Skip to main content

Timah Pulau Topang, Riau merupakan timah kualitas terbaik

Sampurasun ... Rampes...

Blog Mang Yono. Selama ini kita tidak pernah mendengar ada timah di Riau. Taunya cuma di daerah Bangka Belitung, tapi ternyata di Kabupaten Kepulauan Meranti tersimpan potensi alam yang selama ini tersimpan di perairan Pulau Topang.

Yang melakukan peleburan Timah di daerah Pulau Topang tidak ada lain yaitu PT. Wahana Perkit Jaya, teman saya serta pasukannya juga ada disana dan poto - poto ini adalah hasil jepretan temen saya itu hehehe.  Bahkan yang membuat bangunan pabrik termasuk dapur peleburan timah dan perusahaan tempat saya bekerja. Baca Proyek Pulau Topang, Riau - Cara Peleburan Timah

Pabrik peleburan timah PT. WPJ di Pulau Topang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. ( Poto jepretan Kus )

PT Wahana Perkit Jaya (WPJ) yang merupakan perusahaan pengolah biji timah di Pulau Topang, Kecamatan Rangsang. Produksi timah pulau Topang ini tak hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Kepulauan Meranti, namun turut menjadi kebanggaan Provinsi Riau. 
Timah PT. Wahana Parkit Jaya di Pulau Topang.
  Timah PT. Wahana Perkit Jaya di Pulau Topang. ( Poto jepretan Kus )

Ternyata kualitas timah di Pulau Topang merupakan kualitas timah terbaik. Dari informasi yang dipaparkan oleh perusahaan maupun Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, bahwa timah Pulau Topang termasuk kategori kualitas timah terbaik, kadar standar nasional yang merupakan kualifikasi untuk timah dari pengolahan yang sudah melampaui standar nasional yaitu mencapai 99,994 persen. Angka ini melampaui kadar timah di Bangka Belitung yaitu 99,90 persen.
Area Pabrik peleburan timah PT. Wahana Parkit Jaya di Pulau Topang.
  Area Pabrik peleburan timah PT. Wahana Perkit Jaya di Pulau Topang. ( Poto jepretan Kus )

Sebagai satu kabupaten yang masih muda, ternyata Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki potensi terpendam. Namun selama empat tahun ini potensi tersebut perlahan dipoles hingga jadi sempurna dan berkilau.

Potensi bernama Timah siap jadi komoditas ekspor. Bahkan secara resmi kran ekspornya sudah dibuka melalui Pelabuhan Smelter PT Wahana Perkita Jaya di Desa Topang, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau


Silahkan baca juga Peresmian Ekspor Semelter Timah Pulau Topang, Desa Topang Kecamatan Rangsa kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.


Pabrik peleburan timah PT. Wahana Parkit Jaya di Pulau Topang.
  Pabrik peleburan timah PT. Wahana Perkit Jaya di Pulau Topang. ( Poto jepretan Kus )

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar