Palem Raja (Roystonea regia)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Palem Raja ini sering difungsikan sebagai tanaman hias di luar (halaman) rumah, serta sebagi penghias jalan.

Palem raja (Roystonea regia) merupakan tumbuhan pohon atau panjatan. Palem raja adalah tumbuhan yang tak bercabang dan tumb.uh tegak ke atas. Palem raja dikenal sebagai Royal palm karena bentuknya yang menawan dengan batang yang kokoh dan tinggi menjulang, daun yang hijau dan segar. Pelepah yang rontok akan meninggalkan bekas lingkaran atau garis berwarna abu-abu putih pada batang atau pohon. Tinggi dari Palem Raja ini bisa mencapai 25- 30 m. Wah tinggi juga ya?.

Palem Raja (Roystonea regia)
 FOTO : Palem Raja (Roystonea regia) terlihat menjulang tinggi di samping tugu Buldozer PT. Komatsu Indonesia.

Baca juga : Palem Putri (Veitcheia memilli)

Dalam pertumbuhannya palem raja ini memerlukan penyinaran matahari penuh alias 100%. Biji dari Palem Raja ini lebih besar ukurannya dari Palem Putri Namuuun, saat penyemaian atau perkecambahan dan pembibitan sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung... Itu sesuai pengalaman saya loh.. Hehehe.  Suhu udara yang diperlukan adalah 25-33 0C, dan masih tumbuh baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut. Media tanam tumbuhan ini, tanahnya harus mengandung pasir, dan akarnya tidak menyukai genangan air.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar