Burung kutilang atau manuk cangkurileung

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Burung kutilang kalau didaerah Sunda disebut dengan sebutan Manuk Cangkurileung, yaitu burung kicau yang sering dibicarakan karena suarannya yang bagus dan lantang seperti Cicih Cangkurileung Maestro Jaipong dari Subang yang terkenal dengan album kasetnya seperti Top Jaipong Gadis Subang, Jaipong Ibingan Adumanis, Amplop Biru, Nikmat Duriat dan masih banyak lagi, hehehe malah ngelantur ya.

Makanan dari Burung Kutilang ini adalah buah-buahan yang lunak, tapi menyukai juga makanan serangga, ulat, belalang, capung, tidak seperti burung pipit yang suka makan padi masih hijau. Burung Kutilang sering membuat jengkel para petani karena sering melubangi buah pepaya, mangga dan pisang yang telah masak di kebun. Namun sebaliknya burung ini menguntungkan petani karena juga memangsa perbagai jenis serangga dan belalang serta ulat yang menjadi hama musuh petani.

Burung kutilang atau manuk cangkurileung
Burung kutilang atau manuk cangkurileung
Burung Kutilang memiliki kebiasaan untuk berjemur setelah mandi embun setiap pagi. Perawatan burung ini terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Kalau dialam bebas Burung Kutilang membuat sarang untuk bertelur yaitu dari ranting - ranting pohon, akar bambu, ijuk, gak pernah membuat sarang menggunakan batu bata, semen dan pasir ... #Semprul hehehe.

Telur Burung Kutilang paling banyak 4 butir, terus pengeramannya selama sekitar 14 hari, kalau tidak salah hehehe. Setelah Bertelur, Burung Kutilang betina mengerami secara bergantian dengan Burung Kutilang jantan, frekuensi dan lama waktu mengerami Burung Kutilang betina lebih panjang daripada Burung Kutilang jantan, Burung Kutilang betina akan keluar dari kandang hanya untuk sekedar makan, minum dan sedikit beristirahat, bersolek dan sedikit jalan - jalan, lalu kembali lagi ke sarang untuk menggantikan si jantan

Berikut ini cara membedakan atara Burung Kutilang Jantan dan Burung Kutilang  Betina, walau, cara ini tidak 100% benar, cara membedakan Burung Kutilang Jantan dengan Burung Kutilang betina yaitu:



Burung Kutilang Jantan:
Postur tubuhnya sedikit lebih kecil dari kutilang - kutilang yang lain.
Lebih rajin berkicau tanpa mengenal lelah
Suaranya lebih lantang dan nyaring serta merdu.
Jambul akan berdiri bila berkicau .
Suarannya tidak putus – putus.

Burung Kutilang Betina:
Postur tubuhnya sedikit lebih besar
Suarannya sedikit pelan
Jambulnya tidak berdiri ketika berkicau
Bila berkicau suarannya putus – putus.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar