Skip to main content

Cara memindah, memisah dan menanam stek sirih merah

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Ini adalh kelanjutan dari postingan saya sebelumnya tentang Cara memperbanyak Sirih merah dengan cara merunduk. Setelah  waktu minggu pasti akar dari tanaman sirih merah yang saya rundukan akan tumbuh akar, tapi itu sesuai perkiraan saya, kalau kenyataannya saya belum tahu hehehe.

Cara memindahkan, memisahkan dari indukan dan menanam sirih merah ditanah akan saya tuliskan di artikel kali ini, untuk itu anda – andini baca sampai tuntas ya hehehe.

Cara memindah, memisah dan menanam kembali stek sirih merah

Yuk, kita lanjutkan dengan cara memindahkan,memisahkan dan menanam kembali sirih merah :

Pertama : Gunting atau  potong batang sirih merah antara tanaman sirih merah indukan dengan batang sirih merah yang dirunduk, alat untuk memotong bisa dengan gunting, pisau, cuter, silet atau alat lain yang bersih, jangan sampai alat tersebut bekas memotong / mengiris bawang, memotong terasi atau yang lainnya. Seperti Gb.1.


Gb. 1. Menggunting batang sirih merah dari batang indukan
Gb. 1. Menggunting batang sirih merah dari batang indukan


Kedua : Gali atau cungkil tanah disekitarnya, apabila tanah tersebut keras, maka terlebih dahulu melakukan penyiraman agar proses pencungkilan / penggalian sirih merah yang dirunduk gampang diambil, karena jikalau tanah tersebut keras, maka dikhawatirkan akar dari tanaman sirih yang dirunduk pada patah. Usahakan dalam pengambilan sirih merah yang akan dipindahkan ada sedikit tanah yang menempel pada akar tanaman sirih tersebut. Seperti Gb. 2.


Gb. 2. Menggali stek dari rundukan Sirih Merah
Gb. 2. Menggali stek dari rundukan Sirih Merah


Ketiga : Pilih tempat yang diinginkan untuk penanaman sirih merah, kalau saya melakukan penanaman di sekitar kolam mungil saya. Nah, sirih merah ini menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari penuh, maka untuk menanam sirih merah harus ditempat teduh, boleh dibawah pohon atau dibawah naungan yang lain atau boleh juga ditanam di media pot, agar mudah memindahkan apabila tempat tersebut terkena sinar matahari penuh. Lubang untuk menanam sirih Merah ini tidak usah dalam dan besar kira – kira 10 x 10 Cm juga sudah cukup. Seperti Gb. 3.


Gb. 3. Menanam kembali stek Sirih Merah
Gb. 3. Menanam kembali stek Sirih Merah


Keempat : Letakan stek Sirih Merah pada galian yang sudah dibuat tadi, timbun dengan tanah bekas galian tadi, usahakan akar dari stek Sirih Merah semuanya tertutup tanah. Seperti Gb . 4 .


Gb. 4. Proses penanaman stek Sirih Merah
Gb. 4. Proses penanaman stek Sirih Merah


Kelima : Siram tanaman Sirih Merah baru tersebut, meskipun tanahnya masih basah, karena tujuan dari penyiraman ini yaitu untuk memadatkan celah tanah, siapa tau tanah timbunannya ada celah ke akar stek Sirih Merah tersebut, selanjutnya penyiraman dapat dilakukan 3 hari sekali, atau melihat kondisi tanah, apabila tanah masih basah, ya jangan disiram lagi apalagi nyiramnya pas hujan – hujan sambil bawa payung hehehe. Seperti Gb. 5.


Gb. 5. Penyiraman Sirih Merah setelah penanaman
Gb. 5. Penyiraman Sirih Merah setelah penanaman


Selamat mencoba ..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar