Kolecer sebagai pengusir burung Pipit di sawah

Sampurasun .. Rampes ..

Blog Mang Yono. Kalau Anda – andini mungkin ada yang belum tahu tentang Kolecer ( bahasa sunda ), tapi kalau sudah berkunjung ke Subang Jawa Barat, Pasti deh tahu hehehe.

Kolecer ( bahasa sunda ) merupakan sebuah mainan atau alat yang berupa kincir angin, baling-baling terbuat dari kayu jati dan ditopang oleh bambu. Untuk memutarkan Kolecer dengan maksimal dibutuhkan angin yang besar, sehingga terkadang bunyi dari putara tersebut bagaikan deru mesin pesawat terbang, ramainya kolecer tergantung cuaca atau musim yang mendukung. 

Silahkan Baca juga :  Liburan Ke Sawah Wisata Murah Meriah

 

Kolecer sebagai pengusir burung Pipit di sawah
Kolecer dipanjer di petak sawah. Poto by Mang Yono

Banyak warga di daerah subang yang memasang kolecer di sawah, pekarangan rumah. Apabila angin sedang besar maka terdengar gemuruh dari baling-baling tersebu. Ukuran baling-baling sekitar 1 meter hingga lebih dari 6 meter. Berbicara mengenai kincir angin tradisional. Kalau Negara Belanda terkenal dengan kincir anginnya sehingga mendapat julukan negeri kicir angin. Maka dengan banyaknya kolecer yang tersebar di Kabupaten Subang, sudah sepantasnya Subang juga dijuluki “Subang Kota Kolecer”.

Silahkan Baca juga : Tips Berlibur Dan Wisata Ke Sawah
Tetapi seiring dengan perkembangan zaman sampai saat ini, mainan tradisional tersebut sudah mulai tergerus arus modernisasi, kolecer yang ada sekarang tidak banyak atau sudah tidak lagi ramai seperti tahun-tahun pas saya masih kecil. Semoga saja kolecer  tetap ada menjadi salah satu warisan budaya kita, bila perlu dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata yang menyenangkan dengan membangun desa kolecer yang tentunya akan membantu masyarakat setempat.

Bagi para petani, Kolecer akan sangat bermanfaat digunakan saat padi mulai menguning. Kolecer – kolecer tersebut digunakan sebagai pengusir burung pipit. Biasanya kolecer tersebut dipasang atau dipanjer di petakan sawah, satu petak sawah memerlukan satu kolecer, jadi kalau 20 petak sawah  memerlukan 20 Kolecer hehehe.

Nah untuk cara membuat kolecer silahkan baca dipostingan selanjutnya tentang Cara membuat Kolecer dari bambu atau kayu

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar