Tumpang Sari Tanaman Jagung Dengan Padi Di Sawah

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono. Tumpang sari adalah cara bercocok tanam pada satu petak lahan dengan dua atau tiga tanaman sekaligus.

Hahaha... Kalau ini mungkin bukan Tumpang sari ya, karena tanaman Jangung, kacang tunggak saya tanam di pematang sawah sedangkan tanaman padinya ditanam di sawah seperti Poto jepretan hari minggu di sawah Bakan Bandung, Kamp. Gardu, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang. Tapi khan bisa panen dua – duanya, ya padi, ya jagung juga ... hehehe.

Tumpang sari tanaman jagung dengan padi dan kacang tunggak di sawah. Poto jepretan  Admin pada hari minggu
 Tumpang sari tanaman jagung dengan padi dan kacang tunggak di sawah. Poto jepretan  Admin pada hari minggu

Baca Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun

 
Tapi gak apa ya, cara bercocok tanam semacam ini memberikan beberapa keuntungan antara lain lahan yang ada bisa dimanfaat dengan sebaik baiknya. Manfaat lainnya adalah dalam satu musim kadang hama menyerang pada salah satu tanaman, namun tidak menyerang jenis tanaman lainnya sehingga jika satu jenis tanaman terserang penyakit maka jenis tanaman lainnya masih bisa selamat.

Jagung bisa tumbuh dengan baik jika ditanam di tanah kering / tegalan, atau pun seperti cara saya ini, yaitu ditanam di pematang sawah. Poto jepretan hari minggu di sawah Bakan Bandung, Kamp. Gardu, Desa Bendungan, Pagaden Barat, Subang.

Baca PTPN VIII Subang Menanam serta Jualan Pepaya dan Pisang Emas Kirana

Cara menanamnya : benih jagung ditanam dengan cara dibuat lubang / menggunakan tugal. Usahakan benih jagung yang sudah dimasukkan dalam lubang ditutup dengan pasir / pupuk kandang / atau abu pembakaran daun, bisa juga menggunakan sekam arang padi. karena benih jagung tidak menyukai lahan yang terlalu banyak air. Tanah yang basah tanpa ada genangan air akan membuat benih jagung tumbuh dengan baik. Jika terlalu banyak air benih jagung akan membusuk.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar