Proyek Pulau Topang, Riau - Cara Peleburan Timah

Proyek Pulau Topang, Riau - Cara Peleburan Timah

Sampurasun.... Rampes... Pagi – pagi dapat kabar dari temen – temen Mamang yang kerja di Riau, katanya dia sudah sampai ke lokasi proyek dengan nyebrang ke pulau kecil yaitu Pulau Topang yang luasnya sekitar 3.500 hektare. 



Pulau ini terletak di garis batas antara Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau katanya sih pulau topang ini akan dijadikan sebagai daerah industri masa depan di Kabupaten Kepulauan Meranti.


Seperti ini gambarnya yang di buat di proyek Pulau Topang:
Proyek Pulau Topang, Riau - Cara Peleburan Timah

Terus temen saya bilang

“ waduh mang, disini sinyal internet susah, tidak bisa pesbukan dan BBM-an”
Dalam hati saya

“ Untung saya gagal berangkat kuli ke pulau Topang....  hehehe”.

Nah di Pulau Topang ini kru dari Perusahaan mau membuat Dapur peleburan, sepertinya peleburan Timah dan mamang sempet melihat gambarnya bahkan sempet mempelajarinya. 



Dan ini Persamaan pembuatan dapur/tungku peleburan Timah di PT. Donna Kembara Jaya , Bangka, yaitu TIMAH PUTIH waktu itu peleburannya cukup besar 1 Tungku  kapasitas 10 Ton dan ini ada 4 Tungku.... ckckc keren ya?

Poto dok. Mang Yono



Kebayang kalau dapur peleburan ini buat oven ubi... hehehe


Peleburan Timah kalau yang saya ketahui, yaitu melebur pasir Timah untuk di jadikan timah balok atau Timah batangan,  kira – kira berat per Batangnya 25 Kg.


Untuk proses peleburannya ada trik – trik tersendiri, supaya yang didapatkan timahnya dengan hasil yang maksimal dengan campuran batu bara dan bahan – bahan lain.. * Rahasiah Perusahaan nih ... Hehehe.


Mungkin sobat sudah pada tahu kan cara melebur timah tradisional, untuk pembuatan pemberat pancing eheheh. Nah prosesnya ndak jauh beda dengan itu, kalau penasaran pengen praktek dan sedikit lupa ... Yuk kita coba ingat – ingat bareng Mang Yono, tentang peleburan timah secara tradisional :

Nich mamang kasih cara tradisional yang biasa saya gunakan untuk pembuatan Timah pancing, biasanya model ini adalah timah hitam.
 

Siapkan Bahan & alat yang diperlukan:
 

( i ) Kaleng susu bekas atau pakai sendok juga bisa hehehe
( ii )  Lidi
( iii )  Daun pisang
( iv )  Ember diisi air.
 
(i) Pertama masukan timah kedalam kaleng bekas susu atau sendok, trus letakan diatas api, paling2 tidak sampe 5 - 10 menit timah sudah meleleh.

(ii)Saat timah dijerang diatas api siapkan cetakan berupa daun pisang yg digulung membentuk kerucut, trus letakan di pasir atau tanah dengan posisi tegak dan tidak goyang, masukan lidi ketengah kerucut daun pisang tersebut, nantinya ini untuk lubang timah, kalau bisa siapkan beberapa buah kerucut daun pisang, lidi , dan botol bekas untuk cetakan timah. jadi saat timah sudah mencair bisa langsung dicetak beberapa timah pancing sekaligus. saat dituang kedalam cetakan pegang ujung lidih agar lubang timah benar - benar berada tepat ditengah, setelah selesai diamkan beberapa saat, trus ceburin timah tersebut beserta cetakan daun pisangnya kedalam ember berisi air, setelah dingin cabut lidi perlahan-lahan...jadi dech timah model kerucut.

Jangan diketawain yach emang itu pernah saya lakukan. 



Itulah Proyek pulau Topang Riau

 

Nah untuk yang mau lihat Vidio Youtube-nya Klik Disini
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar