Sungai Ciasem dusun Gardu makin menyempit.

Sampurasun ... Rampes .

Blog Mang Yono. Bencana banjir yang menimpa mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari tak adanya wilayah resapan air, rendahnya kesadaran masyarakat akan fungsi, membuang sampah kesungai serta yang paling krusial yaitu pendangkalan sungai atau penyempitan sungai.

Pendangkalan sungai mungkin diakibatkan karena dibuat tanggul limpasan di hulu. AIR merupakan sumber kehidupan untuk anak cucu. Air di aliran sungai, menjadi kebutuhan masyarakat untuk berbagai hal. Dari mulai  pertanian untuk pengairan sawah, menambah kesuburan tanah, sumber bangunan seperti pasir, kerikil dan batu kali, sarana budidaya perikanan darat, pembangkit tenaga listrik (PLTA), sarana PAM, Industri Air minum kemasan, sarana industri hingga sarana kebutuhan rumah tangga seperti mandi, cuci dan kakus (MCK).

Sungai Ciasem dusun Gardu makin menyempit.

Waktu saya masih kecil dan suka mandi disungai ini, ukuran sungainya sangat lebar sekitar 10 Meteran, dan belum ada tanggul di hulu sungai dekat sasak serong ( jembatan serong ), setelah tanggul dibuat, debit airnya rendah dan endapan lumpur tahun demi tahun bertambah, akhirnya sungai menyempit, sekarang ukuran sungai ini lebarnya sekitar 3 Meteran, lihat saja di poto saya ini, sungainya menyempit tadinya tuh bagian datar dari tanah yang ditumbuhin rumput adalah sungai.

Baca : Musim kemarau tiba air sungai jadi MCK.

 
Di wilayah Subang tengah tepatnya di Dusun Gardu Pagaden Barat, banyak sumber air yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat. Namun, tidak semua masyarakat menjaga ekosistem air, yang didalamnya banyak kehidupan. Sungai Ciasem di dusun Gardu tersebut tahun ketahunnya makin menyempit, dulu waktu saya masih kecil dan suka mandi disungai ini, ukuran lebarnya sekitar 10 Meteran, sedangkan sekarang tinggal 3 Meteran. Akibatnya kalau musim hujan dan datang kiriman air dari hulu, maka sawah - sawah pada banjir, dan yang poling saya takutkan banjirnya sampai kerumah Nenek saya, khan nenek saya rumahnya dekat dengan sungai.

Menurut saya sih mendingan di jebol saja itu tanggul yang berada di hulu sungai dekat sasak serong / jembatan serong. Saya jamin dah sungainya akan melebar lagi, tapi kalau mau dikeruk juga gak apa - apa, khan pelebarannya bisa lebih teratur hehehe.

Kepada Yth. Dinas terkait atau Jasa Tirta II, Saya ingin bertanya kapan rencana pengerukan kali Ciasem atau bahkan penjebolan tanggul limpasan dekat bendungan Macan di Dusun Gardu, Bendungan, Pagaden Barat, akan dilaksanakan ?. Kami sudah sangat berharap untuk penanganan sungai yang menyempit dan pendangkalan di wilayah kami. Mohon Dinas terkait untuk menindak lanjutinya . Terima kasih.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar