Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

Sampurasun ... Rampes..


Hari kemarin Saya ngantuk berat gara-gara semalam saya lembur dan ngobrol sampai larut , tapi tidak cuma malam itu saja sih sudah hampir 1 minggu pekerjaan numpuk, gara – gara siangnya buat belajar utak atik belog dan blogwalking ... hahaha. 


Kerja bener-bener jadi tidak semangat gara-gara ngantuk, mau coba tiduran sebentar,  nanti malah kena semprot bos besar... hehehe.  Masa di tempat kerja tidur, apa jadinya kalau dilihat sama rekan - rekan seperjuangan, kan malu nanti malah ada kejadian seperti dulu terulang kembali hehehe. 

   
Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

Untuk menghilangkan rasa kantuk saya nyalakan komputer, bukan dinyalakan pakai api... haha nanti gawat deh hehehe. Tapi apa yang terjadi coba? Setelah saya nyalakan tuh kompi tetep saja rasa kantuk ini datang, padahal sudah cuci muka, bikin kopi meskipun tanpa rokok hehehe. Saya coba buka akun Fesbuk saya  dan like setatus yang nongol di beranda tetep saja rasa kantuk ini datang, sampai - sampai saya ketiduran juga selama 10 menit ... hahahah, dan terbangun dengan berderingnya suara  telepon di meja saya, dengan gelagapan tuh telepon saya angkat dan menerima telepon tanpa mikir hehehe, entah apa yang ditanyakan si penelepon dan entah apa pula yang di jawab saya, ya sudah hiraukan saja tentang telepon itu hehehe.

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk
Rasa kantuk sudah hilang, sa'atnya kerja sambil blogwalking hehehe

Rasa kantuk saya sudah hilang entah kemana, berkat tidur sejenak padahal cuma sepuluh menit.

Ternyata tips untuk menghilangkan rasa kantuk. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya:

Cara pertama, Tariklah napas dalam dan pelan melalui hidung, tahan sebentar, kemudian lepaskan napas pelan melalui mulut, tapi jangan arahkan ke muka orang lain ya, apalagi yang habis makan pete dan jengkol ... hehehe. Cara pernapasan  ini bisa diulangi dengan 3 kali.

Cara ke Dua, ini kebalikan dari cara nomor satu yaitu, menarik napas dalam dan pelan lewat mulut, kemudian lepaskan napas pelan lewat hidung. Lakukan pernapasan ini sebanyak 3 kali.

Cara ke Tiga, Menarik napas lewat hidung secara dalam dan pelan, kemudian lepaskan napas lewat hidung pelan. Lakukan pernapasan ini 3 kali.

Cara ke Empat, bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak di sekitar anda, karena katanya menurut penelitian yang dapat dipercaya, bahwa berjalan-jalan bisa mengurangi rasa kantuk. karena dengan berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Cara ke Lima, mengobrol, tapi jangan kelamaan mengobrolnya nanti malah kena semprot Bos besar hehehehe.

Cara ke Enam, pilih cemilan

Cara ke Tujuh, bikin ruang kerja lebih terang, Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu rasa kantuk.
Cara ke Delapan, Perbanyak minum air, Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

Dan apabila kedelapan cara diatas sudah dilakukan dan tidak berhasil juga, cara yang terakhir yaitu “Tidur sejenak” entah 10 menit, 1jam. Atau ber jam – jam bila memungkinkan hehehehe. Seperti yang saya lakukan tanpa sengaja tadi hehehe.


Akhirnya rasa kantuk saya hilang, dan saya bisa melanjutkan pekerjaan yang menumpuk *gaya hehehe. Sebenernya cara di atas tersebut saya lakukan dengan cara tidak disengaja. Setelah yang dilakukan saya berhasil baru saya mikir, tadi malah tidak kepikiran hehehe. Setelah bisa mikir saya baru googling ke mbah Google eheheh, dan ternyata cara – cara yang dilakukan saya itu betul juga dapat menghilangkan rasa kantuk.
Nah untuk sobat – sabit bisa mencobanya cara – cara diatas heheeh.... Apa, sobat- sabit sudah duluan memakai cara ini dan saya ketinggalan berita?.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar