logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bakakak ayam kampung ( Ayam bakar ) acara hari minggu di kampung

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..

Hari minggu yang ndak ada kerjaan, kebetulan saya pulang kampung juga, anak saya libur sekolah, kebetulan hari minggu kemarin dikampung saya ndak ada acara hajatan, syukuran, padahal kalau melihat undangan yang diterima tiap harinya ada 2 atau 3 orang yang mengadakan acara syukuran atau hajatan, ya ndak prasmanan deh hehehe...

Seperti biasa pagi – pagi anak saya melakukan rutinitas, yaitu kasih makan ayam kampung piaraannya jumlahnya lumayan banyak, yang pas untuk dibuat bakakak ( ayam bakar) ada 9 ekor, pernah sih suatu hari ada yang nawar nawar ayamnya dengan harga 55 Ribu, tapi kata anak saya, nanti saja nunggu gedean dikit hehehe.



Bakakak ayam kampung ( Ayam bakar ) acara hari minggu di kampung

Ayamnya gampang ditangkap kok, tapi itu kata anak saya, pas saya coba tangkap eh malah pada kabur... hehehe... Tapi kalau anak saya kelihatannya gampang banget tuh nangkap ayamnya, mungkin sang ayam udah tau yang kasih makan tiap hari hehe.. dan hari itu juga anak saya coba menangkapnya... hap lalu ditangkap... hehehe.

Sambil diliatin dan dipegangin terus ayamnya, dia bilang ke saya.. “ Pa, kalau mau bikin ayam bakar gampang apa susah?....

Saya jawab “ wah, gampang banget, bumbunya juga sederhana dan boleh seketemunya “

"Kalau ayam ini dibikin bakakak boleh ya pa?... Sekalian buat belajar cara membuat ayam bakar” anak saya nanya lagi.

“ Tentu boleh, itu kan ayam kamu nak, mau di bikin apa aja boleh”

Akhirnya tampa pikir lagi, ayam itu disembelih, tapi sengaja pengolahannya saya serahkan kepada anak saya. Saya cuma jadi penonton dan mengawasinya.... tapi kalau sudah mateng, ya ikut makan ehehehe...

Berikut cara membuat bakakak ( ayam bakar ) ala kadarnya ...
-       Sembelih ayam dengan membaca Bismillahi Allahu Akbar. Memutuskan jalan nafas, jalan makanan, jalan darah dengan sekali gerakan, tanpa mengangkat pisau dari leher dan tidak langsung memisahkan kepala. ( atau serahkan pada orang yang terbiasa)
-       
 Siapkan air panas yang mendidih, untuk merendam ayam yang sudah disembelih dan sudah tidak bernyawa lagi, ini untuk mempermudah merontokan / mencabuti bulu ayam, secara manual

-       Bersihkan ayam, Jika Anda memilih utuh, keluarkan bagian jeroannya, potong bagian kepala dan ceker. Buat tusukan dari bambu ukuran agak gede buat pegangan mebolak balikan ayam, tusuk ayam dari samping kiri ke samping kanan

-       Lumuri dengan bumbu yang telah ditumbuk atau di ulek seperti, Kunyit, jahe, bawang merah, cabai ( kalau yang selera pedas ndak pakai juga ndak apa ), gula, garam dan perasan jeruk nipis, banyaknya sesuai selera masing - masing. 

-        Siapkan api unggun dan tunggu sampai kayunya menjadi bara, pakai arang malah lebih siip.

-       Bakar ayam sesekali bolak -balik ayam agar matangnya rata. Sesekali oles dengan sisa bumbu
-       Hidangkan ayam dengan nasi hangat dan lalapan..... Selamat menikmati...



Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

32 komentar

bakakak memang asoy. apalagi kalo yang bikin orang lain, kita tinggal makan, lebih asoy.

Balas

anaknya mang yono hebat nih, jago maenin ayam. ^_^

Balas

mirip dgn ayam panggang ....makin mantap klw ayamnya ayam kampung

Balas

Hmmm...jadi ngiler euy..

Cik lah mang alungan kadieu..heheh

Balas

wuih, putra Mamang bakat jadi chef nih Mang...

bakakak, belum pernah makan Mang...taunya bekakak---sebuah ritual adat di gunung Gamping Jogjakarta.

Balas

lha iya...apalagi makannya sama sambel terasi yang pedes banget...mak nyooos pasti ya Pak

Balas

jilat hape,,,,
*menikmati ayam panggang

Balas

sambil duduk dibawah pohon mangga nunggu ayam bakar mateng

Balas

ayame kemanggang tuh mang..
anaknya pinter menyenangkan papae sih

Balas

bakakak dan bekakak itu sama kok. ayam utuh dipanggang..

Balas

ada pembunuhan berencana rupanya...
mantap hawunyah..

Balas

menarik sekali pak, bisa bakar-bakaran ayam kampung untuk mengisi liburan di hari minggu. memang benar, ayam bakar lebih enak apabila kita membuatnya/memasaknya sendiri.kalau beli rasa nya kurang enak hehehe ;D

Thanks pak atas sharing nya :)

Balas

pokonya mantab deh rasanya... sambil selonjoran , nunggu ayam bakar dan nasi liwet mateng

Balas

katanya biar ndak repot beli ayam sob... di samping hobinya juga ternak ayam heheeh... orang tua cuma bisa mengawasinya...

Balas

saudaraan sama ayam panggang, mbak... iya, rasanya lebih manteb..

Balas

hehee siap , tangkap ya kang....

Balas

nah betul kata mas rawins... sama - sama ayam utuh di panggang

Balas

hahaha... mendingan coba buat sendiri mbak May ehheeh... kasihan hapenya

Balas

Iya mas pas buat dipanggang...

kebetulan pas papae libur di kampung juga ya mas ehheeh..

Balas

pembunuhan yang menyenangkan ya mas...

itu dari semen tahan api awet mas kalau ndak di pukul pakae palu hehehe, semen yang untuk peleburan biji timah....itu tuh.. hehehe

Balas

untuk mengisi kekosongan saja dan kebetulan anaknya ingin belajar cara bakar ayam, ya kebetulan ndak usah beli hehehe

Balas

Jadi ngiler mas kalau lihat foto ayam kampung bakarnya :)

Balas

waduh mang, ngabibita bae yeuh mamang mah hehe...

Balas

silahkan dicicipi mas... heheh

Balas

hehe pados langkung ponyo tuangna kang ehhehe..

Balas

mau dong mas dicicipi, pasti udah habis yaah ? hehehe

Balas

karena acara adat itu mensyaratkan bekakak, orang jadi salah kaprah menyebut acaranya sebagai bekakak. mungkin hampir sama dengan orang menyebut air mineral sebagai akua

Balas

disini mah jarang yang bikin pake semen. cukup bata ditumpuk doang...

Balas

sepertinya begitu mas... seperti menyebut pembalut wanita dengan menyebutnya softex... hehehehe

Balas

wah lebih cepet pembuatannya ya mas... tapi di tempat saya juga ada yang pakai bata ditumpuk dan direkatkan pakai adukan tanah campur sekam..

Balas

udah abis sob... begitu mateng diserbu keluarga hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger