Skip to main content

Cara membentuk bonsai serut bagi pemula

Sampurasun ... Rampes ..

Blog Mang Yono. POHON SERUT (Streblus asper) sekarang lebih dikenal sebagai salah satu favorit pohon bonsai, termasuk saya yang ingin mencoba membentuk bonsai serut, meskipun katanya bonsai itu tanaman yang dikerdilkan yang ditanam di pot dangkal. Saya menanam pohon serut ini sebagai percobaan saja, apakah saya bisa membuat bonsai atau malah tidak tumbuh sama sekali, makanya saya tanam di pot sampai tumbuh tunas dan memindahkan ke tanah langsung.

Pohon serut  bentuk batang dan daun yang eksotik menyebabkan bonsai Pohon Serut banyak diburu orang. Selain itu konon kabarnya pohon Serut ini mempunyai aura dingin yang bermanfaat untuk menangkal santet atau teluh yang mempunyai aura panas. Mengenai hal gaib ini memang secara ilmiah belum ada yang meneliti kebenarannya, tetapi secara supranatural ada orang yang menyakini kebenarannya. 

Cara membentuk bonsai serut bagi pemula
Cara membentuk bonsai serut bagi pemula. poto jepretan hari minggu 17 Agustus 2014
Ya sudah, saya khan menanam pohon serut ini sebagai pemula saja, sambil belajar membonsai, saya menanam pohon serut ini awalnya saya ambil di kebun dengan mencungkil 10 Cm ke dalam tanah dan memotongnya tanpa akar dan daun.

Awal menanam pohon serut saya ini, banyak sekali tetangga yang melihat dan menonton, karena saya menanam pohon serut di pot sambil pegang kamera, mungkin tetangga saya itu pengen dipoto dan masuk ke Blog Mang Yono juga ya hehehe.
Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)
Silahkan lihat Poto ini pada postingan dan baca postingannya tentang Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)
Menanam bakalan bonsai hampir sama dengan menanam tanaman bunga lainnya, hanya perlu merawat tanaman bonsai dengan baik, seperti menyiram secara teratur, memberi nutrisi yang tepat, dan perlindungan terbaik

Silahkan lihat Poto ini pada postingan dan baca postingannya tentang Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4
Berhubung saya masih pemula, ya membentuk bonsainya pun dengan cara ngawur, tapi saya tetap mengacu pada aturan pembentukan bonsai, yaitu harus pintar memangkas dan membelok -membelokan batangnya. Saya bereksperimen membentuk bonsai menjadi apa saja yang saya inginkan. Pemangkasan harus saya lakukan secara rutin, minimal setiap satu bulan sekali. Proses pemangkasan ini jugalah yang menyebabkan bonsai tetap kerdil dan daunnya pun kecil. Saya mencoba untuk membentuk batang bonsai dengan cara melilitkan kawat tembaga atau aluminium.

Silahkan lihat Poto ini pada postingan dan baca postingannya tentang Cara memindahkan tanaman dari pot ke tanah langsung
Katanya lilitan ini jangan dilepaskan  6 - 9 bulan. Katanya juga kunci keberhasilan pembentukan bonsai terletak pada keahlian dan tingkat kesabaran dalam mengurus bonsaiitu sendiri.

Pelilitan kawat pada dahan sesuai yang diinginkan
Pelilitan kawat pada dahan sesuai yang diinginkan
Penggunaan pupuk bagi bonsai boleh bervariasi. Dapat menggunakan pupuk organik, pupuk cair, pupuk kimia buatan, pupuk bubuk, hormon, dan lainnya. Dengan dosis dan waktu yang teratur dan sesuai.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar