Skip to main content

Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot.

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Hari Libur kemaren, saya tidak ada kegiatan selain ngeblog via Hape jadul, setelah pegel eh saya keingetan tanaman bunga Donna Carmen yang ada di Rumah Bos saya sudah beranak dengan 5 anakan, lha mendingan nanam bunga saja ah, dalam hati saya bilang begitu. Kebetulan media untuk menanamnya juga ada yaitu kompos untuk campuran media tanam, tanahnya juga ada, iya sih kalau di Jakarta ini serba susah cari tanah yang bagus dan subur, tapi kebetulan tanahnya juga sudah tersedia disini. 

Hari ini saya akan menulisnya di Blog Mang Yono tentang Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot. sebelumnya saya pernah juga menulis tentang Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema.

Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot.
Kelima Anakan Bunga Aglaonema sebelum dipisahkan dari indukannya


Ini Tanaman Aglaonema dari Thailand bernama "Siam Aurora" dengan warna daun hijau dan memiliki warna merah di tepi daun, ini bukan punya saya, tapi ini punya boss saya yang di beli langsung dari Thailand
Setelah saya menyiapkan perlengkapan Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot yaitu, Gula Kopi, Sendok atau sekop tanaman, gunting, kompos, tanah, pecahan batu - bata dan pot yang diperlukan. Ngomong – ngomong tanam – menanam saya teringat pada Bloger perempuan yang baru saya kunjungi , dia juga menanam bunga – bunga di hari libur kejepit ini, tapi sungguh terheran – heran saya dibuatnya, untuk menanam bunga media yang disiapkan yaitu Celana pendek, kaos dan sendal jepit, mungkin itu untuk menambah tanaman bungannya biar subur ya heheheh... #Semprul..

Yuk, Kita lanjut dengan Cara Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema dari Indukannya dan cara menanam dengan media pot

Pertama : Seduh tuh Gula Kopi dengan Air mendidih, ini untuk menemani menanam bunga saja, biar gak ngantuk hehehe. dan siapkan juaga Sendok atau sekop tanaman, gunting pohon.
Secangkir Kopi hangat, Sendok atau sekop tanaman, gunting pohon.

Langkah Kedua :  Siapkan Kompos atau Arang sekam padi lalu campurkan dengan media tanah dengan perbandingan 1Pupuk Kompos :2 Tanah.
Pupuk Kompos untuk media tanaman Bunga Donna Carmen / Aglaonema
Pupuk Kompos untuk media tanaman Bunga Donna Carmen / Aglaonema

Pupuk Kompos, atau Humus bisa dibeli di penjual Bunga atau pembudidaya bibit tanaman, tapi kalau mau ngirit mendingan buat Arang sekam padi saja.


Langkah Ketiga: Siapkan Media Pot yang ukurannya sedang, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Kemudian pada dasar pot letakan pecahan batu – bata, ini berpungsi untuk menyaring tanah agar tidak terkikis saat penyiraman. 


Langkah Keempat: Pisahkan dengan hati – hati anakan Bunga Donna Carmen dengan cara mendongkel dengan menggunakan sekop tanaman atau garpu tanaman, bila perlu keluarkan  tanaman indukan dan anakan dari pot , usahakan tanaman anakan yang dipisahkan harus terbawa akarnya walau sedikit.


Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema
Memisahkan Anakan Bunga Donna Carmen / Aglaonema


Langkah Kelima: Masukan media tanah yang sudah dicampur Pupuk Kompos atau arang sekam padi kira lira setengah dari tinggi pot. Terus letakan anakan Bunga Donna carmen di tengah – tengah pot, ingat jangan sampai terbalik ya, jangan bagian daun yang di bawah tapi bagian akar yang ditanam hehehe... #Semprul.
Penanaman Anakan Bunga Aglaonema sudah selesai
Penanaman Anakan Bunga Aglaonema sudah selesai

Langkah Keenam: tambahkan media Tanah yang sudah dicampur tadi pada pott kira – kira 3-5 Cm dari bibir atas pot. 

Dan ini Hasilnya kelima anakan bunga Aglaonema sudah saya pisahkan dengan selamat..
Selesai dah ... 
Dan ini Hasilnya kelima anakan bunga Donna Carmen sudah saya pisahkan dengan selamat
Kelima anakan bunga Aglaonema sudah saya pisahkan dengan selamat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar