--> Skip to main content

Bunga Lengkeng / Long Yen Rontok

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Ini adalah kejadian yang saya alami dalam menanam Lengkeng, jenis lengkeng yang saya tanam ini gak tau jenisnya apa, maklum pohon lengkeng ini di kasih teman saya dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Baca Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto

Mudah – mudahan saja lengkeng saya yang ditanam di belakang rumah saya ini jenisnya lengkeng ping pong. Kata para petani lengkeng katanya lengkeng itu bisa ketahuan jenisnya dari buahnya, lha pohon lengkeng saya ini belum berbuah jadi belum ketahuan jenisnya apa hehehe, tinggal tunggu nanti saja jadinya lengkeng apa coba . 

 Pohon Lengkeng pada waktu berbunga. Poto Jepretan Admin 1 bulan yang lalu.
Pohon Lengkeng pada waktu berbunga. Poto Jepretan Admin 1 bulan yang lalu.

Baca : Pohon lengkeng saya keluar bunga pertama


Long yen (baca : lung yen artinya mata naga), demikian orang Cina menyebut tanaman lengkeng, telah lama dikenal orang sebagai buah meja. Buah tanaman yang termasuk anggota famili Sapidanceae ini memiliki citarasa yang khas, manis berair serta aroma harum. Buah lengkeng selain lezat disantap ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik.

Sesuai yang saya baca, lengkeng ping pong ini, sifatnya yang ganjah dapat berbuah walau batangnya hanya sebesar pensil. Hanya membutuhkan dua kali berdaun setelah ditanam lengkeng pingpong saya mulai mengeluarkan bunga. Senang rasanya karena ada harapan besar dari tiap-tiap kuntum bunga untuk menjadi buah.

Tanaman lengkeng itu ada yang jantan (satu pohon semua bunga jantan), ada yang betina (satu pohon semua bunga betina) dan ada yang banci (satu pohon ada bunga jantan dan betina), kalo jantan ga bakal jadi buah, kalo betina harus dibuahi oleh bunga jantan dari pohon lain, kalo banci bisa terjadi penyerbukan dalam satu pohon. bibit sambungan biasanya sudah dipilih orang yang berbunga banci. 

Namun, 1 Bulan kemudian bunga lengkeng rontok, entah apa penyebabnya, apa mungkin bunga rontok karena kekurangan unsur hara seperti Kalium, nanti kalau berbunga lagi mau saya coba dipupuk dengan pupuk yang banyak mengandung Kalium (KCl) atau tanahnya ditaburi dengan abu bakaran kayu atau daun.

Bunga lengkeng rontok, hanya tersisa beberapa buah saja. Poto jepretan admin 3 hari yang lalu.
Bunga lengkeng rontok, hanya tersisa beberapa buah saja. Poto jepretan admin 3 hari yang lalu.

Yang masih tersisa bakal buah lengkeng saya ini Cuma beberapa saja, ya sudah saya biarkan saja, la ini khan bunga pertama dan batang pohonnya aja baru sebesar pensil, jadi masih ada harapan kedepannya untuk memperbaikinya supaya bakal buah / bunga lengkeng tida rontok, pada pembungaan berikutnya. Apa mungkin bunga pertama itu kejadiannya seperti yang saya alami ini, rontok dan berbuahnya sedikit
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments