Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang.

Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang.

Sampurasun .... Rampes ... Setelah kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Keuntungan dan manfaat menanam Bunga, pohon atau tanaman di sekitar rumah kita.  Nah sekarang saya mau menuliskan tentang kelanjutan dari tulisan kemarin.

Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang. Karena disekitar Rumah saya banyak tanaman bunga dan pohon peneduh lainnya, maka burung – burung pun pada datang untuk bermain dan terbang dari pohon bunga yang satu ke pohon bunga yang lainnya, eit, tidak hanya itu saja sobat, burung – burung pun merasa nyaman dan tertarik untuk tinggal atau membuat sarang di pohon bunga yang rimbun dan disukainya, setelah saya lihat ternyata yang membuat sarang di pohon bunga Melati belanda itu adalah burung pipit juga, sebelumnya pernah saya jepret juga burung yang membuat sarang di kanopi Rumah saya.

Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang.
Sarang Burung Pipit di pohon Bunga Melati Belanda
disamping rumah saya

Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang. Sekarang burung pipit ada lagi yang membuat sarang di Pohon Melati Belanda yang ditanam di dekat kolam mungil samping rumah saya, setelah terbang dengan riangnya ke halaman rumah yang rindang dan berbunga mungkin burungnya merasa nyaman di daerah dekat Rumah saya, padahal rumah saya tidak terlalu sepi, setiap harinya pasti ada anak – anak termasuk anak saya juga yang bermain disekitar kolam sambil memberi makan ikan. Apalagi kalau pas musim jambu air berbuah, tuh anak – anak pada gelantungan dipohon jambu air.



Sarang burung Pipit di Bunga Melati Belanda samping Rumah
Sarang burung Pipit di Bunga Melati Belanda samping Rumah 


Lima bulan yang lalu pernah ada burung perkesit atau burung kapinis yang mirip dengan burung walet, eh sarangnya di ambil anak – anak ... #Semprul hehehe


Kalau yang satu ini saya lihat burungnya sedikit agak belang, tapi kelihatannya masih sama burung pipit juga, soalnya kelihatan dari sarangnya yang ciri – cirinya sama dengan sarang burung pipit. Tapi sayang saya tidak bisa menjepret / mempoto burung pipitnya, karena burung pipit yang ini agak sedikit penakut, meliat orang agak deket saja langsung terbang jauh tapi nanti kalau orang sudah tidak ada burung pipitnya balik lagi hehehe.
Setelah saya lihat ini sarangnya masih baru dan burungnya juga belum meneluarkan telurnya. Tetapi untuk sarang yang pertama setelah saya lihat tuh telurnya sudah mulai di erami, katanya sesuai keterangan, burung pipit mengerami telurnya selama 2 minggu atau 14 hari, dan seterusnya telur – telur yang dieraminya akan menetas.


Sarang Burung Pipit
Sarang Burung Pipit di kanopi Rumah saya

Bunga Melati Belanda sangat disukai burung Pipit untuk membuat sarang. Bunga melati Belanda selain bunganya wangi, daunnya juga sangat rimbun dan cocok untuk berteduh burung – burung, entah itu untuk berlindung diwaktu turun hujan atau pun cuaca panas.
Telur dan Sarang burung Pipit di Bunga Melati Belanda depan Rumah
Telur dan Sarang burung Pipit di Bunga Melati Belanda
di kanopi depan Rumah

Padahal saat ini bunga Melati Belanda saya tidak berbunga, tapi sang burung – burung tetap berkunjung dan membuat sarang, mudah – mudahan sarangnya tidak diambil sama anak – anak, khan kasihan tuh burungnya nanti keburu kebelet ingin nelor eh sarangnya tidak ada, terus mau nelornya dimana coba?.



Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar