Cara Merawat dan Menanam Tanaman Pandan Wangi

Sampurasun … Rampes ….      

Tanaman Pandan Wangi itu gampang – gampang susah untuk menanamnya, contohnya di kampung saya, satu RT cuma saya yang punya tanaman Pandan Wangi, memang sih menanamnya itu gampang hidup, tapi waktu musim kemarau kalau tidak disiram ya kekeringan juga hehehe. Sebelumnya Blog Mang Yono pernah membahas tentang Khasiat dan Manfaat dari daun Pandan wangi. 

 

Tanaman Pandan wangi saya ini paling disayang, soalnya susah dicari di sekitar rumah, di penjual bunga juga enggak jual tanaman pandan wangi . Padahal menurut saya tanaman pandan wangi itu penting dan banyak dibutuhkan. Biar gampang ngambil atau tambah maknyus kalau bikin kolak atau kue.

Cara Merawat dan Menanam Tanaman Pandan Wangi
Pohon Pandan Wangi di Depat Rumah saya

 


Awalnya pandan wangi saya ini bibitnya dari teman Arisan Istri saya, tapi yang menanamnya dah pasti saya dong hehehe . Pernah sih istri saya pertamanya nanam pandan wangi, tapi tidak tumbuh, terpaksa minta lagi dah hehhe. Nah ini bibit yang kedua kalinya ya.



Pandan wangi ini saya tanam dekat kolam mungil saya, biar gampang menyiramnya. Tiap hari keluarga saya menyiram tanaman ini, sengaja tidak ditanam di pot, kenapa coba?. Buat biar yang minta tidak langsung ngambil sama potnya hahaha.



Tak terasa sudah berapa tahun umur pandan wangi saya ini, dari awalnya tinggi 10 Cm, sekarang sudah hamper 3 Meter loh, sengaja dipohonnya saya temple tanaman anggrek biar makin menarik hehehe.

Daun Pandan wangi tersusun bertahap seperti sepiral


Di Pohonnya pada muncul tunas tapi sengaja saya potong tunasnya dan ditanam kembali, selain tunas pohonnya juga pada muncul akar yang menjulur ke bawah,  . Gampang kok merawat pandan ini, disiram cukup air tiap hari, tapi kalau musim hujan jangan disiram ya hehehe. Pandan wangi menyukai tempat yang cukup sinar matahari loh. 



Untuk perawatan selanjutnya, Tanaman pandan wangi ini kalau tingginya melebihi 50 Cm itu perlu penopang, agar pohon nya tidak roboh, makanya saya menggunakan tali kawat, untuk penopang yang diikatkan antara pohon pandan wangi dan pohon lainnya



Apabila daun pandan wangi menguning atau sudah tua maka kita wajib memotongnya agar terlihat rapih. Nah daun pandan wangi ini tersusun rapih seperti sepiral loh, coba saja sobat lihat sendiri hehehe.


Ternyata selain buat masak memasak, pandan ini juga bermanfaat untuk obat herbal lho. Buat lebih jelasnya bisa baca sendiri di postingan saya sebelumnya. Yuk tanam pandan di rumah kita.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar