Cara untuk mengatasi kebiasaan mengigau

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Cara untuk mengatasi atau menghilangkan kebiasaan mengigau atau bangun secara tiba - tiba / mendadak. Mengigau atau istilah kedokteran atau istilah medisnya somnambulism yaitu orang yang sedang tidur tiba-tiba berbicara sendiri, bisa juga bangun bahkan berjalan sendiri, ketawa sendiri, atau bangun secara tiba tiba dan berteriak sambil melotot, Terkadang ia bisa diajak komunikasi sebagaimana orang yang terjagaakan tetapi kalau besoknya ia ditanya tentang kejadian yang dia alami dipastikan akan lupa dan tidak akan ingat apa yang sudah dilakukan atau bicarakan di malam harinya. Baca juga Lima cara membuat anak yang baik, benar dan tepat

Menggigau biasanya pada anak usia 2 - 6 tahun, tapi orang dewasa juga bisa terjadi . Tapi kebanyakan biasanya terjadi pada anak – anak, sesuai yang pernah saya baca penyeba anak mengigau yaitu:

Cara untuk mengatasi atau menghilangkan kebiasaan mengigau atau bangun mendadak
Bangun mendadak / tiba - tiba . poto anak saya " Gigin ", tapi anak saya tidak suka mengigau atau bangun tiba - tiba

  • Dikarenakan sang anak mengalami kelelahan sebelum tidur.
  • Mengalami kejadian  yang menyeramkan sebelum tidur atau membuatnya terkesan atau terlalu gembira, nonton film seram dan horor atau melihat orang yang seram hehehe.
  • Anak sedang memendam perasaan tertentu seperti marah, jengkel, kesal atau takut.

Cara mengatasi anak yang mengigau atau bangun tiba - tiba

  • Buat sang anak merasa tenang, nyaman sebelum tidur misalnya bacakan kisah-kisah Islam, dongeng yang mendidik.
  • Ajak anak bicara dengan baik-baik sebelum tidur, apakah ada perasaan yang disimpan atau sedang takut apa yang dialaminya.
  • Jangan langsung dibangunkan kalau anak sedang menggigau, tetapi buat ia merasa tenang dulu dengan menggendong dan memeluk , mendekap kemudian mengelus-elus dengan lembuta agar sang anak tenang.
  • Tapi terkadang kebiasaan ini bisa hilang dengan sendirinya dengan bertambahnya usia sang anak .
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar