juga ya.sekalian latihan mental terhadap ketinggian.

Balas

hehehe itumah lagi ketiban kerjaan saja sayahnya.. padahal tetep setatusnya kuli

sekarang sudah tuwa kang, harus naik ketinggian gemeteran apalagi lihat yang begituan makin gemeteran dah hehe

Balas

iya mas. seram tapi ngangenin hehe....

Balas

pekerjaan yang sangat menantang bahaya ya Mang. semoga orang-orang yang bekerja di tempat-tempat berbahaya tersebut di fasilitasi perlengkapan safety yang lengkap...

Balas

ngeri ya Mang, semoga yang meninggal, mujahid. bahagia disisi-Nya

Balas

baru ngerti kalo mau kerja ada tes erection segala..?
emang kalo lagi diatas ga bisa ereksi, mang..?

Balas

iya mbak, demi anak istri tentunya ya...

fasilitas safety dan upah yang memadai.... betul tidak

Balas

Iya mas kalau ingat kesitu suka gimana gituh, tapi setelah dipikir - pikir mumpung lagi bisa ya dijalanin saja ...betul kan mas?....

Amiin..

Balas

ndak tau tuh mas... dasar mandor nyeleneh....

dibawah yang nggak bisa mas... hehe

Balas

Mmang itu resikonya jd operator TC mas

Balas

Ass mang yono.salam knal.nama saya pujiyono.misalkan msih ada lowongan operator saya mau mng.ke betulan ni lagi nganggur.sya uga udah punya pengalaman.mang.tankz infony.ni no hp saya.08816155768

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger