logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Keutamaan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja

Assalamu'alaikum..... Sampurasun .... Rampes.. 

Mang Yono   Masih seputar kuli atau pekerjaan mamang yang selama tujuh belas tahun hidup dan mengais rezeki di proyek sebagai kuli atau istilahnya pekerja kasar. 

Setelah kemarin nulis tentang Seorang Kuli Bangunan Dan Keluarga, tapi hatinya tetap lembut .. hehehe. 

Di suatu Proyek atau pekerjaan. Keselamatan dan Kesehatan Kerja  merupakan masalah yang kompleks dan sangat di harapkan bagi semua pekerja termasuk Mamang dan rekan – rekan sejawat dan seperjuangan. Kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja umumnya disebabkan oleh factor manajemen,disamping factor manusia dan teknis serta nasib itu menurut mamang tidak tahu menurut sobat – sabit yang master dibidang ini. 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja bertujuan mencegah , menghindari, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja atau istilah kerennya zero accident.

Keutamaan keselamatan dan kesehatan dalam bekerjaLalu bagaimana dengan proses pelaksanaan bangunan kostruksi itu sendiri. Bagaimana mendapatkan bahwa proyek berjalan dengan lancar tanpa hambatan  atau timbul kecelakaan kerja, apalagi sampai jatuh korban jiwa yang tentunya tidak diinginkan bagi semua pekerja termasuk saya dan rekan - rekan... betul Tidak?.

Ada sebagian orang atau perusahaan yang beranggapan “ kalau itu, sesajinya  harus kuat dan dianggarkan!”

Apa betul atau tidak seperti itu?. Mau diakui atau tidak, mau dilaksanakan atau tidak, yang terjadi adalah memang kebanyakan seperti itu..iya kan?, hayo ngaku .... hehehe. Jadi harus ada sesajinya!. Ada saudara yang kebetulan terlibat proyek danau Bili – bili, Makasar, Sulawesi, menangani satu segment pada proyek tersebut . Beliau mengatakan bahwa sesaji potong kambing telah dilakukannya , bahkan tahlilan segala. Biayanya ? Itu sudah masuk anggaran proyeknya. Itu sudah biasa di lakukan, istilahnya sebagai tolak bala katanya. Hebat khan... Yono khan .. Mamang Khan.. hehehe. Ini sungguh-sungguh terjadi dan didengar sendiri, karena saya waktu itu tidak ikut proyek tersebut. Tapi apakah yang dilakukan itu menjamin bebas kecelakaan?, Nggak juga kan, saya dengar ada juga yang celaka meskipun tidak sampai meninggal.

Jadi sebenarnya yang bertanggung jawab pada keselamatan pekerja itu siapa sih kalau berkaitan dengan keselamatan kerja di proyek. kontraktornya atau owner-nya, Engineer-nya. Saya kira hal ini masih belum baku, khususnya di Indonesia....  Betul tidak ? Bahkan saya juga tidak tau ... hehehe.

Bila bekerja di ketinggian perlu memakai safety belt itu  merupakan tolok ukur bahwa mereka concern terhadap keselamatan, tapi lagi kalau orang bodoh akan berkata “yang pakai safety belt itu, penakut !”

Nah kalau pas ada kecelakaan, “Itu sudah nasibnya. Lagi apes !”. Itu khan yang sering kita dengar berkaitan dengan kejadian tersebut... Betul Tidak?

Sebenarnyakalau menurut saya sendiri yang berkaitan dengan kejadian tentang kecelakaan kerja, banyak terjadi. Biasanya pihak kontraktor memberi santunan kepada keluarga, lalu diberi embel-embel dengan kata-kata di atas “Itu sudah nasibnya. Lagi apes !”, ya sudah selesai mau gimana lagi coba?.

Jadi penerapan keselamatan kerja bagi pelaksana konstruksi di lapangan masih menjadi sesuatu yang jarang di praktekan atau dilakukan. Jadi keselamatan kerja itu tidak hanya bagaimana menyiapkan sesaji, tahlilan, kenduri atau sebagainya , tetapi itu suatu disiplin kerja dan harus mengikuti prosedur yang ketat.... Betul Tidak?.

Jadi menurut saya pribadi untuk mendapatkan keselamatan kerja di proyek tersebut perlu dibikin sistem dan ada yang bertanggung jawab terhadap sistem tersebut yaitu safety manager. Bahkan bila ada yang tidak mentaati sistem tersebut ada sangsi, yang bertahap tergantung dari tingkat kesalahan yang ditimbulkannya, bahkan kalau perlu Pemutusan Hubungan Kerja. Hebat khan saya ... eheheh. 


Ini Sebagai langkah dalam mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bertujuan mencegah , menghindari, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja atau istilah zero accident dan mengupayakan kontraktor dapat memperoleh pendidikan dan pelatihan agar dalam pengerjaan Konstruksi lebih mengedepankan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

 
Semoga bermanfaat.... Selamat Bekerja...!!!

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

37 komentar

berhati-hati dalam bekerja adalah suatu keharusan demi kelancaran dlm bekerja. semangat mang...sukses selalu

Balas

Setuju Mbak,... biar lambat asal cepet selesai dan selamat pekerjaannya hehehe... semangat 45 mbak... selamat bekerja

Balas

jaman modern begini masih ada saja yang percaya sama sesaji ya mang hehe...

Balas

mungkin karena ada anggarannya mas... heheeh.. padahal anggarannya itu dipakai buat kesejahtraan karyawan saja ya, kan lebih bagus hehehe

Balas

apalagi bagian scaffolding mang,,,,, wajib tu pake safety belt biar aman,,,,

Balas

Betul sekali Mbak Maya... itu termasuk pekerjaan ketinggian ya...

Balas

Mang, saya kepuntal-puntal ngikutin blognya, dinamis dan kenceng banget tulis menulisnya

Balas

Kerja semangat,
pulang selamat,
bayaran nggak telat,

hehehe...

Balas

semangat sekali sih mang nulisnya

Balas

mumpung ada orang yang mau bantu nulis, saya suruh nulis di belog saya saja eheheh... biasanya kan saya kalau nulis postingan sedikit mas, paling 5 baris hehehe

Balas

terus beliin makanan yang nikmat... nikmat.. ya mas ehheeh

Balas

apalagi maunya sehari 3 kali, mbak ehheeh

Balas

walah kalo kayak gini ane inget area banguna yang lagi di bangun di daerah ane.. dimna ada kuli pasti ada jaminan kesehatannya sperti gini "pekerja disini sudah dilindungi j*******" hehhee

Balas

wah enak dong mas , kalau sudah dilindungi , tingal semangat kerjanya saja di tambah hehehe

Balas

bener tuch mas
yang utama itu keselamatan dalam bekerja

selamat bekerja
:)

Balas

WS juga setuju pisan dan banget

Balas

bagaimanapun juga kita musti percaya keberadaan tetangga sebelah yang ga keliatan. masuk rukun iman juga kan..?

Balas

keren atuh
blogger pun punya sekretaris. bagi bagi atuh, mang...

Balas

termasuk perlindungan dari kecelakaan saat ngerjain anak gadis orang kan mang..?

Balas

yg pasti yg punya proyek hrus mnyediakan keamanan yg lengkap. JANGAN MAIN2, ini nyawa orang masalahnya...
mnurutku sih gitu,,,

Balas

Betul kan, keselamatan dan kesehatan serta upah yang tepat waktu.

Balas

Haha kalau yang itu, kecelakaan nya bikin masuk angin dan perut kembung mas, kalau ndak digerebek hansip hehe

Balas

Betul sekali, dan bertanggung jawab ya sob.

Balas

betul itu mang, saya sepakat dengan artikel diatas. keselamatan dalam bekerja memang sebuah prioritas utama. Gaji besar kalau nggak selamat, juga sama aja boong :D

Balas

tahun 2014 nanti pabrik tempat kerja ayah zaki katanya mencapai target zero accident...
makanya slogan yang digembar-gemborkan...do safely or do not
atau...safety is my choice working safely is my lifestyle...semoga tercapai, aamiin

Balas

takdir itu bisa disiasati, keselamatan dan keamanan itu ada ikhtiarnya ;)

Balas

Hmm setiapp pekerjaan memang mengandung resiko ya, baik kerja ringan sampai yang berat juga sama ada resikonya. Oleh karena itu kita musti di tuntut hati-hati dalam setiap pekerjaan. Biar lambat asal selamat. Tapi kalo kerjanya lambat nanti bosnya marah lo. heheheh

Balas

gaji besar dan sakit sakitan percuma ya mbak... mendingan selamat dan kesehatan terjaga tambah lagi gaji besar... damai rasanya hehe

Balas

wah hebat tuh tempat kerja ayahnya zaki... kalau do safely or do not
..safety is my choice working safely is my lifestyle artinya apa mbak...

kalau selogan waktu kerja di chevron ... KERJAKAN DENGAN SELAMAT APABILA TIDAK SELAMAT JANGAN DIKERJAKAN...

mungkin bahasa inggris di atas mirip -mirip begitu ya mbak... hehehe

Balas

betul sekali bunda mawar merah... saya setuju..

Balas

ya sob sebelum bekerja kita harus pikirkan dahulu apakah pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dengan selamat seperti selogan salah satu perusahaan
KERJAKAN DENGAN SELAMAT APABILA TIDAK SELAMAT JANGAN DIKERJAKAN...
kalau ada kecelakaan atau insiden salah satu kontraktor maka kontraktor tersebut diberi sangsi pekerjaannya di berhentikan sementara...

Balas

Setuju deh dengan postingan diatas..
Utamakan sefety dalam setiap pekerjaan... :)

Balas

Banyak kecelakaan yang terjadi terutama di proyek dan pabrik, memang mengutamakan keselamatan lebih penting dari apapun, semoga bisa lebih berhati-hati dalam bekerja.

Balas

Keselamatan memang harus menjadi nomer satu saat bekerja :)

Balas

Hade euy,
iya dong MAng yono hebat :D

Balas

Keselamatan memang menjadi nomer 1dalam dunia kerja gan :D

Balas

yang terprnting buat saya iyalah, BERANGKAT SELAMAT, PULANG SELAMAT mang, dengan demikian kita akan senantiasa berhati-hati dalam bekerja, karena keluarga menunggu kita dirumah

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger