Bunga soka sebagai cover tanaman atau pembatas

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Kata para master taman, salah satu syarat rumah sehat adalah ruang hijau yang memadai seperti taman disekitar rumah tersebut. Karena katanya taman dapat berfungsi sebagai paru-paru dan penyejuk rumah, penyerap debu dan racun di dalam atau disekitar rumah, serta resapan air di halaman rumah. Jadi, sebaiknya buatlah taman rumah, sekecil apapun taman Kita, manfaatnya akan tetap terasa.

Nah agar taman sedap dipandang, Saya yang baru belajar mau sedikit berbagi dengan sobat memberikan ide tanaman cover yang bisa sobat tanam di taman kecil, ide yang saya tulis ini mungkin banyak kekurangannya, siapa tau aja ada sobat yang memberikan masukan untuk ide tanaman di sekitar rumah. Karena tanaman atau bunga jenisnya pun banyak, “Ada ratusan bahkan ribuan,”. Harganya kalau beli ditukang taman berkisar antara Rp 3.000 hingga Rp 30.000 per pot atau polybag. Apalagi kalau kita bisa menyemai tanaman / bunga sendiri untuk memperbanyak tanaman tersebut. Baca Cara memperbanyak Bunga Soka dengan cara stek batang

Disini saya akan menulis tentang bunga Soka (Ixora Sp.) yang merupakan tanaman hias yang cukup populer di kalangan hobiis tanaman hias. Selain macamnya beragam, tanaman hias ini mempunyai multifungsi. Artinya tidak hanya untuk tanaman indoor saja namun juga bisa untuk tanaman outdoor terutama untuk pembatas pagar atau pembatas tanaman, maupun untuk mengisi sudut-sudut rumah. Dengan multifungsi serta didukung penanganan yang relatif mudah membuatnya dapat disejajarkan dengan tanaman hias lain seperti mawar, atherium, krisan dan lainnya. Tanaman ini bisa bertahan sampai beberapa tahun.

Bunga soka sebagai cover tanaman atau pembatas
Bunga soka sebagai cover tanaman atau pembatas

Menurut beberapa sumber yang saya baca, tanaman soka berasal dari daerah Asia Tropis. Bahkan disinyalir ada yang menyebutkan berasal dari negara Indonesia. Namun sejauh ini belum teruji kebenarannya, yang pasti dengan ditemukannya jenis bunga soka kuno yaitu Ixora javanica di pulau Jawa telah cukup menjadikannya alasan mengapa tanaman tersebut berasal dari negara kita.

Dugaan kuat mengenai asal usul tanaman ini lebih cenderung kepada negara India dan China, dimana di dua negera tersebut memiliki beragam jenis tanaman Soka. 

Perlu diketahui pula bahwa ini ada hubungannya dengan kepercayaan umat Hindu terhadap bunga Soka dimana bunga ini merupakan simbol hidup bersuka hati, sehingga sering digunakan sesaji untuk persembahan dewa Siwa dan Wisnu.

Tanaman soka merupakan tanaman yang suka terhadap penyinaran matahari penuh teruatama untuk merangsang pembungaan. Bunga soka yang masih kuncup mirip jarum sehingga akan terkesan gundukan jarum berwarna merah disaat belum mekar.

FOTO : Bunga soka di depan rumah saya, sudah mulai bermunculan bunganya.
FOTO : Bunga soka di depan rumah saya, sudah mulai bermunculan bunganya.

Warna kelopak bunga ada yang merah, merah muda, ungu , putih dan kuning. Namun di Indonesia jumlah soka berwarna merah lebih banyak dibandingkan lainnya termasuk yang saya tanam juga adalah soka merah. Berbeda dengan bentuk bunganya, penampilan batang dan daun bunga soka bisa bermacam-macam. Ada yang lebar, ada yang sempit, ada juga yang medium tergantung asalnya. Soka Jawa lebih condong berdaun lebar dengan tandan bunga ramping dan kuntum bunganya berwarna merah.

Tips Menanam bunga soka
• Setelah mengeluarkan tanaman dari plastik pembungkusnya atau polybag, langsung tanam tanaman ke tanah.
• Jangan membuang media tanaman / atau tanah dalam plastik. Masukkan media tanam tersebut sebagian media tanam di tanah. Ini agar tanaman tidak kaget atau stres serta bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya.
• Untuk taman minimalis, gunakan tiga jenis tanaman cover (minimal). Jenisnya bisa di-mix antara tanaman daun dan bunga.
• Anda juga bisa menggunakan pola tanam seperti bagian tengah dua baris, belakang dua baris, dan bagian depan dipenuhi dengan tanaman cover crops/ground cover.
• Jarak tanam antar batang tanaman 7-10 cm (untuk panjang lahan 1 meter, minimal Anda bisa menanam 10-15 batang tanaman).

Baca: Cara menanam bunga soka hasil semai dari stek batang

FOTO : Bunga soka di depan rumah saya, ssebagai penahan tanah dan pembatas tanaman.
FOTO : Bunga soka di depan rumah saya, ssebagai penahan tanah dan pembatas tanaman.

Tips / cara Merawat bunga soka
• Usahakan menyiram tanaman dua kali dalam sehari
.• Cabut rumput liar yang tumbuh di sekitar taman.
• Gunakan pupuk minimal sebulan sekali untuk menyuburkan tanah. Sebisa mungkin gunakan pupuk kandang (kambing) yang ramah lingkungan jangan pakai pupuk kimia

Baca : Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar