Siswa SMP sudah seharusnya memakai celana panjang

Sampurasun ... Rampes ... 

Blog Mang Yono. Anak saya tahun ini masuk SMP Negeri 1 Pagaden Barat yang beralamat di Jl. Sukasari, Cidadap, Pagaden Barat. Kalau dulu saya sekolahnya di SMP Negeri 1 Pagaden Jl. Statsiun No. 63 Kec. Pagaden. Waktu kecamatan Pagaden belum dimekarkan SMP Negeri 1 Pagaden Barat disebut dengan SMP Negeri 3 Pagaden

Rencana awalnya anak saya “ Gugum “ mau saya masukan ke sekolah SMP Negeri 1 Pagaden yang beralamat di Jl. Statsiun No. 63, tapi berhubung tidak ada temannya yang sekolah di sekolah SMP Negeri 1 Pagaden dan saya tidak bisa mengantarkan setiap hari kesekolah, maklum sayanya sering kuli di Jakarta. Ya sudah anak saya dan teman – temannya masuk ke SMP Negeri 1 Pagaden Barat yang beralamat di Jl. Sukasari, Cidadap Pagaden Barat.

Siswa - siswinya SMP sudah seharusnya  memakai celana / rok panjang
Anak saya " Gugum " dengan seragam putih birunya


Silahkan baca juga :  PERSAMI SMPN 1 Pagaden Barat, Subang, Jawa Barat

Jarak dari rumah saya ke SMP Negeri 1 Pagaden sekitar 15 KM, dulu saya berangkat sekolah dari rumah sekitar jam 4.30 WIB dengan sepedah ontel, kadang suka kesiangan juga kalau pas hujan, dan jalanan becek penuh lumpur. makanya untuk sekolah Gugum, saya masukan ke SMP terdekat jarak dari rumah saya ke SMP Negeri 1 Pagaden Barat sekitar 2 KM, cukup deket khan hehehe.


Waktu SD siswa laki-laki memakai celana panjang, sedangkan siswa perempuan memakai rok panjang.  Sebenernya saya ingin anak saya di SMP memakai celana panjang tapi ketentuannya tentu berbeda Siswa laki-laki SMP Negeri memakai celana pendek, sedangkan siswa perempuan memakai rok selutut. Model seragam tersebut tidak berubah sejak saya sekolah di SMP pada awal tahun 1990-an. 

Anak saya " Gugum " dengan seragam putih birunya
Gugum siap - siap berangkat sekolah

Berhubung sejak SD (Seperti poto dibawah ini ) anak saya memakai seragam celana panjang, maka dia agak risih juga kalau pas SMP pakai celana pendek. Saya memahami hal ini, namun aturan Diknas tentang seragam saya pikir belum berubah. Menurut saya seragam SMP untuk anak laki-laki seharusnya mengikuti perkembangan zaman. Anak-anak sekarang lebih cepat “matang” dibandingkan generasi kita zaman dahulu. Mereka sudah cepat akil baliq (puber) pada umur di bawah 14 tahun. Anak-laki-laki zaman sekarang sudah banyak mengalami “mimpi basah” pada kelas 1 SMP (sekarang kelas 7) sedangkan anak perempuan lebih cepat lagi matangnya, mereka sudah banyak mendapat haid sejak kelas 6 SD atau lebih awal lagi. 
http://www.mangyono.com/
Gugum dengan seragam merah putihnya waktu sekolah SD Negeri Gardu Mukti

Karena siswa SMP laki-laki sekarang sudah cepat pubertasnya dibandingkan laki-laki zaman dahulu, maka tidak pantas lagi mereka disebut anak-anak, mereka sudah mulai remaja bro! Maka siswa SMP laki-laki sudah seharusnya memakai seragam celana panjang seperti kakaknya di SMA. Apalagi anak-anak sekarang rata-rata jangkung-jangkung ( termasuk anak saya ) karena gizi yang membaik, maka kurang elok ke sekolah masih memakai celana pendek, sementara sehari-hari di lingkungan rumah mereka memakai celana panjang.

Memang, aturan seragam sekolah saat ini sudah dibebaskan kepada sekolah untuk menentukannya, sesuai dengan otonomi sekolah dan wilayah. Jadi, ada sekolah yang masih menerapkan seragam rok / celana pendek hingga selutut dan ada pula yang menerapkan seragam rok / celana panjang. Begitujuga di Kabupaten Subang sudah banyak sekolah SD, SMP yang sudah menerapkan seragam siswa dengan memakai seragam celana panjang sedangkan siswinya dengan memakai seragam rok panjang.

Memakai rok panjang — meskipun siswa tersebut tidak berkerudung — lebih aman dan nyaman bagi siswi yang bersangkutan. Sebagian pihak mencurigai seragam rok panjang model tersebut sebagai penerapan syariat Islam. menurut saya itu kecurigaan yang tidak berdasar, sebab memakai rok panjang atau pakaian panjang seperti gaun adalah ciri khas perempuan di manapun. Coba lihat pakaian foto-foto perempuan Eropa atau Amerika sebelum abad 19, umumnya perempuan memakai pakaian sopan dengan rok panjang.Meskipun pada abad sekarang ini sudah berpakaian yang sedikit wah hehehe.

Oleh karena itu, sudah seharusnya siswa SMP yang laki-laki dan perempuan juga memakai seragam celana panjang. 

Silahkan baca juga : Baju Seragam Sekolah Harus Di Pertahankan

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar