logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

Sampurasun ... Rampes..


Hari kemarin Saya ngantuk berat gara-gara semalam saya lembur dan ngobrol sampai larut , tapi tidak cuma malam itu saja sih sudah hampir 1 minggu pekerjaan numpuk, gara – gara siangnya buat belajar utak atik belog dan blogwalking ... hahaha. 


Kerja bener-bener jadi tidak semangat gara-gara ngantuk, mau coba tiduran sebentar,  nanti malah kena semprot bos besar... hehehe.  Masa di tempat kerja tidur, apa jadinya kalau dilihat sama rekan - rekan seperjuangan, kan malu nanti malah ada kejadian seperti dulu terulang kembali hehehe. 

   
Tips dan Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

Untuk menghilangkan rasa kantuk saya nyalakan komputer, bukan dinyalakan pakai api... haha nanti gawat deh hehehe. Tapi apa yang terjadi coba? Setelah saya nyalakan tuh kompi tetep saja rasa kantuk ini datang, padahal sudah cuci muka, bikin kopi meskipun tanpa rokok hehehe. Saya coba buka akun Fesbuk saya  dan like setatus yang nongol di beranda tetep saja rasa kantuk ini datang, sampai - sampai saya ketiduran juga selama 10 menit ... hahahah, dan terbangun dengan berderingnya suara  telepon di meja saya, dengan gelagapan tuh telepon saya angkat dan menerima telepon tanpa mikir hehehe, entah apa yang ditanyakan si penelepon dan entah apa pula yang di jawab saya, ya sudah hiraukan saja tentang telepon itu hehehe.

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk
Rasa kantuk sudah hilang, sa'atnya kerja sambil blogwalking hehehe

Rasa kantuk saya sudah hilang entah kemana, berkat tidur sejenak padahal cuma sepuluh menit.

Ternyata tips untuk menghilangkan rasa kantuk. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, diantaranya:

Cara pertama, Tariklah napas dalam dan pelan melalui hidung, tahan sebentar, kemudian lepaskan napas pelan melalui mulut, tapi jangan arahkan ke muka orang lain ya, apalagi yang habis makan pete dan jengkol ... hehehe. Cara pernapasan  ini bisa diulangi dengan 3 kali.

Cara ke Dua, ini kebalikan dari cara nomor satu yaitu, menarik napas dalam dan pelan lewat mulut, kemudian lepaskan napas pelan lewat hidung. Lakukan pernapasan ini sebanyak 3 kali.

Cara ke Tiga, Menarik napas lewat hidung secara dalam dan pelan, kemudian lepaskan napas lewat hidung pelan. Lakukan pernapasan ini 3 kali.

Cara ke Empat, bangun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak di sekitar anda, karena katanya menurut penelitian yang dapat dipercaya, bahwa berjalan-jalan bisa mengurangi rasa kantuk. karena dengan berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah Anda ke otak dan otot.

Cara ke Lima, mengobrol, tapi jangan kelamaan mengobrolnya nanti malah kena semprot Bos besar hehehehe.

Cara ke Enam, pilih cemilan

Cara ke Tujuh, bikin ruang kerja lebih terang, Lingkungan dengan pencahayaan redup memicu rasa kantuk.
Cara ke Delapan, Perbanyak minum air, Pastikan Anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

Dan apabila kedelapan cara diatas sudah dilakukan dan tidak berhasil juga, cara yang terakhir yaitu “Tidur sejenak” entah 10 menit, 1jam. Atau ber jam – jam bila memungkinkan hehehehe. Seperti yang saya lakukan tanpa sengaja tadi hehehe.


Akhirnya rasa kantuk saya hilang, dan saya bisa melanjutkan pekerjaan yang menumpuk *gaya hehehe. Sebenernya cara di atas tersebut saya lakukan dengan cara tidak disengaja. Setelah yang dilakukan saya berhasil baru saya mikir, tadi malah tidak kepikiran hehehe. Setelah bisa mikir saya baru googling ke mbah Google eheheh, dan ternyata cara – cara yang dilakukan saya itu betul juga dapat menghilangkan rasa kantuk.
Nah untuk sobat – sabit bisa mencobanya cara – cara diatas heheeh.... Apa, sobat- sabit sudah duluan memakai cara ini dan saya ketinggalan berita?.




Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

53 komentar

cara ke sembilan : Tarik nafas dan jangan dikeluarkan kembali.

Balas

Boleh juga mang tipsnya, nanti saya pakai tips ini waktu jam kuliah saya, semoga aja gak disemprot dosen wkwk

Balas

kalo saya sih .. kalo udah nguantuk berat ya udah, tidur aja, hehehe ... kalo ngantuk ringan masih bisa dicegah mang

Balas

cara kesepuluh : tarik nafas dalam2 dari mulut, terus keluarinnya lewat belakang mang :D

Balas

sudah ah mang jangan sedih gitu didepan monitor, cewek memang seperti itu mang, udah cari yang lain aja mang, jangan coba2 mimik baigon lho mang, bener lho.

Balas

tambah satu lagi mang.. buat kebakaran, biar pada kaget...

Balas

kalau saya pilih tips yang terakhir mang, yaitu dengan tidur lama, hehehehe, thks mang atas infonya

Balas

tarik nafas dari hidung, jangan di kluarkan lewat bawah ya sob, tar malah seisi kantor pada kabur lagi hehehe

Balas

hahah apalagi abis makan ubi dan telur ya mas hehehe

Balas

boleh dipraktekan mas, tapi tidurnya jangan terlalu lama, atau pura pura ke kamar kecil saja heheeh

Balas

saya juga begitu mbak, kalau pas di proyek ,mau tidur seharian juga ndak masalah, tapi kalau pas dikantor, kan malu heheheh... tapi anehnya kalau di proyrk malah ndak bisa tidur hehehe

Balas

hahaha nanti seisi kantor pada pingsan kang ehhehe

Balas

itu sambil mikir mas kok ditinggal tidur kerjaan ndak kelar... haha cari yang lain nanti ada panci melayang hahaha

Balas

hahah nanti malah masuk tv, apalagi kantornya deket gedung indosiar mas.. nanti saya malah jadi tenar hahahah

Balas

Tapi tips itu harus lihat - lihat dulu mas, takut ada bos besar, nah kalau bos besarnya pas tidur juga, baru bisa hehehe

Balas

ngantornya di proyek aja atuh mang...

Balas

cabut bulu irung mang...
mayan tah satu bulu bisa bikin melek setengah jam
kalo sehari semalem kan bisa botak tuh idung..

Balas

saya banyak minum air putih kok tetep ngantuk mang, mungkin di siramkan ke kepala saya baru tidak terasa kantuk ya mang

Balas

Awas jangan terlalu memaksakan diri untuk menghilangkan rasa kantuk, ntar terkena penyakit insomnia. heheh

Salam kenal kakak

Balas

waduh.. saya klo udah ngantuk pake cara apapun hasilnya nol :D

Balas

Jadi ketawa sendiri baca komentar ni... :D

Balas

lah, Mamang, kebanyakan ngobrol dan begadang sih...

perbanyak minum air putih adalah cara paling efektif Mang, karena kalau ngantuk tuh dipicu asupan oksigen yang sedikit ke otak, nah minum air putih itu cara yang paling mudah menambah asupan kadar O2-nya...

Balas

wah itu pasti kena pelet tuh Mbak Yuli...hehe

Balas

manteps tipsnya mang, boleh dicoba..
nambahin satu lagi mang, tips biar ga ngantuk, bisa tidur kali yah hehe...

Balas

Kakak Yono nih jagonya ngilangin insomnia kok, coba deh tanya...

Balas

manteb, sekalian bulu ketek juga ndak Pak?

Balas

kalau temen saya malah ambil air di ember, trus kakinya direndam disitu...nyambi di depan letop...kira-kira pada setuju nggak kalau kayak gitu? kalau saya kok enggak babar blas, hilang kantuknya berganti masuk angin...

Balas

nanti kalau sudah tenar, ajak-ajak saya ya Mang...

Balas

ikut nyimak aja sob buat nambah pengetahuan,,,
follow #143 sukses,,
follow back y sob,,,,...

Balas

kakak kesehatan.. kalau saya jarang tuh sob terkena insomnia, soalnya makanan Favorit saya yaitu jengkol, sama kangkung, salam kenal kembali dedek .. hehehe...

orang sunda kan seneng lalaban jengkol sama kangkung Mbak Khusna, baik mentah atau di masak... jadi sedikit kemungkinan terkena insomnia , itu sesuai pengalaman saya heheh

Balas

harusnya pakai pentol korek mbak- mbak.... matanya di ganjel pentol korek biar ndak bisa merem eheheh

Balas

iya mbak cara itu sudah saya lakukan tapi tetep saja ini ndak bisa dibawa kompromi,..
gara - gara begadang eh paginya sarapan sama oseng - oseng kangkung heheheh

Balas

nah itu mas yang paling ampuh ehheeh

Balas

silahkan sob... disimak..

terimakasih follownya... langsung saya back follow ya...

Balas

haha... tips yang bagus - bagus nih ...

Balas

hahah ide yang bagus mas, katanya kalau kedinginan rasa kantuk hilang, perlu di coba nih... heheh

kalau masuk angin tinggal bersiul saja mbak, biar anginnya keluar hehehe... udah tau ngantuk malah mantengin letop tambah ngantuk deh eheheh

Balas

bukannya kangkung bisa menyebabkan ngantuk mang :D
kata nenek saya sih

Balas

betul sekali kang Ucup, makanya cocok tuh buat yang susah tidur atau sulit untuk tidur atau istilah kerennya insomnia, daripada minum obat kimia mendingan yang herbal eheheh

Balas

kalo gw blogging ngilangin rasa kantuk. :D
visit me back ya.

Balas

maunya sih begitu mas... atau proyeknya pindahin kekantor saja ya...

Balas

bukanya tambah ngantuk Sob... oke langsung visit ya

Balas

kalo saya ngatuk ya... dengerin lagu2 hardcore

Balas

Rasa ngantuk memang kadang datang pada saat yang tidak tepat. Oleh karena itu, mau tidak mau klita harus menghilangkan rasa kantuk tersebut. Trik dan Tips yang dijelaskan diatas bisa dijadikan panduan yang praktis untuk menghilangkan rasa kantuk. Terimakasih banyak master atas ilmunya :)

Balas

sambil jingkrak - jingkrakan ya sob...

Balas

betul sekali rasa kantuk ndak kenal waktu dan tempat,... terimakasih kunjungannya Master.

Balas

Urusan ngantuk yang paling sering saya alami dan rasakan adalah saat mendengarkan khotbah Jumat. Saat khatib Jumat naek mimbar, saya biasanya jatuh mengantuk hiehiehiehiehiehiee

Balas

sekalian anak istri diboyong
biar bisa kerja sambil keukeup... :D

Balas

ga bakalan efektif kaya bulu irung, bu
ini beneran pengalaman pribadi kok, hehe

Balas

aku kalo nyupir trus ngantuk, biasanya berenti di tempat yang banyak koralnya mang. lepas sandal lalu jalan jalan disitu. efek refleksi kali, 5 menit aja udah cukup seger lagi...

Balas

OK makasih Mang atas tipsnya. tapi ngantuk itu indah lho Mang. bisa ketiduran, abis itu ngiler. top kan

Balas

hahah betul sekali Bang... makanya saya kalau shalat Jumat sengaja deket tiang atau tembok eh malah makin mengantuk hehehe.

Balas

tapi abis itu langsung seger ya mas, apalagi langsung makan rujak asem ... seger ... seger.. hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger