Memanfaatkan daun dan sisa makanan untuk pupuk organik

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Tadi saya baru saja selesai membuat Pupuk Organik yang bahan utamanya dari daun – daun bunga dan tanaman, khan tahu sendiri kalau di Jakarta buang sampah itu susah, apalagi kalau daun – daun pohon yang agak banyak,mau dibakar mengganggu lingkungan, dibuang ke tukang sampah bisa – bisa malah diminta uang tambahan untuk pembuangan sampah dari daun – daun pohon bunga tersebut.

Ya sudah lah, saya buat Pupuk Organik saja. Nah untuk pembuatan pupuk organik ini sangat mudah sekali, bagi yang sudah terbiasa tentunya hehe.  Untuk membuat pupuk organik atau Pupuk organik hasil fermentasi dengan mencampur Ferto -DEK

Memanfaatkan daun dan sisa makanan untuk pupuk organik 
Daun tanaman / bunga, ampas wortel untuk pembuatan pupuk organik

Baca juga : Cara membuat arang sekam padi


Ferto –DEK  yaitu Dekomposer Cair Bahan Organik Non Chenical dan Ramah Lingkungan. Ferto –DEK  Hasil analisis lab Litbag Pertanian Bogor pada 2008, Lab.Biologi dan Bioteknologi Tanah Fakultas Pertanian UNPAD pada 2009.
 

Yuk, kita lanjutkan dengan cara pembuatan Pupuk Organik:
1. Kumpulkan bahan organik sisa-sisa tumbuhan, daun – daun, rumput, dan sebagainya, pokonya  sampah yang bisa terurai.

2. Selanjutnya bahan organik tersebut dicacah / dihaluskan. Seperti photo dibawah ini Mang Sukri sedang melakukan pencacahan daun atau rumput dahan lunak.
Mang Sukri melakukan pencacahan bahan organik

3. Campurkan 1 liter Ferto –DEK  dengan air bersih kira – kira 30 Liter, ditambah gula pasir ¼ Kg. Aduk sampai merata. Tunggu sekitar 2 jam lebih.
Pencampuran Ferto –DEK  dengan air bersih sesuai takaran

4. Selanjutnya, bahan organik tersebut disemprot dengan larutan no 3 diatas dengan menggunakan sprayer, sambil bahan organik tersebut diaduk - aduk.

5. Kadar penyemprotan sekitar 40%, yaitu jangan terlalu kering atau terlalu basah.
Penyemprotan bahan organik dengan menggunakan sprayer

6. Tutup bahan organik tersebut, bisa dengan karung goni, pelastik  atau penutup lainnya. Usahakan jangan terkena hujan atau terkena panas matahari.
Melakukan penutupan dengan pelastik

7.  Setelah 6 hari, pupuk organik sudah siap dan bisa dipakai untuk pupuk tanaman atau bunga.


Baca juga Cara Pembibitan Mawar Dari Biji Dengan Media Arang Sekam Padi
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar