Jengkoleun dan menghilangkan bau jengkol

Sampurasun... Rampes...

Blog Mang Yono. Jengkolen adalah penyakit yang diakibatkan terlalu banyak entah memakan jengkol mentah atau memakan jengkol matang bareng bersama memakan jengkol mentah atau bisa juga itu mengolah jengkolnya kurang matang. Baca Orang sunda senang makan lalap, bagai mana dengan Anda?.

Agar jengkol ga mengakibatkan jengkoleun ada cara agar jengkol ga berakibat jengkoleun ini teh sudah masuk pada cara tradisional yang sudah dilakukan secara turun-temurun, yakni caranya dibuat SEPI atau jengkol di rebus dulu memakai lebu hawu ( istilah keren namah abu gosok ), langsung dicuci  sampai bersih.

Jengkoleun dan menghilangkan bau jengkol
Jengkoleun dan menghilangkan bau jengkol
 
Jengkol SEPI yakni jengkol yang dikacambahkan, dibuat dengan cara mengubur biji jengkol dalam tanah atau pasir yang dalamnya kira - kira 10 cm serta disiram tiap hari dengan air selama 14 hari atau berbulan - bulan, agar ngacambah. 



Nah, lebih bagusnya kita harus lebih hati - hati kalau sobat termasuk penggemar berat jengkol. Bisa juga memakan jengkol dengan kulitnya... Ingat memakan dengan kulitnya bukan cangkangnya hehehhe.

Apabila ingin menghilangkan bau jengkol setelah memakan jengkol ya caranya, Dengan makan coklat batangan atau meminum kecap sesendok atau dua sendok , dan harus menggosok gigi dulu hehehe
Jengkol dipohon dan masih bercangkang
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar