Skip to main content

Cara / Tips membakar ikan

Sampurasun .... Rampes.

MANGYONO.com – Apakah anda suka dengan makanan yang dibakar?. Dengan membakar ikan maka kadar protein di dalamnya tetap terjaga sehingga saat dikonsumsi pun tetap terasa alami dan nikmat.

Ya, betul sekali Ikan paling enak dibakar. Tektur lembut dagingnya berpadu dengan garing renyah bagian luarnya. Membakar ikan terlihat mudah. Bila tidak ada arang jadi, Kita bisa menggunakan cabang atau kayu dari pohon untuk digunakan sebagai kayu bakar.   

Cara membakar ikan  
Cara membakar ikan
Nah, dibawah ini cara – cara membakar ikan ala saya hehehe ...i - Jangan memilih ikan yang sudah tidak segar, bila perlu pilih ikan yang masih hidup ... hehehe.

ii - Bersihkan ikan, dan keluarkan isi perutnya. Hati – hati pada saat mengeluarkan isi perutnya jangan sampai pecah empedu. Nanti dagingnya jadi pahit semua.
iii - Jangan buang sisik ikan, sisik ikan yang cukup tebal itu jangan dibuang sisiknya. Biarkan saja dipanggang langsung. Hal ini berguna untuk melindungi daging dari pembakaran arang.

iv - Cuci ikan yang sudah di buang isi perutnya tersebut dengan air mengalir. Setelah bersih lumuri dengan bumbu dan garam tambahkan perasan jeruk nipis ( kalau untuk masakan cobek saya biasanya tidak memberikan bumbu karena bumbunya nanti terakhir, tapi kalau perasan jeruk nipis sih tetep pakai. Ini katanya untuk membuang amis dari ikan.

v - Bakar kayu hingga menyala dan tunggu sampai berubah menjadi bara api. Jangan terburu-buru, jika bara belum jadi. Karena akan menjadikan gosong pada ikan dan baunya jadi bau asap ... Hehehe.
Bakar ikan mas di tungku hawu.
Bakar ikan mas di tungku hawu.

Ikan akan matang lebih cepat saat dipanggang diatas bara api. Setelah matang, baiknya langsung diangkat. Cara menegtahui ikan tersebut sudah matang atau belumnya, yaitu dengan menusuk ikan dengan garpu. Bila saat ditusuknya mudah, pertanda bahwa ikan sudah matang. Bila garpu tidak tertusuk, biarkan masak lagi

setelah ikan tersebut dibakar langsung dibuat cobek
Kalau saya biasanya setelah ikan tersebut dibakar langsung dibuat cobek / pecel ikan 

Setelah ikan tersebut matang, silahkan  langsung dimakan atau di buat cobek ikan, nah bagi yang belum tahu cara membuat cobek ikan silahkan baca di postingan saya yang berjudul Cara membuat Cobek ikan mas sambil berwisata di kebun keluarga
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar