logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bambu Betung / Awi Bitung (Dendrocalamus asper)

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.com –  Bambu Betung / Awi Bitung (Dendrocalamus asper) merupakan tanaman bambu yang memiliki dinding tebal dan kokoh serta berdiameter dapat mencapai lebih dari 15 cm. Bambu betung dapat tumbuh hingga mencapai tinggi lebih 20 meter dan terdiri dari dua jenis, yaitu betung hijau dan betung hitam. Bambu betung ini dapat dijumpai di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi (2000 meter) dan tumbuh subur pada lahan yang basah

Di Indonesia sendiri bambu betung dikenal mempunyai nama-nama yang berbeda. Kalau di tempat saya di Sunda dikenal dengan nama Awi Bitung, Nah, kalau ditempat sobat namanya bambu apa ya?. Baca Bambu Tali (Gigantochloa apus )


Nah, bambu betung bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan, terutama untuk tiang atau penyangga bangunan. Selain itu, juga digunakan untuk keperluan reng atau usuk dibuat dengan cara membelah - belahnya. 

Kalau tunas betung atau biasa disebut rebung dapat dikonsumsi dibuat pecel, tumis atau sayur... Baca Cara mengambil, mengawetkan dan mengolah Iwung bahasa sunda untuk Tunas Bambu atau Rebung.

Baca juga :  

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger