Tanaman Padi Rojolele Lulus Cuaca

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Selama ini telah terjadi kesalahan berfikir bagi para petani termasuk saya didalamnya, yang hanya mengandalkan aspek teknis pertanian saja.

Mayoritas para petani di daerah saya berfikir bahwa bertani itu mudah. Ada lahan, pupuk, benih/bibit, tanam beres dah. Belum mengolah dan memasarkan. Padahal menurut saya cuaca dan iklim juga sangat mempengaruhi, seperti yang dialami para petani di Blok Bakan Bandung. Kampung Gardu, Desa Bendungan, Kecamatan Pagaden Barat, Subang, karena cuaca tanaman padi tidak tumbuh sempurna, bahkan banyak tanaman padi yang kerdil dan tidak berbuah, daunnya menguning. Seperti pada postingan saya sebelumnya Tanaman Padi di Bakan Bandung Mengerdil dan Mandul

Tanaman Padi Rojolele Lulus Cuaca
Sebelah kanan tanaman padi Rojolele saya, kalau yang sebelah kiri tanaman padi tetangga, tanaman padinya gagal karena mengerdil dan tidak keluar bunga / mandul. dan itu selesai di bajak.

Kalau tanaman padi saya sedikit agak – agak bagus, walau keluar bunga / buah padinya gak serempak. Jenis padi yang saya tanam adalah jenis padi Rojolele. Nasi dari Rojolele hasilnya enak, pulen dan wangi.Meskipun umur padi varietas ini bisa mencapai 155 Hari. Bukan cuma usianya yang lama, tanaman ini juga tinggi, bisa mencapai 120-150 cm. Tapi gak apa lah yang penting bisa berbuah dan bisa panen, itu aja yang saya harapkan.
Tanaman Padi Rojolele saya di blok bakan badung, Pagaden Barat
 Tanaman Padi Rojolele saya di blok bakan badung, Pagaden Barat

Ciri dari Tanaman padi Rojolele yaitu bentu tanaman tegak, posisi daun dan daun bendera terkulai. Dari segi kerontokan agak tahan. 
Saung / gubuk tempat liburan keluarga saya hehe
 Saung / gubuk tempat liburan keluarga saya hehe
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar