logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Memilih pot untuk tanaman anggrek

Memilih pot untuk tanaman anggrek

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes.. Meskipun mamang bukan ahli dalam menanam bunga, khususnya bunga anggrek, tapi ini sekedar berbagi pengalaman saja, sesuai yang telah mamang coba dan praktekan terutama dalam pemilihan pot. Karena pot untuk tempat tanam memiliki peranan yang penting bagi tanaman itu sendiri. Pot sebagai  penampung media tanam serta penyangga tanaman. 

Untuk tanaman anggrek pot juga berfungsi untuk melekatnya akar-akar tanaman, hal ini karena akar anggrek selain berfungsi untuk menyerap makanan, juga berfungsi sebagai nafas.

Memilih pot untuk tanaman anggrek
Pot hasil kreasi dan buatan sendiri, ditempel menggunakan pisher dan baut sekrup
 Pot ini tidak seimbang dengan pohon anggrek yang pohonnya sudah mulai banyak sampai akarnya nempel di dinding rumah, perlu diganti, entah potnya atau pengurangan pohon anggreknya


Untuk pemilihan pot yang tepat akan memberikan pertumbuhan pada tanaman anggrek yang baik. Pemilihan pot  untuk tanaman anggrek bukan berdasarkan keindahan dari pot atau harga yang mahal. Lebih perlu dipertimbangkan faktor bahan pot, lubang pembuangan air pada waktu penyiraman



Ini pot yang pernah mamang gunakan   untuk menanam anggrek.

Pot Tanah Liat
Pot tanah liat merupakan pot yang sangat baik untuk menanam anggrek. Akar anggrek dapat melekat dengan kuat pada permukaanya. Dapat menyerap air dan pupuk, kelembaban selalu terjaga. Pot ini juga dapat meredam cahaya matahari. Tanaman tidak mudah roboh terkena hembusan angin. 

Pot Plastik  
Pot jenis ini kurang baik karena akar anggrek tidak bisa melekat kuat pada permukaan pot. Tanaman mudah roboh. Pot tidak bisa menyerap air, sehingga kelembaban tidak terjaga dengan baik. Nah solusinya apabila sobat tetap ingin menggunakan pot plastik untuk menanam anggrek dewasa, harus dibuatkan lubang tambahan disamping dibuat bolong - bolong. Gunanya untuk memperbaiki aerasi udara, sehingga dapat menurunkan temperatur dalam pot.

 Pot Semen

Tapi Mamang ndak menggunakan pot tanah liat  atau pot plastik, ya coba – coba dengan kreasi sendiri dan pot buatan sendiri dari semen, seperti pada gambar diatas potnya ditempel pada tembok rumah dengan menggunakan pisher dan skrup... keren kan... heheheh,

Tapi mamang pernah melihat menanam anggrek yang ditempel pada pohon atau batang pohon yang sudah mati dengan menggunakan sabut kelapa... tapi belum pernah mamang coba hehehe...

selamat mencoba..




Anggrek Mang di bawah pohon anggur - Memilih pot untuk tanaman anggrek


 Media pot ini juga terbuat dari semen, hasil kreasi dan buatan seniri

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

19 komentar

Ternyata untuk menanam tanaman anggrek tidak boleh asal-asalan ya pak dalam hal memilih pot nya. Sehingga tidak hanya terlihat bagus tanaman nya, tapi juga tanaman tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Nice sharing :)

Balas

kenapa ga dicoba pake potelot, mang..

Balas

mamang keren ya, anggrekya bisa cantik gitu, pasti yang ngerawat telaten banget...

saya suka banget bunga anggrek, tapi nggak suka nanamnya, susah Mang...mati terus

Balas

betul sekali, perlakuan kepada tanaman juga harus seperti pada kekasih, dengan hati dan perasaan hehehe

Balas

tip merawat harus dengan hati danperasaan mbak, tak terkecuali merawat anggrek juga ehhehee...

tanaman anggrek kan, tanaman paling manja, ndak suka air berlebih, ndak suka panas berlebih.. penyiraman cukup seminggu duakali, dan memerlukan 1/3 dari sinar matahari ( jangan kena terik matahari sepanjang hari) itu menurut saya, ndak tau menurut pakar anggrek hehehe

Balas

kalo langsung ditancap ditanah kira2 bisa gak mang? ^_^

Balas

potelot apa mas... baru denger hehehe

Balas

kalau ditanah ndak mau sob, anggrek ini ndak suka tanah, tapi arang, dan batang pohon baru suka

Balas

aku punya banyak anggrek dirumah Pak naruhnya malah pake sabuk kelapa bukan pake pot

Balas

wah mamang pecinta tanaman anggrek juga yah, saya kemaren beli anggrek sebulan lebih mati mang, apa salah merawatnya yah...

Balas

siap siap kang kalau sempet saya mampir yeuh....tolong siapkan beberapa bunga yang ada disituh....karungin ya kang.

Balas

wah, malah pakai sabut kelapa lebih alami, pasti digantung ya, atau bagai mana

Balas

hehehe buat iseng saja mas, daripada bengong dirumah, kalau saya awalnya ndak beli, tapi minta di tetangga tiga tahun yang lalu, eh anggrek punya tetangga mati setelah berbunga satu kali

Balas

hahahah, gawat nih, tapi ndak apa ding, tukeran sama ubi kan hehehe

Balas

pensil, mang
haha

Balas

bi yono juga cantik
padahal ngurusnya ga telaten ditinggalin mulu, haha

Balas

tuker ubiii
sama klepoon

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger