Cara memperbanyak pohon anggur dengan stek batang indukan

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Dua minggu yang lalu, pohon anggur di rumah bos saya ditebang, karena pohonnya mengganggu tanaman yang lainnya, tapi saya mengambil batang pohon anggur yang ditebang itu. 

Rencananya saya akan semaikan atau memperbanyak dengan stek batang pohon anggur, ini merupakan pekerjaan yang baru saya lakukan, biasanya saya menyemai atau memperbanyak pohon anggur dengan stek dahan atau cabang yang kecil, kira – kira besarnya se kelingking, kalau ini besar dari pohon anggur yang akan saya semai dengan cara stek besarnya 5 – 8 Cm. 

Baca juga artikel tentang : Cara menanam atau semai Anggur dengan stek

Cara memperbanyak Pohon anggur dengan stek batang indukan


Yuk, kita simak cara menyemai pohon anggur dengan stek batang :

Ambil batang Indukan pohon anggur yang ditebang, potong kira – kira 15 - 20 Cm. Jangan lupa diberi tanda mana ujung atas mana ujung bawah, kalau tertukar kemungkinan besar gak tumbuh akar dan tunas. 

Ambil batang Indukan pohon anggur yang ditebang, potong kira – kira 15 - 20 Cm.

Siapkan media tanam berupa tanah  semua, tanpa campuran dari media lainnya tapi boleh juga menambahkan media arang sekam padi, pasir, dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1:1. 

Isi media pot dengan tanah yang sudah disiapkan, terus tancapkan

Siapkan  pot ukuran 10 Cm atau polybag untuk tempat penyemaian stek batang anggur. Isi media pot dengan tanah yang sudah disiapkan, terus tancapkan batang stek Anggur dalam media tanam tersebut secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa padatkan media tanam supaya batang stek tertanam kokoh, apabila tanah dirasa kurang, ya tambahkan lagi sampai 2 Cm dari permukaan bibir atas pot.


Letakan ditempat teduh


Siram dengan air hingga seluruh media tanam basah. Namun jangan sampai menggenang, karena akan memicu pembusukan pada batang stek. Dan letakkan semaian stek batang tersebut di tempat yang teduh jangan terkena sinar matahari. Nanti malah kering batang steknya, boleh juga menutup bagian atas batang stek anggur dengan menggunakan plastik transparan.

Dua minggu kemudian pasti stek batang anggur yang disemai akan tumbuh tunas – tunas, Apabila yang menggunakan tutup pelastik maka bukalah penutup plastik tersebut karena akan menghambat pertumbuhan mata tunas

Apabila tunas telah mencapai panjang 8 atau 10cm , maka pindahkan bibit ke tempat yang terkena sinar matahari pagi. Sampai jam 9 pagi, dan jangan terkena mata hari siang karena akan mengakibatkan kelayuan pada stek Anggur.  
Semai anggur sudah bertunas



Ternyata saya berhasil juga memperbanyak atau semai anggur dengan stek batang ini, ke sepuluh semaian anggur saya sudah bertunas di minggu ke dua ini
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar