Skip to main content

Memanfaatkan pematang sawah dengan menanam mentimun

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –   Belajar bertani. Untuk memanfaatkan lahan yang tersisa, sebaiknya lahan kita manfaatkan seefisien mungkin. Daripada gak ditanamin khan gak menghasilkan... Sebelumnya saya pernah menulis cara tumpang sari tanaman mentimun dengan padi pada judul postingan Menanam atau tumpang sari padi dengan mentimun / ketimun

Lahan sawah yang ditanamin padi alangkah baiknya pematangnya pun kita tanamin mentimun. Selain waktunya pendek (satu bulan sudah panen) budidaya mentimun ternyata juga sangat menguntungkan lo.

 Memanfaatkan pematang sawah dengan menanam mentimun  (Cucumis Sativus L). 

Mentimun (Cucumis Sativus L) merupakan sayuran buah yang memiliki kandungan mineral dan vitamin cukup tinggi. Disamping untuk memenuhi kebutuhan pasar sebagai konsumsi untuk sayur, mentimun dapat dijadikan berbagai keperluan seperti obat penurun panas, mengurangi sakit tenggorokan dan batuk, serta sebagai bahan baku kosmetik (pembersih wajah dan lulur). Atau di makan mentah buat lalapan, di buat asinan... Iiih segeeer... Hehehe

Memanfaatkan pematang dengan mentimun (Cucumis Sativus L)
Memanfaatkan pematang dengan mentimun (Cucumis Sativus L)

Nah, kalau menanam mentimun di pematang sawah itu tidak memerlukan pengolahan, jadi langsung tanam aja. Penanaman dilakukan dengan cara tugal dengan jumlah benih 2-3 biji per lubang.

Pupuk buatan (an organik) yang diperlukan untuk menanam mentimun terdiri dari NPK (Phonska) Urea/ZA, SP-36, KCI dan pupuk daun.....

Caranya ...
Cara pertama : Pupuk dilarutkan dalam air lalu disiramkan disekitar tanaman dengan interval 7 hari sekali selama 7 kali.

Cara kedua : Pupuk diberikan pada tugalan/larik disekitar 5-10 cm jarak dari tanaman sebanyak 3 tahap pemberian.

Buah mentimun masih ada bunganya.
 Buah mentimun masih ada bunganya.

Perawatan lainnya yaitu pemberian/pengaturan air yang sekaligus mengairi padi di petakan sawah, akan tetapi jangan sampai merendam guludan / pematang sawah yang ditanami mentimun.

Penyiangan dilakukan secara intensif agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu. Pemasangan ajir dilakukan setelah sulur/belalai tanaman mulai keluar. 
buah mentimunnya buat lalapan
Tuh... Lumayan khan buah mentimunnya buat lalapan... Ini merupakan buah pertama... pemanenan mentimun dapat dilakukan 2 hari sekali. Andaikan sawah saya luas akan saya tanami semua tuh pematangnya... Lha, inimah sawahnya seuprit ... Hehhehe

Baca juga :  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar