Cara menanam pohon kumis kucing

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com – Cara menanam Pohon Kumis Ucing / Kucing ini bisa dilakukan dengan cara stek batang. Sedangkan untuk penanaman tanaman ini bisa dilakukan sepanjang tahun.

Teknik Penyemaian Bibit dengan cara stek dan dapat langsung ditanam di kebun dan pot atau ditanam dulu di persemaian. Setelah itu disirami 1-2 kali sehari tergantung dari cuaca & hujan juga sih, kalau hujan ya jangan disiram dong ... hehehe. Bila perlu persemaian dinaungi dengan naungan plastik transparan atau jerami/daun kering. Setelah itu akan timbul tunas baru pada stek - stek, terus bibit bisa langsung dipindahkan ke kebun atau pot yang sudah disiapkan.

 Cara menanam pohon kumis kucing. Foto jepretan admin.

Waktu tanam terbaik adalah di awal musim hujan (Oktober-Desember) kecuali jika air tersedia sepanjang tahun atau pohon kumis kucing ditanam di pot / polybag, waktu tanam bisa dilaksanakan kapan saja.

Cara menanam pohon kumis kucing akan saya tulis dibawah ini, sobat bisa langsung praktekan ya...

i. Siapkan lahan/pot atau polybag, tanah, pupuk kandang perbandingannya bisa 2:1 ( 2 tanah, 1 pupuk kandang) atau bisa juga pupuk kandang diganti dengan arang sekam padi. Cara membuat arang sekam padi bisa dilihat di postingan saya yang berjudul Cara membuat arang sekam padi

ii. Masukan media tanah yang sudah dicampur tadi ke media pot atau polybag kira – kira 1/3 dari tinggi pot. Kalau menanam di tanah langsung cukup menggali tanah ukuran 10 cm x 10 cm dengan kedalaman 10 cm juga, terus masukan media tanah yang sudah dicampur tadi kira – kira 1/3 dari tinggi galian. 

iii. Pilih bibit yang baik dari pembibitan.

iv. Tanamkan bibit/stek dengan posisi tegak lurus sedalam 5 cm atau 1/3 bagian dari pangkal batang stek.       

v. Padatkan tanah di sekitar bibit pohon kumis kucing.

vi. Dan yang terakhir, sirami sampai cukup basah. Ini bertujuan untuk memadatkan celah – celah tanah yang baru disekitar tanaman.

Baca juga : Cara memelihara tanaman kumis Kucing di dalam pot.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar