Skip to main content

Imunisasi Campak Anak Balita

Imunisasi Campak Anak Balita

Sampurasun... Rampes..  Cerita mang ... Hari Jumat tanggal 11 Oktober 2013 adalah hari dimana “Gigin G ”anak Saya Imunisasi Campak , sesuai yang dijadwalkan Bu dr. Santi Gunarwati,Sp. A dokter anak dari RSIA Mutiara Hati Pagaden, 15 bulan yang lalu anak saya dilahirkan di Ruma sakit ini silahkan baca Kisah lahirnya Anak  Kecil Mamang dengan  Bu dr. Santi Gunarwati,Sp. A . dari semenjak kelahiran anak saya, jadi sering berkonsultasi dengan Bu dokter Santi G.  

Imunisasinya memang sih agak lambat di karenakan Anak mamang sakit – sakitan terus bahkan Alergi Susu Sapi juga dan boleh di imunisasi campak pada umur 1,5 tahun dan hari Jumat ini merupakan hari terakhir Imunisasi 1,5 Tahun itu.

Imunisasi campak


 Kata Bu dokter Imunisasi Campak Bertujuan mencegah penyakit campak. Bila anak sudah pernah terkena campak, tubuh akan membentuk antibodi secara alami sehingga kecil kemungkinan akan terpapar lagi. Campak hanya akan menyerang sekali seumur hidup, kalau ada yang mengatakan berulang, bisa jadi diagnosis sebelumnya kurang tepat. 

Karenanya anak yang sudah pernah terkena campak tak perlu diimunisasi lagi. Bahkan, dan biasanya untuk anak usia 6 tahun di lakukan imunisasi campak untuk yang belum pernah terkena campak  atau yang untuk belum pernah imunisasi Campak sebelumnya; kalau sudah imunisasi Campak sebelumnya atau terkena Campak maka tidak perlu diberikan.



Pada beberapa anak muncul reaksi demam atau diare. Biasanya demam ringan satu minggu setelah imunisasi dan akan hilang setelah 1—2 hari. Kadang ada juga efek kemerahan selama 3 hari, mulai hari ke-7 setelah imunisasi. Bercak kemerahan ini seperti campak tapi jauh lebih ringan. Untuk mengatasi reaksi tersebut bisa dengan banyak minum, memakai baju yang tipis atau minum obat turun panas. makanya saya minta imunisasi yang gak menimbulkan demam dan otomatis sang orang tua panik karena Derita anak adalah derita orang tua juga.



Tapi saya minta pada dokter untuk kasih Imunisasi untuk Gigin yang tidak menimbulkan demam atau efek samping.


Berhubung hari Jumat saya tidak bisa menemanin istri saya ke RS. Ciereng Subang untuk imunisasi Campak ke Bu dr. Santi Gunarwati,Sp. A, karena masih kuli di Jakarta dan hari Sabtu baru bisa pulang, tapi hari Sabtu kan sudah lewat umurnya yaitu anak saya sudah menginjak umur  1,6 Tahun. 


Nah harga untuk Imunisasi Campak yang tidak menimbulkan demam atau efek samping ini kata istri saya sekitar 100 Ribuan, kalau namanya sih mamang ndak begitu hapal hehehe... Cuma bilang saja ke dokternya, minta imunisasi yang tidak menimbulkan demam pada anak.


Memang sih imunisasi campak yang  ini agak sedikit susah, bahkan di RS. Ciereng Subang  dan RSIA Mutiara Hati  Pagaden pun tidak ada, bu dokter menyarankan ke tempat praktek Dokter  di  Jl otista (Sukamelang) Subang dengan Pak dokter Eman, dokter  sepesialis anak  , tapi  Bu dr. Santi Gunarwati,Sp. A juga praktek disini sih, cuma jadwalnya hari Sabtu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar