Menanam pohon buah naga di halaman rumah

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Tanaman buah naga bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah halaman rumah sekaligus bisa dinikmati buahnya. Tapi saya menanam tanaman buah naga sudah hampir 1,5 Tahun belum berbuah juga, jangankan berbuah, keluar bungnya juga belum pernah hehehe.Apa di daerah pagaden gak cocok ya menenam buah naga.

Tanaman buah naga membutuhkan tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nantinya tiang ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat yang tentu saja perlu dipilih dari bahan yang kuat, kalau saya sih membuat tiang panjatan dengan menggunakan pohon hidup, yaitu pohon hanjuang.

Menanam pohon buah naga di halaman rumah. Poto jepretan Admin 
Menanam pohon buah naga di halaman rumah. Poto jepretan Admin MANGYONO.COM

Karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun, saya menggunakan tiang panjatan pohon hidup, kalau melihat di kebun Bangka Botanical Garden, tiang panjatannya menggunakan tiang betin berukuran 10 x 10 CM . Tinggi tiang antara 150 cm.

Cara membuat tiang panjatan / tiang penopang sudah saya tulis di Cara membuat tiang penopang untuk tanaman buah naga

Sesuai yang saya baca di buku Tanaman buah naga itu perlu adanya pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan. Lah, berarti saya kurang lengkap ya, la wong tanaman buah naga saya itu gak pernah dipangkas, jadi dibiarkan begitu saja hehehe. Nanti deh kalau saya pas di rumah mau saya pangkas tuh cabang – cabang pohon buah naga yang gak perlu. Mungkin bisa juga cabang hasil pemangkasan bisa ditanam kembali untuk menambah jumlah bibit yang bisa di tanam.

Eh, kata tetangga saya, kalau menanam tanaman buah naga itu bagus loh, katanya bisa memberikan aura, keceriaan dan keharmonisan keluarga hehehe . Baru ini nih tetangga bilang yang bagus, kemarin – kemarin mitosnya jelek melulu ... hahah. Biarlah tetangga mau bilang apa hehehe... mungkin itu pengen dikasih buah naga aja nanti kalau pas pohon buah naga saya ini berbuah ... wak waw heheh.

Silahkan baca juga  Cara Menanam Pohon Buah Naga
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar