--> Skip to main content

Cara membuat Kolecer dari bambu atau kayu

Sampurasun .. Rampes ..

Blog Mang Yono.  Mendengar kata “Kolecer”, mungkin sebagian orang agak asing atau aneh. Betapa tidak, Kolecer ini bisa dikatakan sebuah alat atau instrumen yang terbuat dari bahan sederhana yang intinya adalah sebuah baling-baling kayu atau bambu yang akan berputar jika tertiup angin dan biasanya mengeluarkan suara yang mendengung keras atau mengeluarkan suara gesekan antara rumah / barungbung atau surumbung dengan AS-nya. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tentang kolecer ini pada postingan Kolecer sebagai pengusir burung Pipit di sawah

Biasanya Kolecer di panjer pada musim kemarau yang lebih panjang dan tiupan angin yang kencang, Dulu waktu saya masih kecil banyak orang yang membuat dan  manjer Kolecer, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan aki-aki turut berlomba memiliki alat ini. 

Cara membuat Kolecer dari bambu atau kayu

Benda yang menyerupai kincir angin ini pada awalnya merupakan suatu budaya dalam masa-masa panen. Dimana pemilik kolecer dengan suara terbesar sebagai penanda datangnya musim panen akan mendapatkan bagian yang besar dari hasil panen tersebut. berbeda dengan sekarang. Saat ini permainan tradisional yang terbuat dari bambu atau kayu jati dan membentuk seperti baling-baling besar  ini lebih digunakan sebagai alat permainan tradisional yang biasanya berada di atap setiap rumah atau dimainkan oleh anak-anak kecil ketika angin lumayan kencang.

Cara pembuatan kolecer yang saya ketahui adalah sebagai berikut.
Pertama siapkan bahan - bahan yang diperlukan, yaitu :

(1). Bambu untuk badan sekitar 50 Cm dan bambu untuk tiang kolecer sepanjang kira-kira 5 - 10 Meter, ukuran bambu tiang lebih kecil dari ukuran bambu Badan, ini nantinya bambu untuk tiang dimasukan ke bambu untuk badan.

(2). Kayu Jati, sebagai bahan dasar Kolecer atau kincirnya / baling-baling.

(3). Beberapa aksesoris injuk atau tali rapia, atau barangbang kelapa / pelepah kelapa yang masih ada daunnya

(4). batang kayu jati kira-kira berdiameter 3-4 cm
Paku.

(5). Bambu untuk ekor kolecer, kalau memakai barangbang kelapa tidak usah memakai bambu ini.

Langkah kedua, adalah membuat kolecer dengan menggunakan kayu Jati atau bisa juga kayu lain, tapi lebih bagusan kayu Jati ding hehehe.

(1). Serut  sedikit demi sedkit sampai berbentuk pipih dan tengahnya di buat agar tebal dan dibuat lubang  berbentuk kotak.

(2). Kemudian serut bagian samping sampai membentuk seperti baling-baing pesawat, kemudian cari bambu untuk barungbung / surumbung kira-kira berdiameter 1 -2 cm dan bambunya harus tebal, boleh bambu betung atau bambu apa saja yang kulitnya tebal dan potong sekitar 5 – 8 Cm, buat kotak pada ujung bambu tersebut kira – kira panjangnya 2 Cm.

(3). Kemudian bambu  yang sudah dibuat kotak pada ujungnya tersebut di masukkan ke kotak atau pangkal profelernya dan buat sekuat mungkin.

(4). Langkah selanjutnyauntuk pembuatan badannya 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments