--> Skip to main content

Palem Putri (Veitcheia memilli)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com - Palem Putri (Veitcheia memilli). Palem ini nama ilmiahnya adalah Veitcheia memilli. Palem Putri tumbuh tinggi dengan daun kurang teratur dan merunduk mungkin karena inilah tumbuhan ini dinamakan Palem Putri. palem ini banyak juga terdapat di perkarangan rumah-rumah warga termasuk pekarangan atau taman admin.... Hehe.

Palem Putri (veitchia merillii) sudah dikenal umum di kalangan masyarakat luas bahkan seluruh dunia, termasuk saya juga tentunya ... hehehe. Palem Putri sering digunakan sebagai hiasan di pekarangan rumah ataupun difungsikan sebagai tanaman penyearah jalan, peneduh sekaligus untuk memperindah penampilan taman kota.

FOTO  : Pohon Palem Putri (Veitcheia memilli) di taman mungil admin
FOTO  : Pohon Palem Putri (Veitcheia memilli) di taman mungil admin

Palem Putri adalah tanaman hias yang bersifat kosmopolitan, keberadaannya ditermukan di daerah tropis dan subtropis, di dataran rendah dan tinggi, di pegunungan dan pantai, di tanah subur dan gersang. Bentuk Palem Putri sekilas seperti Palem Raja (Roystonea regia), daunnya lebih lebar dan warna lebih hijau.

Menurut yang saya baca, katanya Palem putri ini asalnya diperkirakan berasal dari Madagaskar. Bentuk khasnya ialah daunnya nan lebar dan berwarna hijau segar. Palem ini banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan banyak dimanfaatkan untuk tanaman pembatas pekarangan, pembatas taman. Baik sebagai tanaman hias ataupun tanaman peneduh nan diletakkan dalam pot atau langsung ditanam dalam tanah.

Kalau di taman mungil saya ditanam di tanah langsung dan sering sekali berbunga terus berbuah, sampai – sampai saya memperbanyak tanaman Palem Putri ini dari semaian biji. 

 FOTO  : Bibit atau semaian Palem Putri (Veitcheia memilli) admin dari biji.
 FOTO  : Bibit atau semaian Palem Putri (Veitcheia memilli) admin dari biji.

Selama pertumbuhannya, Palem Putri memerlukan penyinaran matahari penuh. Pada waktu perkecambahan dan pembibitan sebaiknya jangan terkena sinar matahari yang langsung. Suhu udara yang diperlukan adalah 25-33 derajat C, dan masih tumbuh baik di luar kisaran suhu udara tropis tersebut. Nah, bagi sobat yang ingin tau tentang memperbanyak tanaman palem putri silahkan baca di artikel saya tentang Cara pembibitan palem dari biji biar cepat tumbuh tunas dan akar

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments