Rasa Manis Asam Seger Peuyeum Ciruluk, Kalijati, Subang

Sampurasun ... Rampes ...

Blog Mang Yono. Mungkin bagi masyarakat Jawa Barat penganan peuyeum atau tape sudah tidak asing lagi. Hampir di semua daerah di Jawa Barat terdapat penganan ini. Namun, tak banyak daerah yang memiliki peuyeum khas dengan cita rasa tersendiri dan berbeda dengan didaerah lain, termasuk peuyeum buatan sendiri heheh. Salah satu daerah yang memiliki peuyeum yang khas adalah kampung Ciruluk, kecamatan Kalijati, kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Kampung ini memang dikenal dengan kampung “peuyeum” bukan Peuyeumpuan loh hehehe. Peuyeum yang dibuat di kampung ini adalah peuyeum/tape ketan. 

Peuyeum / Tape Ciruluk, Kalijati, Subang
Rasa Manis Asam Seger Peuyeum Ciruluk, Kalijati, Subang

Saya sempet nanya ke penjual Peuyeum yang keliling ke kampung saya. Sebut saja namanya Euis ( Nama sebenarnya *red heheh ) Euis mengaku tak tahu pasti sejak kapan warga kampungnya mulai membuat peuyeum, menurutnya sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar pun sudah banyak warga yang berjualan peuyeum. Ia sendiri mulai belajar membuat peuyeum sejak duduk dibangku SD kelas 6.

Menurut Euis selain menerima pesanan dari warga yang hajatan, warga kampungnya juga banyak yang menjual peuyeum hingga ke luar Subang dan ada juga yang berkeliling ke kampung - kampung..

 “Kalau saya sih membuat peuyeum kalau sudah tidak ada pekerjaan di sawah saja, Mang, kalau ada pekerjaan dan agak sibuk disawah, ya saya berenti dulu membuat peuyeumnya, nanti kalau sudah selesai pekerjaan di sawah baru membuat peuyeum lagi,” katanya ke admin www.mangyono.com.

Menurut saya peuyeum Ciruluk memiliki rasa yang lebih baik dari peuyeum daerah lainnya. Peuyeum Ciruluk memiliki paduan rasa asam manis lebih pas dibanding peuyeum daerah lain.

Apa mungkin yang membedakan daun pembungkusnya, Peuyeum Ciruluk menggunakan daun muncang (kemiri) sebagai pembungkus peuyeum, tapi waktu itu juga keluarga saya membuat peuyeum ketan dengan pembungkus daun kemiri, rasanya berbeda juga “ Lebih Pas rasanya “ ( yang membuat khan istri saya hehehe ).
Peuyeum Ketan Buatan Sendiri.
Peuyeum Ketan Buatan Sendiri.

Silahkan baca Cara Membuat Tape Ketan Sendiri.

Kebanyakan peuyeum hasil buatan daerah lain di bungkus menggunakan daun pisang atau daun jambu air seperti peuyeum Kuningan. Daun kemiri bahan pembungkus peuyeum ini banyak ditanam warga Kampung Ciruluk di halaman rumahnya.

Dengan ke-khasannya dari peuyeum Ciruluk jadi menambah khasanah kuliner kabupaten Subang.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar