Memilih jam, hari, bulan yang tepat untuk menebang bambu

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Menebang bambu ada syarat-syarat yang harus di penuhi, syarat ini berkaitan dengan jam, hari, bulan serta kondisi bambu.

Nah,  jam, hari, bulan serta kondisi bambu yang dipilih harus tepat. Ini bertujuan agar bambu tersebut kuat dan tahan lama dan tidak mudah diserang hama.

Oke, sesuai yang saya ketahui tentang jam, hari, bulan serta kondisi bambu yang tepat untuk penebangan bambu akan saya tulis disini, silahkan di baca ya :

Memilih jam, hari, bulan yang tepat untuk menebang bambu
Memilih jam, hari, bulan yang tepat untuk menebang bambu

Jam yang tepat untuk penebangan bambu
Jam penebangan bambu perlu diperhatikan karena jika salah jam tebangnya maka akibatnya bambu tersebut akan mudah diserang hama.

Nah, waktu yang tepat sebaiknya menebang bambu diatas jam 12 siang, ini dikarenakan pada jam-jam itu kadar air pada batang bambu sudah berkurang. Untuk mengetahui ciri-cirinya dapat kita lihat pada daun bambu sudah mulai layu,  jika pada pagi hari kandungan air didalam batang bambu masih terlalu banyak sehingga kadar gulapun masih banyak, karena yang disenangi hama bambu adalah kadar gula yang ada dalam batang bambu..... Paham?.... Hehhehe.

Hari yang tepat untuk menebang bambu
Hari yang tepat untuk menebang bambu adalah hari Senin, Rabu, Kamis, Jumat dan Minggu. Nah, di luar hari itu (Selasa dan Sabtu ) jangan coba – coba menebang bambu. (hal ini tidak ada kaitannya dengan duania mistis, magis).

Alasannya dari hari Selasa dan Sabtu tidak baik untuk menebang bambu, Ini bukan karena hari itu adalah hari kurang baik atau hari sial, akan tetapi ... Pada hari Selasa dan Sabtu bambu pada posisi sedang tumbuh, para pakar berpendapat bahwa pada hari itu bambu kembali muda karena sedang terjadi pertumbuhan sehingga kondisinya lemah maka akan mudah diserang hama.... Paham?.... Hehhee.

Kakek saya sedang menebang bambu.
 Kakek saya sedang menebang bambu.

Bulan yang baik untuk menebang bambu
Nah, Bulan yang dimaksud adalah bulan dilangit, pada saat bulan besar (tanggal 13,14 dan 15) dua hari sebelum purnama dan saat bulan purnama, pada tanggal tersebut tidak baik untuk menebang bambu.

Alasannya kenapa mang?..... Oke akan saya tulis disini....

Tanggal 13, 14 dan 15 bulan dilangait, karena air laut naik hingga batas maksimal sehingga air tanahpun naik, karena bambu adalah akar serabut maka sangat mudah untuk menyerap air dengan demikian kadar gula di dalam batang bambupun meningkat. Dengan kandungan/kadar gula  yang tinggi bambu menjadi mudah diserang hama..... Paham?.... Hehehe.

Nah selain Jam, Hari dan bulan... Sebaiknya menebang bambu jangan dilakukan apabila bambu tersebut sedang keluar rebung dan bambu sudah keluar bunga.... Alasannya man?.... Oke, akan saya tulis juga....

Bambu tumbuh anakan / rebung
 Bambu tumbuh anakan / rebung

Bambu yang sedang keluar anakan (rebung) tidak baik untuk ditebang,  pada saat bambu sedang keluar rebung bambu rapuh karena seluruh tenaganya diserap anak (rebung) sehingga tidak baik untuk ditebang, tunggu hingga anakan (rebung) sudah siap pisah atau sekurang-kurangnya setinggi 3 meter atau jika dipindahkan sudah bisa tumbuh mandiri.... Paham?... Hehhehe
Bambu sudah keluar bunga

Bambu keluar bunga adalah bambu yang sedang setress dan akan mati, sehingga tidak baik untuk diambil sebagai bahan bangunan, pada kondisi seperti ini bambu mudah diserang hama (bubuk bambu).

Baca juga :  
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar